Kanker Serviks

Kanker Serviks adalah jenis kanker yang paling mematikan bagi wanita dan salah satu yang paling banyak di idap oleh para wanita. Kanker serviks dikenal juga kanker leher rahim adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan untuk wanita yang menyerang serviks (en : Cervix).

kanker serviksArtikel ini akan mengulas berbagai informasi penting yang berhubungan dengan kanker serviks mulai dari gejala, ciri ciri, penyebab, sampai dengan treatment dan obat/herbal untuk pengobatan kanker leher rahim.

Kanker serviks tidak memiliki tanda di awal kemunculannya, oleh karenanya ia merupakan salah satu jenis kanker yang paling berbahaya di dunia. Bagaimana pencegahannya ? setidaknya anda harus mengetahui faktor resiko, penyebab, dan pencegahan yang harus anda lakukan agar terhindar dari infeksi kanker jenis ini.

Pengertian Kanker Serviks

Apa sich arti dari Kanker Serviks itu? Menurut para ahli, Kanker Serviks adalah sebuah kanker ganas yang menyerang organ reproduksi wanita (rahim). Penyakit Kanker Serviks ini menempati peringkat paling teratas diantara kanker yang lainnya. Kanker ini menjadi musuh besar bagi kaum Hawa, karena banyak kaum hawa yang meninggal akibat terserang kanker Serviks. Perlu di garis bawahi, penyakit Kanker Serviks ini mematikan jika tidak ditangani dengan serius. Untuk para kaum hawa, segera cek kesehatan organ kewanitaan sebelum terlambat.

Serviks merupakan nama lain dari leher rahim, dapat dikatakan kanker serviks nama lainnya adalah kanker leher rahim. Yang mana menyerang bagian leher rahim, hal ini berbeda dengan kanker rahim / yang dikenal sebagai kanker kandungan. Jadi harap anda memahaminya.

Gejala

Untuk Anda yang ingin mengetahui gejala-gejala kanker serviks yang sering ditemui oleh penderitanya :

a) Keputihan yang diwarnai dengan darah – Biasanya, pada saat keadaan normal, keputihan berwarna putih susu atau putih bening. Jika Anda mengalami keputihan disertai dengan darah, segera cek dan konsultasikan ke dokter spesialis.

b) Nyeri saat berhubungan intim – Nyeri pada saat berhubungan intim mungkin bisa dianggap normal, namun jika nyeri secara berlebihan, mungkin itu tanda Anda mengidap kanker serviks. Anda jangan sepelekan hal ini, segera periksakan diri ke dokter spesialis.

 c) Penurunan berat badan & hilangnya nafsu makan – Jika anda mengalami penurunan berat badan dan hilangnya nafsu makan secara tiba-tiba, ini bisa jadi suatu tanda Anda mengidap kanker serviks. Jika beberapa poin diatas sedang dialami. Penurunan berat badan dan hilangnya nafsu makan dapat disebabkan oleh sesuatu tertentu, misalnya Anda stree atau Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan yang berpengaruh pada pola makan Anda.

Sponsors Link

d) Kelelahan yang berlebihan – Mungkin Anda sudah merasa cukup beristirahat, tapi Anda masih merasa kelelahan sepanjang waktu? Gejala ini harus Anda waspadai, karena bisa terjadi Anda mengidap Kanker Serviks.

e). Pendarahan yang abnormal pada vagina – Wanita pada umumnya harus menyadari siklus menstruasi mereka. Pendarahan yang sering terjadi di luar masa mensturasi bukan hal yang wajar lagi, melainkan suatu hal yang abnormal. Hal ini merupakan suatu gejala Kanker Serviks. Anda harus segera periksakan diri ke dokter sebelum terlambat.

f) Nyeri pada panggul – Nyeri panggul secara tiba-tiba , yang tidak berhubungan dengan menstruasi dan aktifitas lainnya, bisa jadi Anda mengidap Kanker Serviks. Jangan mengkonsumsi obat-obatan warung, lebih baik, Anda mengkonsultasikannya ke dokter.

g) Gangguan pencernaan – Gangguan yang sering terjadi pada pengidap Kanker Serviks adalah gangguang pencernaan. Jika Anda mengalami sembelit kronis, ini suatu gejala Kanker Serviks.

Penyebab

Mungkin sebagian ada yang menyangka Kanker Serviks akibat seringnya bergonta ganti pasangan (Sex Bebas). Itu memang benar, namun ada penyebab lainnya selain itu. Yuk, baca penyebab Kanker Serviks agar tidak ada salah paham.

a) Sistem Imun lemah

Kanker Serviks dapat menyerang dengan mudah jika sistem imun tubuh melemah. Maka dari itu, menjaga kesehatan tubuh dan istirahat yang cukup sangat di anjurkan agar sistem imun tetap terjaga.

b) Merokok

Begitu banyak iklan, spanduk, dan media lainnya yang menganjurkan untuk tidak merokok. Yup, merokok dapat menganggu sistem organ tubuh. Begitu juga sistem reproduksi manusia. Pemicu adanya kanker serviks pada wanita, bisa terjadi jika Anda seorang perokok, karena rokok dapat mengurangi kemampuan secara alami tubuh dalam melawan HPV (Human Papillomavirus). Berhentilah merokok karena merokok hanya menabung berbagai macam penyakit berbahaya.

c) Sex Bebas

Di jaman era globalisasi ini, banyak kaum pria dan wanita yang sering bergonta ganti pasangan. Hal ini memicu terjadinya kanker serviks, karena virus lebih cepat menyebar dan menular saat berhubungan badan. Menjaga kesehatan organ intim sangatlah dianjurkan agar kita selalu terhindar dari penyakit mematikan ini.

