10 Ciri ciri Kanker Serviks Stadium Awal dan Pencegahannya

Kanker serviks atau biasa disebut dengan kanker leher rahim merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyerang  kaum wanita, khususnya di Indonesia. Penyakit kanker ini bahkan menjadi penyakit yang berbahaya dan mematikan bagi wanita yang berada diurutan kedua di dunia. Diperkirakan sekitar 30% wanita Indonesia yang mengidap penyakit kanker adalah penderita kanker serviks. Jumlah tersebut akan terus bertambah karena penyakit ini bersifat ganas dan sulit dideteksi pada tingkatan pertama atau tingkatan awal. (Baca juga: Makanan Pemicu Kanker Serviks )

Sponsors Link

Kanker serviks merupakan penyakit kanker yang menyerang leher rahim pada organ reproduksi wanita. Secara medis, diketahui penyebab utama dari penyakit ini adalah adanya suatu virus yang disebut Human Papilloma Virus atau HPV yang menyerang jaringan leher rahim. Penyakit kanker serviks menjadi penyakit yang berbahaya dan mematikan bagi wanita. Hal ini disebabkan karena terlambatnya penanganan yang dilakukan terhadap penyakit ini. Kesulitan mengenali gejala awal dari penyakit ini menjadi faktor keterlambatan penanganan tersebut. Kebanyakan orang baru menyadari adanya penyakit kanker serviks ketika berada di stadium lanjut. (Baca juga: Pengobatan Kanker Serviks )

Meskipun penyakit kanker serviks sulit dikenali sejak dini, akan tetapi kita perlu mengetahui ciri ciri adanya kanker serviks secara umum, khususnya pada stadium awal. Berikut ini adalah pemaparan mengenai ciri ciri kanker serviks stadium awal. (Baca juga: Manfaat Ace Maxs Untuk Kanker Serviks )

  1. Rasa sakit pada mulut rahim

Pada stadium awal, ciri – ciri yang dapat diketahui adalah timbulnya rasa sakit pada mulut rahim. Rasa sakit yang dialami pada tahap ini tidak begitu sering dirasakan dan masih dapat tertahan. Tetapi jika dibiarkan begitu saja, maka rasa sakit tersebut akan sering terjadi dan semakin sakit terutama ketika mulai memasuki stadium lanjut. Apabila Anda mulai merasakan sakit pada mulut rahim, maka hal yang harus dilakukan adalah melakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui keberadaan penyakit kanker serviks. (Baca juga: Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker Serviks )

  1. Terjadi pendarahan yang tidak normal

Wanita yang mengidap penyakit kanker serviks stadium awal ditandai dengan adanya pendarahan yang tidak normal pada organ genital. Pendarahan yang terjadi akan berbeda dengan kondisi pada saat menstruasi. Pendarahan yang tidak normal akan terjadi pada rentan waktu satu bulan dan pendarahan tersebut bisa timbul dalam jumlah sedikit bahkan dapat timbul dalam jumlah lebih banyak jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan lebih lanjut. Pendarahan ini timbul karena leher rahim mengalami iritasi.

  1. Mengalami keputihan yang tidak biasa

Selain timbul pendarahan, wanita yang di diagnosa mengidap penyakit kanker serviks akan mengalami keputuhan yang abnormal atau tidak biasa. Keputihan tersebut akan beraroma tidak sedap atau bau, berwarna, dan sangat berlendir. Kondisi ini dapat dipastikan bahwa orang tersebut mengidap penyakit kanker serviks. Untuk memastikan hal tersebut, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. (Baca juga: Pengaruh Rokok Terhadap Kanker Serviks)

Sponsors Link

  1. Mengalami nyeri panggul

Nyeri pada panggul menjadi salah satu ciri adanya penyakit kanker serviks pada stadium awal. Nyeri yang dirasakan sangatlah luar biasa dan terjadi di luar jadwal menstruasi. Kondisi ini akan dirasakan hingga berjam – jam. Selain itu, tingkatan rasa sakit dapat dialami mulai dari rasa sakit yang ringan, tajam, atau sangat parah. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pemeriksaan secara medis untuk mengetahui adanya penyakit kanker serviks.

  1. Merasakan sakit pada saat berhubungan intim

Ciri lain yang timbul akibat adanya penyakit kanker serviks pada wanita adalah rasa sakit pada saat melakukan hubungan intim dengan pasangan. Rasa sakit yang dialami tidak seperti biasanya dan cenderung disertai rasa perih. Selain itu, ada pula wanita yang mengalami pendarahan pada saat melakukan hubungan intim. Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, pendarahan tersebut terjadi karena leher rahim mengalami iritasi. Segera lakukan pemeriksaan oleh dokter untuk melakukan penanganan lebih lanjut untuk mencegah penyakit kanker serviks menjadi semakin parah. (Baca juga: Pil KB Menyebabkan Kanker Serviks )

