5 Cara Mencegah Kanker Jaringan Lunak Mudah Dilakukan Sehari Hari

Kanker jaringan lunak atau kanker sarkoma merupakan jenis kanker yang termasuk cukup langka. Penyakit ini muncul karena adanya aktivitas sel yang tidak normal pada jaringan lunak tubuh, sehingga muncullah sel kanker. Jaringan lunak sendiri merupakan jaringan yang menghubungkan struktur dan organ tubuh serta menunjang organ tersebut, yang meliputi lemak, pembuluh darah, tendon, syaraf, otot dan lapisan pada tulang sendi. Sel kanker pada jaringan lunak cukup cepat menyebar dan berkembang bahkan menyebabkan kanker kelenjar getah bening, sehingga penyakit ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Sponsors Link

Kanker jaringan lunak dapat menyerang semua usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dapat mengalami penyakit mematikan tersebut. Penyakit yang termasuk jenis kanker paling mematikan di dunia ini dapat muncul dibagian tubuh mana saja, namun biasanya lebih banyak dijumpai kasus kanker jaringan lunak pada bagian perut, tungkai dan lengan. Gejala yang paling sering muncul pada penyakit kanker jaringan lunak yaitu terjadinya pembengkakan yang cukup besar namun tidak disertai nyeri, sering mengalami demam dan kesulitan tidur di malam hari. Penderita juga kerap merasa gelisah di malam hari dan mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis.

Penyebab Kanker Jaringan Lunak

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab munculnya kanker jaringan lunak. Namun makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya menjadi pemicu kanker tersebut muncul dan paling sering terjadi. Kanker sarkoma atau jaringan lunak ini juga bisa disebabkan karena mutasi genetik pada sel jaringan lunak, faktor genetik, paparan radiasi, zat kimia dan logam berat. Penderita paget atau gangguan pada tulang dan kanker tulang juga mengalami resiko lebih besar untuk terserang kanker jaringan lunak ini.

Cara Mencegah Kanker Jaringan Lunak

Penyakit kanker jaringan lunak memang cukup berbahaya, karena itu lebih baik bagi kita untuk melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut. Cara pencegahan yang dapat dilakukan antara lain:

1. Menghindari Makanan yang Mengandung Karsinogen

Senyawa karsinogen merupakan senyawa yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan mutasi gen menjadi salah satu pemicu munculnya sel kanker. Senyawa karsinogen banyak terdapat pada makanan yang dibakar atau dipanggang, juga makanan yang mengandung banyak pewarna, pengawet dan penguat rasa. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit kanker, kurangi bahkan kalau perlu hindari makanan yang dimasak dengan cara dipanggang dan makanan cepat saji.

2. Menghindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang sangat nikmat apalagi jika disajikan dalam keadaan dingin. Namun faktanya dibalik nikmatnya minuman bersoda terdapat senyawa yang dapat membahayakan kesehatan tubuh, terutama dapat menyebabkan munculnya sel kanker. Kandungan senyawa pada minuman tersebut akan menggerogoti organ tubuh sedikit demi sedikit dan membuat aktivitas sel tidak terkendali, bahkan sering menjadi penyebab munculnya kanker usus. Lebih baik mengganti asupan cairan tubuh dengan air putih yang segar dan menyehatkan.

3. Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi

Makanan yang bergizi akan memenuhi kebutuhan asupan nutrisi tubuh, dengan begitu tubuh dapat selalu dalam kondisi prima, daya tahan tubuh tetap terjaga dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Agar kita terhindar dari penyakit kanker jaringan lunak, biasakan untuk mengkonsumsi buah dan sayur, juga membatasi konsumsi daging karena konsumsi daging secara berlebihan dapat memicu munculnya berbagai penyakit dalam tubuh. Lebih baik lagi kalau kita bisa mengkonsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker secara rutin.

Sponsors Link

4. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan dapat melawan berbagai jenis penyakit. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah dan sayur, kita akan terhindar dari berbagai jenis kanker seperti kanker jaringan lunak. Sumber terbaik untuk senyawa antioksidan bisa kita dapatkan dari buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

5. Memeriksa Bagian Tubuh Secara Rutin

Tindakan ini termasuk paling mudah untuk dilakukan, namun seringkali dilewatkan karena terlupa  atau merasa tidak perlu melakukannya. Padahal dengan melakukan pemeriksaan sendiri bagian tubuh kita dapat mencegah berkembangnya penyakit menjadi lebih parah. Periksalah secara berkala setiap bagian tubuh mulai dari kepala hingga kaki, apakah semuanya dalam kondisi normal atau terdapat sesuatu yang tidak biasa misalnya terdapat benjolan atau pembengkakan yang tidak wajar. Cara ini sangat ampuh dan jika memang terdapat penyakit, kita bisa melakukan penanganan dan pengobatan secepat mungkin. Pemeriksaan ini juga sangat dianjurkan untuk mencegah penyakit kanker payudara.

Selain itu kita juga bisa melakukan hal berikut untuk mencegah munculnya sel kanker pada jaringan lunak, yaitu:

  • Selalu menjalani pola hidup sehat
  • Rutin melakukan olahraga minimal empat kali seminggu
  • Cukup tidur dan usahakan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas
  • Memiliki hati yang tenang dan terhindar dari stres
  • menghindari alkohol dan asap rokok

Itulah cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit kanker jaringan lunak. Semua penyakit kanker memang sangat berbahaya, dan dengan melakukan pencegahan kita bisa mendapatkan peluang sembuh lebih besar dan lebih mudah untuk diobati.  Semoga bermanfaat.

, ,
Post Date: Thursday 19th, October 2017 / 06:45 Oleh :
Kategori : Kanker Sarkoma