Sponsors Link

d) Pembersih organ intim

Maraknya brand pembersih organ intim (vagina) sangat diminati oleh kaum hawa. Pembersih organ intim ini memang untuk membunuh bakteri, namun tidak semua bakteri dalam vagina merugikan. Jika Anda terlalu sering menggunakan pembersih organ intim, tanpa disadari bakteri yang baik terbunuh. Pembersih organ intim juga dapat menyebabkan iritasi pada vagina, karena lapisan kulit pada vagina sangatlah tipis dan mudah teriritasi. Jika sudah teriritasi, kondisi ini pun rentan terjadinya kanker serviks.

e) Maniak Junkfood/fastfood

Apakah Anda seorang penggemar Junk food/Fast food? Jika ya, Anda harus berhati-hati, karena makanan ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Junk food/ fast food mengandung banyak sodium, lemak dan gula buatan. Semua jenis makanan ini kandungan mineral, vitamin dan proteinnya sangat sedikit sedangkan tubuh sangat membutuhkan zat penting ini untuk menangkal dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker serviks ini.

f) Alkohol & Narkotika

Pergaulan yang sangat bebas seperti meminum alkohol dan narkotika sangat marak terjadi pada saat ini. Banyak remaja yang rata-rata mengalami stres, broken home, dan berbagai masalah yang di alaminya lebih memilih untuk mengkonsumsi ini dibandingkan menyelesaikan masalah. Pengaruh alkohol dan narkotika bagi wanita berdampak pada kualitas reproduksi sel telur pada rahim. Kondisi ini sangat memungkinkan terjadinya kanker serviks.

Pencegahan

Penyakit kanker serviks memang sangat mengerikan dan mematikan. Jika sudah mengidap penyakit ini, salah satu cara adalah operasi pengangkatan rahim, namun hal itu saja tidak cukup. Setelah operasi Anda harus melakukan terapi seperti radiasi dan kemoteraphy. Sebelum mengidap kanker serviks ini, lakukan beberapa tips untuk langkah mencegah terjadinya kanker serviks ini :

a) Mengkonsumsi makanan sehat

Mulailah berani untuk mengatakan “Say No Junk Food and Fast Food”. Mulailah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, E, asam folat dan beta karoten. Sayuran dan buah ini sangat ampuh menangkal pertumbuhan kanker pada rahim.

b) Menjaga organ intim dengan baik

Sudahkah Anda menjaga organ intim dengan baik? Anda cukup menggunakan air bersih untuk membersihkan organ intim Anda dan mencuci tangan sebelum menyentuh organ intim Anda. Dengan melakukan proses alami ini Anda akan terhindar dari kanker serviks.

c) Menghindari berganti-ganti pasangan

Berganti-ganti pasangan adalah suatu penyebab munculnya kanker serviks yang rentan terjadi pada kaum hawa. Oleh sebab itu, menjaga sebuah kesetiaan pada pasangan merupakan cara mencegah yang paling ampuh akan terjadinya kanker serviks.

d) Menghindari hubungan intim sejak dini

Untuk Anda yang masih sangat muda, hindari hubungan intim sejak dini. Karena berhubungan badan di bawah umur 20 tahun lebih beresiko dibandingkan diatas 20 tahun. Mengapa? Hal ini berkaitan dengan kematangan sel-sel mukosa, yang pada umumnya sel-sel mukosa matang pada umur 20 tahun ke atas. So, untuk kalian yang masih muda, kuatkan iman kalian agar terhindar dari penyakit berbahaya ini.

e) Olahraga secara teratur

ads

Mungkin oleh sebagian orang, berolahraga adalah hal yang paling memalaskan. Namun, Anda harus tahu, olahraga secara teratur dapat membuat tubuh kita menjadi bugar dan terhindar dari penyakit kanker serviks. Dengan melakukan shit up, push up di pagi hari dapat menurunkan resiko kanker serviks. Oleh sebab itu, Anda harus meluangkan waktu sekitar 15 menit untuk berolahraga di pagi hari.

f) Minum air putih

Mungkin kita sering menyepelekan hal ini. Meminum air putih minimal 1 sampai 2 liter air sehari, berarti anda akan membuang zat-zat berbahaya dalam tubuh. Air putih mengandung banyak manfaat, selain untuk keseimbangan tubuh, air putih juga bermanfaat untuk menghindari kanker serviks.

Nah, sudah tahu kan apa itu kanker serviks dan cara pencegahannya. Ok, tunggu apalagi sist, sebelum kita mengidap kanker serviks, ada baiknya kita menjaga kesehatan dan pola makanan kita sehari-hari, agar terhindar dari penyakit mematikan ini. Save your healty.

Kanker Serviks di Indonesia

Di Indonesia sendiri hanya sekitar 5% yang melakukan penapisan kanker serviks sehingga ketika terdeteksi para penderita kanker serviks sudah memasuki stadium lanjut. Kanker serviks tidak mempunyai gejala yang signifikan, namun dapat dicegah dengan melakukan tes Pap smear dan inspeksi visual asam. Tes pap smear dianjurkan untuk dilakukan setahun sekali. Cairan pada leher rahim diambil menggunakan spatula atau sikat kecil oleh bidan atau dokter. Cairan tersbut kemudian diperiksa di laboratorium dan dari hasil pemeriksaan akan diketahui apakah sel rahim normal atau tidak. Tujuan tes ini yaitu untuk mencari lesi pra-kanker. Apabila bisa ditemukan bisa disembuhkan 100%, tapi jika dibiarkan saja maka akan menjadi kanker.

Stadium Kanker Serviks

Info Basic Kanker Serviks

Diagnosis dan Test

Treatment & Pengobatan

Tanya Jawab

Artikel Dalam Kategori Kanker Serviks