10 Efek Kanker Serviks Stadium 4 Paling Membahayakan

Stadium 4 adalah stadium yang mengkhawatirkan bagi penyakit kanker, termasuk juga kanker serviks. Pada fase ini, penderita kanker serviks masuk dalam stadium lanjut dan memiliki harapan hidup kurang dari 16% saja. Akan tetapi, tidak ada salahnya mengharapkan persentase tersebut dengan tetap berusaha menyembuhkan kanker secara total. Selain pengobatan secara medis yang sudah dilakukan, berbagai penanganan secara alternatif, herbal, dan sejenisnya boleh diterapkan dengan disertai dukungan mental dari orang sekitar. Dengan cara tersebut diharapkan penderita kanker serviks akan semakin terpacu untuk tetap berusaha sembuh dari penyakit yang menggerogotinya itu. (baca juga: Pengobatan Kanker Tiroid, Perbedaan Kanker Tiroid dan Hipertiroid)

Sponsors Link

Hal yang menjadi penyebab utama berkurangnya harapan hidup pasien kanker serviks adalah kurangnya perhatian dan tanggap pada saat sel kanker berada di stadium awal. Mengapa demikian? Banyak diantara penderita kanker serviks di Indonesia yang tidak menyadari gejala kanker serviks yang sedang menyebar dalam leher rahimnya, sehingga mereka terlambat ditangani. Berbeda dengan negara maju lainnya yang tanggap serta kemampuan penanganan yang cepat terhadap penderita kanker serviks, sehingga faktor kematian bisa dicegah. Oleh sebab itu, sudah saatnya wanita di Indonesia menyadari pentingnya pengetahuan tentang gejala kanker serviks sejak dini sebelum kanker terlambat diketahui.

Artikel Terkait: Pengobatan Alternatif Kanker Usus, Tanda Kanker Tenggorokan

Seperti pada umumnya, bahwa penyakit kanker terdiri dari 4 fase atau stadium yang bisa memperlihatkan kondisi sel kanker dalam tubuh. Kanker serviks yang berada pada stadium 4 atau stadium lanjut ini ditandai dengan penyebaran sel kanker yang sudah meluas hampir ke seluruh tubuh. Penyebaran sel kanker tersebut mengakibatkan rusaknya beberapa organ tubuh serta menurunnya kinerja organ tubuh tersebut dalam proses metabolisme. Bahkan kondisi yang tidak mendapatkan penanganan secara cepat akan menimbulkan beberapa efek merugikan bagi penderitanya, antara lain adalah sebagai berikut:

Baca Juga:

1. Gagal ginjal

Pertumbuhan sel kanker pada penderita kanker serviks stadium 4 dapat berakibat buruk bagi kesehatan ginjal. Saat fase stadium 4, kemungkinan sel kanker yang menyebar dan menekan bagian saluran ureter akan mengakibatkan ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya. Selain penderita menjadi mudah lelah dan nyeri pada perut bagian bawah, akibat yang lebih fatal adalah gagal ginjal yang akan menyebabkan penderita membutuhkan hemodialisa dalam waktu yang tidak bisa ditentukan.

2. Berat Badan Turun

Berat badan yang menurun drastis sudah menjadi efek yang pasti dialami oleh semua penderita kanker, termasuk juga kanker serviks. Apalagi saat berada di stadium 4, penderita sudah banyak menjalani pengobatan kanker yang pasti menyebabkan dirinya enggan mengonsumsi makanan dan berakibat kurangnya nutrisi diserap tubuh. (baca juga: Gejala Kanker Hati Stadium Awal, Biopsi Kanker Usus Besar)

3. Pendarahan

Kanker serviks stadium 4 seringkali ditandai dengan munculnya pendarahan luar biasa pada penderitanya diluar siklus menstruasi. Terjadinya pendarahan tersebut bisa disebabkan karena sel kanker yang sudah menyerang bagian vagina dalam, serta kandung kemih dan usus. Kondisi tersebut akan berakibat pada pendarahan baik pada vagina atau dubur.

Sponsors Link

4. Radang Persendian

Radang persendian diakibatkan karena kurangnya asupan nutrisi serta tidak mampunya sumsum tulang untuk mengontrol produksi sel darah. Penumpukan sel darah dan kemungkinan penyebaran sel kanker di area sumsum tulang akan berakibat pada rasa nyeri sekitar persendian seperti bahu, lengan, dan punggung. Kondisi ini bisa berakibat buruk bagi penderita karena merasa kesulitan menggerakan bagian-bagian tubuhnya.

