7 Gejala Awal Kanker Mulut Rahim Yang Harus Diwaspadai

Leher rahim atau mulut rahim adalah area tubuh wanita antara vagina dan rahimnya. Ketika sel-sel di leher rahim menjadi abnormal dan berkembang biak dengan cepat, kanker serviks dapat berkembang. Kanker serviks dapat mengancam jiwa jika tidak terdeteksi atau tidak diobati seperti apakah kanker serviks penyakit keturunan. Jenis virus tertentu yang disebut human papilloma virus (HPV) menyebabkan hampir semua kasus kanker serviks. Dokter Anda dapat menyaring virus ini dan sel-sel prakanker, dan mereka dapat menyarankan perawatan yang dapat mencegah kanker terjadi.

Sponsors Link

Gejala Awal Kanker Mulut Rahim

Kanker mulut rahim biasanya tidak menyebabkan gejala sampai tahap lanjut. Juga, wanita mungkin berpikir gejala berhubungan dengan sesuatu yang lain, seperti siklus menstruasi mereka, infeksi ragi , atau infeksi saluran kemih seperti dampak kanker serviks pada ibu hamil. berikut beberapa gejala awal kanker mulut rahim yang harus diketahui:

1. Perdarahan pervaginam yang abnormal

Salah satu gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan vagina, apakah itu di antara menstruasi Anda, setelah berhubungan seks atau setelah menopause. Perdarahan vagina abnormal umumnya merupakan gejala kanker serviks stadium lanjut, karena itu berarti bahwa tumor di leher rahim menyebar untuk mempengaruhi jaringan di sekitarnya.

2. Periode menstruasi yang sangat lama

Ini bukan tentang periode Anda yang berlangsung satu hari lebih lama atau tiba-tiba tampak sedikit lebih gelap. Sebaliknya, itu adalah periode Anda semua yang tiba-tiba berlangsung dua minggu, bukan empat hari, atau memiliki dua periode dalam satu bulan. Tapi untuk bermain aman, itu Anda memiliki setiap perubahan dalam siklus Anda yang berlangsung selama setidaknya dua siklus, Itu layak berbicara ke dokter kandungan Anda.

3. Keputihan yang tidak biasa

Discharge benar-benar normal, tetapi jenis dari debit Anda mengalami bisa menjadi indikator dari sejumlah masalah kesehatan vagina yang berbeda. Dengan kanker serviks, Anda mungkin melihat cairan yang berbau busuk dan merah muda, coklat atau berdarah, berpotensi dengan potongan jaringan, atau apa yang kita sebut bahan nekrotik. Dan karena massa dan tumor mengeluarkan cairan, yang dapat berkontribusi pada pelepasan air yang terus menerus, yang tampaknya terjadi tanpa alasan.

4. Nyeri panggul, punggung atau kaki

Nyeri panggul bisa menjadi indikator perubahan pada leher rahim, tetapi kanker serviks lanjut bahkan dapat menyebar ke kandung kemih, usus, atau paru-paru dan hati. Maka Anda mungkin memiliki hal-hal seperti sakit punggung atau nyeri kaki. Tapi itu biasanya terkait dengan kasus yang sangat canggih karena serviks tidak terlalu memengaruhi saraf seperti akibat penyakit kanker serviks. Bicaralah dengan dokter perawatan primer Anda untuk menyingkirkan kanker serviks serta penyebab saraf potensial lainnya.

5. Kelelahan 

Karena sebagian besar gejala kanker serviks tidak muncul sampai ia memasuki tahap yang lebih lanjut, ia berbagi beberapa gejala dengan semua kanker. Kelelahan jelas merupakan salah satu gejala. Salah satu alasan mengapa: Perdarahan vagina abnormal, salah satu gejala utama kanker serviks, sebenarnya dapat menurunkan jumlah sel darah merah dan oksigen dalam tubuh, menyebabkan Anda merasa benar-benar kelelahan sepanjang waktu, biasanya tanpa penjelasan lain. Jika Anda berurusan dengan kelelahan kronis, dokter Anda mungkin akan memeriksa kadar besi dan sel darah merah Anda.

6. Merasa seperti Anda akan muntah sepanjang waktu

Perasaan mual atau gangguan pencernaan yang terus menerus dapat menjadi tanda kanker, dan itu termasuk kanker serviks, kata Dr Shirazian. Itu karena, ketika maju, kanker serviks dapat menyebabkan serviks membengkak ke dalam rongga perut, menekan saluran pencernaan dan lambung menyebabkan atau bahkan refluks asam, katanya. Karena mual dapat menjadi tanda kanker serviks serta masalah lainnya, bicarakan dengan dokter perawatan primer Anda sebelum memilih untuk input gynae.

7. Kehilangan berat badan

Faktor yang sama yang dapat menyebabkan mual terkait kanker serviks dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan. Pikirkan: perut terkompresi yang tidak bisa menampung banyak makanan. Plus, jika Anda terus merasa mual, Anda mungkin bahkan tidak ingin mencoba untuk makan. Jika Anda kehilangan hingga 5 atau 10% dari berat badan Anda selama enam bulan tanpa berusaha, lanjutkan dan hubungi dokter perawatan primer Anda.

Sponsors Link

Bagaimana Anda mendapatkan kanker serviks?

HPV menyebabkan sebagian besar kanker serviks. Strain tertentu dari virus menyebabkan sel-sel serviks normal menjadi abnormal. Selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun, panggilan ini bisa menjadi kanker. Perempuan yang terpapar obat yang disebut diethylstilbestrol (DES) sementara ibu mereka hamil juga berisiko terkena kanker serviks.

Obat ini adalah sejenis estrogen yang menurut dokter bisa mencegah keguguran seperti apakah kanker serviks bisa hamil. Namun, DES telah dikaitkan dengan menyebabkan sel-sel abnormal di leher rahim dan vagina. Obat-obatan tersebut telah dipasarkan di Amerika Serikat sejak tahun 1970-an. Anda dapat berbicara dengan ibu Anda untuk menentukan apakah dia mungkin telah minum obat. Tes untuk menentukan apakah Anda terkena DES tidak tersedia.

Infeksi HPV adalah infeksi menular seksual yang paling umum di Amerika Serikat. Kebanyakan wanita dengan HPV tidak akan terkena kanker serviks. Virus ini sering hilang dengan sendirinya dalam dua tahun atau kurang tanpa perawatan. Namun, beberapa orang mungkin terus terinfeksi lama setelah terpapar.

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Serviks

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.