  1. Frekuensi BAK mengalami peningkatan

Ciri lainnya yang timbul akibat adanya penyakit kanker serviks pada stadium awal adalah peningkatan frekuensi pada saat buang air kecil (BAK). Hal ini terjadi terutama ketika wanita sedang tidak dalam kondisi hamil. Karena kondisi ini akan terlihat wajar jika dialami oleh wanita hamil. Jadi, apabila Anda tidak dalam keadaan hamil tetapi mengalami peningkatan frekuensi pada saat buang air kecil, maka dapat dipastikan Anda mengidap penyakit kanker serviks stadium awal. Selain itu, pada saat buang air kecil terkadang akan terasa sakit. Ciri ini hampir sama dengan ciri – ciri penyakit kanker lainnya, oleh sebab itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut secara medis untuk memastikan ciri atau gejala tersebut.

  1. Mengalami kesulitan ketika buang air kecil

Selain mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil, orang yang mengidap penyakit kanker serviks juga akan mengalami kesulitan ketika buang air kecil. Kondisi ini disebabkan karena pada saat buang air kecil akan terasa sakit. Meskipun ciri ini tidak selalu mengindikasikan gejala dari penyakit kanker serviks, tetapi tidak ada salahnya jika kita mewaspadai ciri – ciri tersebut. (Baca juga: Gejala Kanker Serviks Stadium 2 )

  1. Mengalami gangguan pencernaan

Adanya penyakit kanker serviks juga berdampak pada saluran pencernaan. Saluran pencernaan akan terganggu atau mengalami sembelit pada saat buang air besar. Untuk memastikan ciri tersebut sebagai adanya penyakit kanker serviks pada stadium awal, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut secara medis. Hal ini dilakukan agar ciri – ciri penyakit kanker serviks dapat diketahui secara lebih akurat.

  1. Kehilangan nafsu makan

Ciri – ciri ini sangat umum dialami oleh orang yang mengidap penyakit kanker lainnya. Orang yang terkena penyakit kanker serviks juga akan mengalami penurunan atau bahkan kehilangan nafsu makan. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh semakin sulit menerima asupan makanan akibat penyebaran sel – sel kanker yang timbul dari penyakit kanker serviks. (Baca juga: Penyebab Keputihan Pada Kanker Serviks )

  1. Mengalami kelelahan

Ciri lainnya yang akan dialami oleh orang yang mengidap penyakit kanker khususnya penyakit kanker serviks, yaitu sering mengalami kelelahan. Rasa lelah tersebut akan muncul meskipun tidak sedang melakukan aktivitas apapun. Meskipun demikian, kondisi ini tidak selalu mengindikasikan adanya penyakit kanker serviks. Karena kelelahan dapat terjadi akibat adanya penyakit lain yang dialami oleh penderita. Tetapi ada baiknya jika mewaspadai hal tersebut sebagai ciri – ciri dari adanya penyakit kanker serviks pada stadium awal.

Sponsors Link

Tindakan Pencegahan

Apabila kita telah mengetahui ciri ciri kanker serviks stadium awal tersebut di atas, maka kita dapat melakukan tindakan berupa pencegahan atau pengobatan. Hal ini dilakukan agar kanker tidak semakin menyebar ke organ tubuh lainnya atau bahkan dapat disembuhkan. Tindakan pencegahan akan mudah dilakukan ketika kanker serviks masih berada di stadium awal. Berikut ini adalah tindakan pencegahan yang dapat dilakukan bagi penderita penyakit kanker serviks stadium awal. (Baca juga: Efek Vaksin Kanker Serviks )

  • Membiasakan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang cukup, serta menghindari makanan yang mengandung zat – zat kimia.
  • Senantiasa menjaga kebersihan tubuh dan selalu melakukan sanitasi atau pembersihan di lingkungan sekitar, karena dengan menjaga lingkungan agar tetap bersih akan menghindarkan kita dari virus atau kuman yang berbahaya bagi tubuh.
  • Jangan melakukan pembersihan organ kewanitaan dengan air yang berada dalam kondisi tidak bersih atau kotor, karena kuman yang ada dalam air tersebut akan merusak organ kewanitaan. (Baca juga: Kanker Serviks Pada Wanita )
  • Kurangi atau hilangkan kebiasaan merokok, karena kita ketahui bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya, salah satunya adalah penyakit kanker serviks.
  • Hindari melakukan hubungan intim di usia dini dan tidak melakukan seks bebas, karena penyakit ini dapat ditimbulkan dari perilaku seks bebas yang terjadi ketika berganti – ganti pasangan.
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung beta – karoten seperti sayuran, serta mengkonsumsi vitamin C dan E, hal ini akan meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari virus penyebab penyakit kanker serviks.

Itulah pemaparan mengenai ciri – ciri kanker serviks stadium awal dan cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk meminimalisir penyakit tersebut sehingga tidak semakin parah. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Pembalut Menyebabkan Kanker Serviks )

, , ,
Post Date: Tuesday 08th, November 2016 / 06:13 Oleh :
Kategori : Kanker Serviks