Sponsors Link

9 Ciri Ciri Tumor Parotis Ganas dan Jinak Paling Berbahaya

Sponsors Link

Ciri ciri tumor parotis merupakan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan pertolongan pertama sedini mungkin. Tumor parotis merupakan jenis penyakit yang menyebabkan pertumbuhan tumor di kelenjar ludah. Jenis tumor yang satu ini memang tidak diketahui secara populer di kalangan masyarakat. Tidak banyak yang mengetahui bahwa kelenjar ludah pun dapat terkena penyakit tumor.

Sponsors Link

Artikel Terkait:

Tumor yang menyerang kelenjar ludah atau tumor parotis pun diketahui ada cukup banyak jenisnya. Mengetahui berbagai jenis tumor parotis ini pun dapat membuat anda mengetahui apa saja tumor yang berpotensi berkembang menjadi kanker kelenjar ludah. Ada beberapa jenis tumor parotis yang perlu anda ketahui. Berikut ini informasi mengenai jenis-jenis tumor parotis.

Beberapa Jenis Tumor Parotis yang Mengancam Kesehatan Manusia

Beberapa jenis tumor parotis ini ada yang tergolong jinak, pun ada yang tergolong ganas dan dapat berkembang menjadi kanker. Oleh karena itu, ketahuilah beberapa jenis tumor parotis yang mengancam kesehatan manusia ini.

  • Karsinoma Sel Skuamosa
  • Karsinoma Saluran Ludah
  • Karsinoma Onkositik
  • Karsinoma Muko Epidermoid
  • Karsinoma Sel Jernih
  • Karsinoma Kistik Adenoid
  • Karsinoma Sel Asinik
  • Adenokarsinoma
  • Adenokarsinoma Poli Morpous
  • Tumor Ganas Campuran

Ciri ciri Tumor Parotis yang Perlu Diwaspadai

Setelah mengetahui berbagai jenis tumor parotis di atas, penting untuk anda ketahui apa saja ciri ciri tumor parotis. Berbagai ciri ciri tumor parotis ini perlu anda ketahui untuk memberikan upaya pertolongan sedini mungkin. Kenali berbagai ciri tumor parotis tersebut dan lakukanlah pencegahan agar tidak ada efek samping yang lebih berbahaya yang dapat mengancam anda.

  1. Munculnya Benjolan pada Pipi, Leher, dan Rahang

Ciri ciri tumor parotis yang pertama adalah munculnya benjolan pada beberapa bagian tubuh. Bagian-bagian tubuh yang muncul benjolan antara lain adalah pipi, leher, dan rahang. Mengapa berbagai bagian tersebut muncul benjolan, karena ada hubungan yang pasti dirasakan antara kelenjar ludah dan bagian-bagian tersebut. Kelenjar ludah memang pasti mempengaruhi pipi, leher, dan juga rahang. Oleh sebab itu, anda harus memperhatikan apakah ada benjolan di beberapa bagian tubuh anda tersebut. Jika ada, segeralah lakukan pemeriksaan pada dokter.

Sponsors Link

  1. Munculnya Rasa Nyeri di Pipi, Leher, Rahang, Mulut, dan Telinga

Selanjutnya, ciri tumor parotis pun dapat ditunjukkan dengan munculnya rasa nyeri di beberapa bagian tubuh. Sama seperti benjolan yang muncul di pipi, leher, rahang, maka pada beberapa bagian tersebut akan muncul juga rasa nyeri tersebut. Anda juga dapat merasa nyeri di daerah mulut dan telinga. Pastinya akan ada rasa nyeri, jika memang tumor menjangkiti kelenjar ludah anda. Jadi segeralah siaga jika anda merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh yang berkaitan dengan kelenjar ludah.

  1. Muncul Perbedaan antara Sisi Wajah Kanan dan Kiri

Tumor parotis pun dapat ditunjukkan dengan munculnya perbedaan antara kedua sisi wajah anda. Tidak dapat dipungkiri bahwa tumor yang muncul di kelenjar ludah dapat menyebabkan satu sisi wajah menjadi lebih besar atau kecil dibandingkan sisi lainnya. Oleh sebab itu, anda pun dapat memperhatikan apakah ada perbedaan antara kedua sisi wajah anda. Jika ada, ketahuilah apakah penyebabnya adalah tumor parotis? Jika penyebabnya adalah tumor parotis, maka gejala dan ciri ciri lain sebelumnya pasti juga akan anda rasakan.