Artikel Terkait: Radioterapi Kanker Payudara, Kemoterapi Kanker Darah

5. Anemia

Kekurangan darah menjadi akibat lain dari adanya pendarahan yang dialami penderita kanker serviks stadium 4. Banyaknya darah yang dikeluarkan mengakibatkan kondisi tubuh lemah pada pasien berakibat fatal jika dibarengi dengan proses pengobatan yang belum usai. Penanganan pada kondisi ini biasanya dilakukan dengan tranfusi darah beberapa kantong untuk menjaga kestabilan kondisi pasien kanker.

ads

6. Gangguan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan penderita kanker serviks jelas mengalami penurunan yang drastis. Akibat yang bisa muncul karena sel kanker yang menyerang sebagian organ yang letaknya berdekatan dengan lambung akan menimbulkan disfungsi. Gangguan ini bisa berupa diare, sembelit, atau infeksi usus yang terjadi akibat sel kanker yang menyerang area ini.

Baca Juga:

7. Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah bisa dialami penderita kanker serviks stadium 4 saat pertumbuhan sel kanker dalam tubuhnya mulai menekan pembuluh darah. Letak pembuluh darah yang berada disekitar panggul ini juga menyebabkan tersumbatnya aliran darah. Akibat lain dari kondisi penggumpalan darah tersebut adalah munculnya bengkak pada bagian tubuh tertentu seperti kaki, dan pada atau bisa juga memunculkan ruam pada kulit sekitar pembuluh darah yang tersumbat tersebut.

8. Infeksi Organ Lain

Kanker serviks stadium 4 sudah dipastikan kondisinya telah mengkhawatirkan. Pada fase ini terdiri dari dua tahapan yaitu tahap 4 A yang mengidentifikasi kanker menyerang bagian kandung kemih sampai rectum. Kondisi tersebut mengakibatkan infeksi pada saluran kencing. Pada tahap 4B, diartikan bahwa sel kanker sudah menyebar ke area paru-paru dan bisa juga menyebabkan infeksi pada organ pernapasan tersebut. (baca juga: Cara Mengobati Kanker Rahim, Tanda Awal Kanker Usus Besar )

9. Gangguan Panca Indera

Gangguan panca indera yang banyak ditemui pada pasien kanker serviks stadium 4 adalah terganggunya sistem penglihatan serta pendengaran. Banyak pasien yang mengeluhkan pandangan mata yang buram dan gelap tiba-tiba, kondisi ini bisa dikarenakan faktor anemia yang menjadi salah satu sebab kanker serviks. Kondisi yang lain adalah terganggunya pendengaran pasien karena seringnya mengonsumsi obat-obatan ketika proses kemoterapi yang dijalankannya.

Artikel Lainnya: Gejala Kanker Tulang, Tanda Awal Kanker Gusi

10. Kematian

Kematian adalah efek yang paling tidak diinginkan ketika kanker serviks stadium 4 ini dialami penderita. Terjadinya kematian pada penderita serviks stadium akhir dikarenakan sudah tidak berfungsinya semua organ tubuh karena infeksi sel kanker yang tidak mampu lagi dibendung kondisi tubuh pasien.

Secara umum banyak diantara penderita kanker yang tidak mengetahui perkembangan sel kanker dalam tubuhnya sampai sel kanker berada pada stadium lanjut. Oleh sebab itu, diharapkan wanita yang lebih tanggap pada gejala kanker mematikan ini, serta rutin melakukan pencegahan secara medis maupun non medis. (baca juga: Gejala Leukemia Stadium 2, Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1

Beberapa tindalakan pencegahan yang bisa dilakukan antara lain:

  • Rajin berolah raga
  • Mengurangi asupan bahan makanan berpengawet, hindari rokok dan alkohol
  • Rutin konsumsi makanan bergizi dan pola hidup sehat
  • Melakukan hubungan seksual secara sehat (memakai kondom, setia satu pasangan, dll)
  • Melakukan vaksin anti kanker serviks yang sudah tersedia di rumah sakit

Artikel Terkait: Bahaya Kanker Kulit Melanoma, Tanda Kanker Pita Suara

Demikian artikel informatif tentang efek kanker serviks stadium 4 yang perlu diketahui bersama. Semoga bermanfaat untuk anda!

, ,
Post Date: Monday 15th, May 2017 / 03:42 Oleh :
Kategori : Kanker Serviks