Inilah Ciri Ciri Kanker Serviks Awal yang Gak Banyak Orang Tahu

Kanker serviks menjadi salah satu jenis kanker yang paling sering dialami oleh kaum wanita selain kanker payudara. Kanker serviks sendiri merupakan kanker yang terjadi pada sel-sel rahim yang terletak pada bagian rahim yang terhubung secara langsung oleh vagina. Penyebab paling besar dari kanker serviks ini adalah Human Papillomavirus atau HPV, dimana merupakan penyakit menular seksual. Artinya bahwa kebanyakan kanker serviks juag disebabkan karena adanya penularan melalui hubungan seksual atau adanya kontak langsung dari kulit ke kulit di area genital.

Sponsors Link

Gejala kanker serviks awal memang jarang sekali terlihat, bahkan ada yang tidak menimbulkan gejala sama sekali. Oleh sebab itu lah, banyak yang menyarankan untuk melakukan Pap smear sebagai salah satu cara mendeteksi kanker serviks menyerang sejak dini. Walaupun gejala awalnya jarang terlihat, namun dalam kesempatan kali ini akan dibahas beberapa ciri ciri kanker serviks awal. Apa saja ciri-ciri tersebut, mari simak ulasan berikut ini.

  1. Kutil Kelamin

Kebanyakan orang yang terkena kanker serviks atau terinfeksi HPV awal memang tidak mengalami gejala atau ciri-ciri aneh yang dialami. Namun pada beberapa kasus atau jenis kanker serviks seperti dari virus HPV ada pula yang dapat menimbulkan gejala atau ciri-ciri seperti adanya pertumbuhan kutil kelamin yang menyerupai pertumbuhan sel kanker. Ciri ini menjadi ciri atau gejala paling awal dari kanker serviks, walaupun tidak semua penderita kanker serviks mengalami ciri yang sama.

  1. Nyeri Panggul

Setelah gejala atau ciri awal seperti tumbuhnya kutil kelamin, penderita kanker serviks awal juga biasanya akan mengalami nyeri pada panggul, terutama pada saat berhubungan seksual. Mengalami nyeri panggul memang menjadi hal biasa bagi kaum wanita, apalagi pada masa-masa haid atau menstruasi. Akan tetapi jika anda merasakan nyeri panggul pada saat melakukan hubungan seksual, maka anda perlu waspada akan gejala awal kanker serviks sehingga disarankan untuk segara melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter.

  1. Keluar Darah dari Vagina

Keluarnya darah dari vagina yang terjadi diluar siklus haid atau menstruasi memang menjadi gejala umum dari kanker serviks pada wanita.  Biasanya, darah akan keluar dari vagina setelah anda melakukan hubungan seksual. Namun tidak hanya itu saja, jika anda mengalami pendarahan atau darah yang keluar saat masa haid melebihi batas normal dari siklus biasa anda, maka anda juga patut untuk waspada terhadap adanya gejala awal dari kanker serviks. Jika anda mengalami kedua kondisi tersebut maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter mengenai kemungkinan gejala kanker serviks, walaupun darah yang keluar dari vagina juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor lainnya.

  1. Keputihan yang Tidak Normal

Tidak hanya keluarnya darah dari vagina saja, adanya kondisi dimana anda mengalami keputihan namun dalam batas yang tidak normal juga dapat menjadi salah satu ciri atau gejala dari kanker serviks awal. Namun anda tidak perlu khawatir, karena kondisi keputihan yang tidak normal seperti berbau menyengat dan dalam jumlah yang melebihi biasanya juga dapat disebabkan karena faktor lain, seperti kondisi tubuh yang sedang tidak sehat maupun karena faktor kelelahan. Hal ini juga disebabkan karena keputihan sendiri merupakan hal yang normal dialami oleh kaum wanita juga dalam kondisi sehat. Namun jika anda merasa kondisi keputihan anda aneh atau tidak wajar, maka anda dapat melakukan konsultasi atau pengecekkan terhadap gejala kanker serviks.

  1. Mengalami Kelelahan yang Berlebihan

Selain ciri-ciri diatas, mengalami kelelahan yang berlebihan juga diketahui sebagai salah satu gejala umum dari kanker serviks, bahkan tidak hanya kanker serviks saja tetapi kelelahan yang berlebihan juga menjadi ciri atau gejala umum dari berbagai jenis penyakit kanker lainnya. Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena adanya pertumbuhan sel-sel kanker didalam tubuh, dimana sel-sel kanker tersebut akan mengambil energi dan juga cadangan makanan yang ada didalam tubuh. Kondisi tersebut yang kemudian menyebabkan anda menjadi kekurangan makanan dan tenaga sehingga dapat mengalami kelelahan lebih cepat, bahkan hingga kelelahan yang berlebihan. Walaupun ciri ini menjadi salah satu gejala kanker yang sering diabaikan, namun jika anda mengalami kondisi ini dan tidak kunjung hilang, maka sebaiknya anda juga melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Sponsors Link

  1. Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan secara drastis juga menjadi gejala atau ciri dari berbagai jenis penyakit kanker, termasuk pula kanker serviks. Hal ini juga tidak jauh kaitannya dengan asupan makanan dan energi yang di ambil oleh sel-sel kanker didalam tubuh, sehingga tidak hanya akan menyebabkan kelelahan yang berlebih tapi juga dapat membuat penurunan berat badan yang berlebih pula.

Itulah beberapa ciri ciri kanker serviks awal yang perlu anda waspadai jika terjadi pada diri anda, bahkan tidak hanya ciri-ciri diatas saja tetapi adanya perubahan pada pola BAB, kesulitan dalam buang air kecil, hingga pembengkakan salah satu atau kedua kaki juga dapat menjadi ciri atau gejala awal dari kanker serviks. Oleh sebab itu, segeralah periksa ke dokter jika anda mengalami ciri-ciri seperti yang telah disebutkan diatas.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.