Sponsors Link

  1. Muncul Mati Rasa di Sebagian Wajah Anda

Mati rasa pun mungkin saja muncul di wajah anda, namun hanya di satu sisinya saja. Keberadaan mati rasa ini disebabkan dari tumor yang sedang menyerang kelenjar ludah anda.  Tumor memang dapat membuat pergerakan di satu sisi wajah menjadi sulit dilakukan, kemudian terjadilah mati rasa karena pertumbuhan tumor yang semakin mempengaruhi wajah. Untuk itu anda diharapkan mampu menangani dan mengenali mati rasa ini. Jika sudah terasa mati rasa, maka lakukanlah pemeriksaan mengapa wajah anda mengalami mati rasa.

  1. Otot-otot Wajah menjadi Lebih Lemas

Ciri ciri lain yang mungkin anda rasakan di sekitar wajah ketika tumor parotis anda menyerang adalah otot yang melemas. Otot-otot wajah ini melemas karena tidak bisa dikendalikan geraknya. Terdapat tumor yang mengganggu pergerakan otot-otot. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memeriksakan dan melatih otot-otot di wajah untuk mengetahui apakah ada kejanggalan. Kejanggalan tersebut sangat mungkin disebabkan oleh adanya pertumbuhan tumor pada kelenjar ludah anda.

ads

Artikel Terkait:

  1. Mulut Sulit untuk Terbuka

Ciri lain yang mungkin saja dirasakan oleh penderita tumor parotis adalah keadaan mulut yang sulit terbuka. Hal ini pasti dirasakan karena tumor di kelenjar ludah akan menyebabkan rongga mulut menjadi sulit untuk bergerak. Jika anda sering merasakan kesulitan dalam membuka mulut ini, maka lakukanlah segera pemeriksaan apa yang menyebabkannya. Pendeteksian dini dari tumor parotis ini sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai efek samping dari tumor yang berbahaya.

  1. Makan Menjadi Sulit Ditelan

Permasalahan selanjutnya yang sering dialami sebagai ciri ciri dari penyakit tumor parotis adalah makanan yang sulit untuk ditelan. Anda yang memiliki tumor di kelenjar ludah sangat mungkin merasakan gangguan saat makan. Gangguan tersebut khususnya muncul ketika akan menelan. Saat makan dibutuhkan otot lidah untuk mendorong makanan ditelan. Jika terdapat tumor di kelenjar ludah, maka makanan pun menjadi lebih sulit ditelan.

  1. Sulit Berbicara

Kesulitan berbicara pun pasti dirasakan oleh penderita tumor parotis. Karena tumor akan menyerang kelenjar ludah, maka jelas anda menjadi lebih sulit berbicara. Kesulitan berbicara ini diakibatkan oleh rongga mulut yang sulit bergerak karena adanya tumor. Tumor parotis akan mengganggu rahang mulut untuk dapat bergerak, sedangkan berbicara memerlukan otot dari rahang mulut. Oleh sebab itulah, anda perlu untuk mewaspadai jika anda sering mengalami kesulitan untuk berbicara.

  1. Ada Cairan Keluar dari Telinga

Terakhir, ciri-ciri yang cukup parah dan anda waspadai adalah keluarnya cairan dari telinga. Keadaan ini sangat berbahaya karena artinya pendengaran anda pun menjadi terganggu. Saluran pendengaran, makan, dan pernafasan akan saling berkaitan jika salah satunya sudah terkena efek samping dari tumor paroti ini. Jadi waspadailah cairan yang keluar dari telinga anda dan segeralah lakukan penanggulangan secepatnya.

Artikel Terkait:

Itulah tadi berbagai informasi yang perlu anda ketahui mengenai ciri ciri tumor parotis. Gunakanlah informasi tentang tumor parotis ini untuk membantu anda melakukan upaya pencegahan sedini mungkin. Semoga dapat segera teratasi permasalahan tumor parotis yang mungkin menyerang anda. Selamat mencoba!

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 13th, September 2017 / 04:28 Oleh :
Kategori : Kanker Rongga Mulut