4 Bakteri Penyebab Kanker Serviks yang Wajib Wanita Tahu

Jika kita mendengar kanker serviks, maka secara tidak langsung kita mengaitkannya dengan sebuah penyakit yang menimpa rahim perempuan. Kanker ini merupakan salah satu kanker yang cukup mematikan bagi perempuan. Hal ini bisa kita lihat pada dampak kanker serviks pada ibu hamil yang bisa membunuh janin yang dikandung beserta sang ibu sendiri.

Sponsors Link

Jika kita baca beberapa referensi yang ada di internet dan beberapa sumber lainnya, kita bisa mengetahui bahwa beberapa tanda kanker serviks bisa kita lihat. Contohnya saja seperti tanda kanker serviks dari telapak kaki. Akan tetapi, kita masih belum tahu apa saja Bakteri Penyebab Kanker Serviks. Untuk lebih memahaminya, berikut ulasannya.

1. HPV

HPV atau singkatan dari Human Papiloma Virus ini adalah penyumbang terbesar dari penyebab terjadinya kanker serviks yang menyerang rahim para wanita. Virus ini bisa muncul karena perilaku seksual yang berpindah-pindah setiap orang yang berbeda. Selain itu, penggunaan alat seks yang bergantian serta hubungan seksual yang tidak menggunakan kondom pun membuat virus ini berkembang sangat cepat, terutama pada dinding rahim. Jenis virus HPV sendiri sangatlah banyak jumlahnya. Jenis virus HPV yang menjadi penyebab terjadinya kanker serviks adalah jenis HPV 16 dan HPV 18. Bisa dikatakan 70 persen penderita kanker serviks disebabkan oleh jenis virus tersebut.

Penyebab lain dari tumbuhnya virus HPV adalah wanita tersebut tidak pernah mendapatkan vaksin dari imunisasi sejak kecil sehingga saat dewasa tubuh tidak mampu menangkal virus HPV ini. Ada dua jenis vaksin HPV yang harus diberikan pada penderita kanker serviks. Pertama vaksin Quadrivalent untuk melindungi tubuh dari jenis HPV tipe 6, 11, 16, serta 18. Kedua adalah vaksin Bivalent yang mendapat melindungi tubuh dari jenis HPV tipe 16 serta tipe 18.

2. Chlamydia Trachomatis

Nama Bakteri Penyebab Kanker Serviks ini mungkin masih asing untuk Anda. Namun, bakteri yang satu ini juga turut jadi penyebab terjadinya kanker serviks. Bakteri Chlamydia sendiri sebenarnya penyebab utama terjadinya penyakit klamidia. Penyakit ini adalah semacam penyakit menular seksual yang korbannya bisa menyerang wanita maupun pria.

Pada wanita sendiri, penyakit clamadia yang serius bisa menjadi penyakit yang ganas seperti kanker serviks. Hal tersebut disebabkan gejalanya sendiri hampir mirip dengan kanker serviks seperti keputihan yang terlalu banyak. Selain melalui hubungan seksual, bakteri ini juga dapat ditularkan dari berbagai cara yang umum seperti bersentuhan dengan orang yang terkena penyakit klamidia, atau terkena benda-benda yang sebelumnya pernah disentuh penderita klamidia.

3. Neisseria Gonorrhoeae

Bakteri Penyebab Kanker Serviks selanjutnya adalah Neisseria Gonorrjoeae. Bakteri ini sering ditemukan pada penyakit Gonore. Gonore sendiri adalah nama lain dari kencing nanah yang merupakan salah satu penyakit menular seksual. Bakteri ini bisa muncul karena sering melakukan hubungan intim yang kurang sehat seperti seks oral atau seks anal. Pada umumnya orang-orang yang sering berganti pasangan lebih berpeluang besar terkena bakteri ini.

Meskipun bakteri Neisseria ini lebih banyak ditemukan pada kasus kencing nanah. Akan tetapi, pada kasus tertentu, bakteri ini juga dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita. Hal ini disebabkan kanker serviks bisa terjadi karena terjadinya infeksi menular seksual.

Sponsors Link

4. Treponema pallidum

Bakteri selanjutnya adalah Treponema Pallidum. Bakteri ini adalah penyebab terjadinya penyakit sipilis atau biasa disebut dengan raja singa. Bakteri ini dapat menginfeksi kulit, mulut, alat kelamin, dan sistem syaraf. Bakteri Treponema sendiri memang tidak begitu berperan besar menjadi penyebab terjadinya kanker serviks. Akan tetapi, jika bakteri ini tidak ditangani secara serius, maka bakteri ini bisa menjadi lebih ganas dan dapat merugikan tubuh. Salah satunya bisa menjadi penyebab timbulnya kanker serviks.

Itulah 4 jenis bakteri penyebab kanker serviks yang sebaiknya Anda ketahui. Dari ulasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa kanker serviks lebih banyak disebabkan oleh virus yang terkontaminasi dari perilaku seksual yang tidak sehat. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda hindari perilaku seks bebas karena akibatnya lebih banyak ruginya dibandingkan keuntungan yang didapatkan.

Meskipun kanker serviks termasuk ke dalam salah satu jenis kanker yang mematikan di dunia, namun ada beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mencegahnya. Anda bisa mempelajari cara mencegah kanker serviks dan cara mengobati kanker serviks agar kanker ini bisa diminimalisir perkembangannya. Ketika kankernya masih dalam keadaan jinak, maka pkemungkinan untuk sembuh masih bisa lebih tinggi. Sebaliknya jika sel kanker sudah ganas, masa kemungkinan akan sembuh sangatlah kecil. Anda juga sebaiknya mencoba cara deteksi dini kanker serviks untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Serviks

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.