5 Ciri-ciri Kanker Serviks pada Pria yang Wajib Diketahui

Penyakit kanker memang sangat ditakuti, tidak hanya pada kaum wanita namun juga kaum pria. Beberapa jenis kanker memang bersifat umum, namun beberapa lainnya lebih khusus hanya terjadi pada kaum wanita saja seperti kanker payudara dan kanker rahim, atau hanya terjadi pada kaum pria seperti kanker prostat dan kanker testis. Namun pernahkah Anda mendengar bahwa pria pun juga memiliki resiko yang sama akan bahaya kanker serviks? Ya, kanker yang umumnya dianggap hanya menyerang wanita saja ternyata juga bisa menyerang pria. Kanker serviks yang terjadi pada pria memang tidaklah dapat terjadi secara langsung karena pria tidak memiliki rahim. Namun pria pun beresiko mengalaminya karena virus HPV yang dianggap sebagai pemicu utama munculnya kanker tersebut sangat mudah menular baik pada wanita maupun pria.

Sponsors Link

Kanker serviks merupakan jenis kanker paling mematikan di dunia yang sangat sering menyerang wanita. Meski banyak faktor pemicunya, infeksi virus HPV menjadi penyebab utama munculnya penyakit kanker serviks. Virus tersebut sangat mudah menular lewat hubungan seksual, dan jika sudah menempel pada organ kelamin wanita virus tersebut akan masuk dan mulai menimbulkan kerusakan sel pada permukaan mulut rahim. Kerusakan tersebut lama-kelamaan menjadi sel kanker karena materi genetiknya telah mengalami mutasi. Kanker serviks juga dapat menular dari wanita yang terkena kanker serviks akibat virus HPV, jika ia melakukan hubungan seksual pada pria maka virus akan berpindah tempat sehingga akan ikut menginfeksi organ kelamin laki-laki.

Benarkah Kanker Serviks dapat Terjadi pada Pria?

Mungkin banyak yang tidak tahu atau mungkin sedikit yang percaya jika mendengar bahwa kanker serviks juga dapat terjadi pada laki-laki. Pasalnya laki-laki tidak memiliki rahim, jadi bagaimana mungkin bisa terkena kanker serviks? Sebenarnya, pria bukan secara langsung mengalami kanker serviks, namun bisa dikatakan sebagai perantara atau pemicu munculnya kanker serviks pada wanita. Kita tahu HPV menjadi agen utama munculnya kanker serviks pada wanita, dan salah satu cara penyebarannya adalah lewat hubungan seksual. Para pria yang terinfeksi memang terkadang tidak mengalami gejala apapun, sehingga pasangan tidak curiga sama sekali.

Umumnya HPV pada pria tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, biasanya hanya berupa kutil kelamin yang muncul pada penisnya. Meski begitu beberapa pria beresiko terkena kanker anal atau kanker testis jika terinfeksi HPV, terutama bagi mereka yang merupakan penyuka sesama jenis. Pria yang membawa virus HPV dapat menularkannya pada setiap wanita yang berhubungan seksual dengan pria tersebut. Karena itu sangat penting untuk mengetahui apa saja ciri-ciri kanker serviks pada pria agar lebih mudah mewaspadainya.

Ciri-ciri Kanker Serviks pada Pria

Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri dari penyakit kanker serviks yang terjadi para pria dan sebaiknya dipahami dengan baik agar dapat terhindar dari bahayanya.

1. Terdapat Kutil Kelamin

Kutil kelamin yang dialami para pria sudah dapat dipastikan disebabkan oleh virus HPV, yang mungkin saja tertular lewat hubungan seksual yang terlalu bebas. Pada penis biasanya akan muncul lesi atau bintil yang terasa gatal maupun perih, sehingga dapat sangat mengganggu si penderita dalam beraktivitas khususnya dalam melakukan hubungan seksual.

2. Alat kelamin Terasa Gatal

Sama seperti ciri-ciri kanker payudara pada pria, ciri-ciri kanker serviks pada pria juga turut diperhitungkan. Selain terdapat kutil, alat kelamin pria yang terinfeksi HPV juga akan terasa sangat gatal. Meski jarang, rasa gatal tersebut sering diiringi rasa nyeri. Jika seluruh alat kelamin terasa gatal dalam waktu yang lama jangan pernah abaikan karena bisa menjadi lebih buruk lagi.

Sponsors Link

3. Perubahan pada Organ Genital

Organ genital atau kelamin pria yang terinfeksi HPV pun akan mengalami kulit pecah-pecah, dengan lesi yang datar atau bentol-bentol yang merekah atau pecah seperti bentuk kembang kol. Jika wanita menemukan pasangannya dalam kondisi demikian, sebaiknya hindari hubungan seksual karena resiko tertular HPV akan sangat besar.

4. Kanker pada Organ Kelamin

Meski tidak terkena kanker serviks, virus HPV juga dapat menyebabkan kanker testis, kanker penis maupun kanker dubur yang resikonya semakin tinggi pada pria yang melakukan hubungan sesama jenis. Jadi meski pria tidak memiliki rahim tetap saja resiko kanker serviks tetap mengintai terutama pada pasangannya.

5. Suka Berganti Pasangan

Pria yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan seksual tentu akan sangat beresiko tertular HPV dan menularkannya pada pasangannya yang lain. Hal ini tentu saja berbahaya dan sebaiknya lebih diwaspadai. HPV mungkin tidak menyebabkan gangguan serius pada pria namun sangat menakutkan bila menular pada seorang wanita.

Gejala kanker pada pria yang disebabkan virus HPV memang jarang terlihat dan umumnya tidak seberbahaya jika terjadi pada wanita. Karena itu sebaiknya kenali ciri-ciri kanker serviks stadium awal baik pada pria maupun wanita. Jika dapat segera terdeteksi tentu penyakit tersebut masih dapat diobati guna mendapatkan kesembuhan.

, , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.