Inilah Tanda Awal Kanker Rahim yang Paling Sering Terjadi

Kanker rahim merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang pastinya ditakuti atau bahkan menjadi momok menakutkan bagi seluruh kaum wanita. Mengapa demikian? Karena kanker rahim dapat mengganggu kesuburan dari seorang wanita, karena rahim sendiri merupakan salah satu alat reproduksi penting. Dimana jika anda mengalami kanker rahim, maka ada kemungkinan salah satu upaya yang dapat anda lakukan adalah dengan mengangkat rahim anda.

Sponsors Link

Kondisi ini yang kemudian menutup kemungkinan anda sebagai kaum wanita untuk dapat hamil dan memiliki keturunan kandung, pastinya kondisi ini menjadi efek kanker rahim paling ditakuti oleh wanita. Dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai tanda kanker rahim stadium awal yang perlu anda pahami dan waspadai. Adapun tanda-tanda tersebut diantaranya seperti:

  1. Pendarahan Vagina

Tanda utama yang bisanya akan dialami oleh para penderita dari kanker rahim adalah adanya kondisi pendarahan vagina. Memang tidak semua pendarahan abnormal yang terjadi pada bagian vagina pasti disebabkan oleh kanker rahim, tapi anda tetap wajib mewaspadainya. Terutama jika sebenarnya anda sudah menopause tetapi tiba-tiba mengalami pendarahan, maupun belum menopause tetapi mengalami pendarahan yang diluar siklus menstruasi atau pun keluarnya darah menstruasi yang melebihi batas normal. Memang tanda yang satu ini biasanya terjadi pada kanker rahim yang sudah berkembang atau memasuki fase akut, tetapi tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada stadium awal atau menjadi suatu gejala awal kanker rahim.

  1. Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan memang menjadi salah satu tanda yang paling umum terjadi atau bahkan memang akan terjadi pada seluruh jenis penyakit kanker, termasuk juga pada kanker rahim stadium awal dan stadium lanjut. Apalagi jika anda tidak melakukan diet maupun olah raga secara teratur tetapi berat badan anda terus turun secara drastis, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan dengan dokter lebih dini.

  1. Perut Kembung

Kanker rahim juga erat kaitannya dengan kondisi didalam perut, sehingga ketika seseorang terkena penyakit kanker rahim ini maka juga akan menyebabkan beberapa gejala atau tanda pada perut. Salah satu tanda yang muncul adalah kondisi dimana perut menjadi kembung, padahal anda tidak sedang dalam siklus menstruasi maupun tidak pula selesai melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Perut kembung ini juga biasanya akan diikuti dengan rasa mual terus menerus.

  1. Sakit Saat Berhubungan Seksual

Jika anda merasakan sakit saat berhubungan seksual dengan pasangan anda, maka bisa jadi kondisi tersebut merupakan salah satu ciri-ciri kanker rahim pada stadium awal. Oleh sebab itu, disarankan untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter jika anda mengalami tanda yang satu ini agar dapat secara jelas diketahui penyebab nya, apakah memang ada pertumbuhan kanker rahim di tubuh anda atau tidak.

  1. Urin Urgensi

Urin urgensi juga ternyata merupakan salah satu tanda yang perlu anda perhatikan. Dimana jika anda merasa sering buang ari kecil, dan juga menimbulkan efek seperti terbakar saat air seni keluar maka bisa jadi kondisi tersebut merupakan tanda dari penyakit kanker rahim. Walaupun kondisi tersebut juga dapat menjadi pertanda kondisi infeksi pada saluran kemih tetapi tetap tidak menutup kemungkinan akan penyakit kanker rahim.

  1. Gangguan Pencernaan

Menurut beberapa informasi, seorang penderita kanker rahim juga berkemungkinan mengalami diare atau konstipasi, yang artinya bahwa terjadi gangguan pada sistem pencernaan. Memang gangguan pencernaan dapat disebabkan oleh banyak sekali faktor didalamnya, tetapi jika anda merasa gangguan ini terjadi secara terus menerus dalam rentang waktu yang lama bahkan juga tidak kunjung hilang, maka akan lebih baik jika anda melakukan pemeriksaan dengan dokter.

  1. Nyeri Punggung

Nyeri kanker juga menjadi salah satu tanda awal dari kondisi kanker rahim didalam tubuh. Walaupun sebenarnya nyeri punggung merupakan hal yang wajar, terutama dalam masa menstruasi. Namun jika nyeri punggung yang anda rasakan tersebut adalah diluar masa menstruasi dan juga memiliki rasa sakit yang tak kunjung hilang, maka kondisi tersebut juga berkemungkinan menjadi pertanda dari penyakit kanker rahim stadium awal.

Sponsors Link

Itulah dia beberapa tanda awal kanker rahim. Selain tanda-tanda diatas ada pula beberapa faktor yang meningkatkan resiko kaum wanita untuk terkena kanker rahim, dimana hal ini juga wajib untuk anda ketahui. Penyebab kanker rahim sendiri memang masih belum dapat diketahui secara pasti dan jelas, namun beberapa faktornya diantaranya adalah:

  • Memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit kanker rahim.
  • Sempat menjalani terapi radiasi, seperti pada bagian panggul.
  • Memang dalam kondisi mengalami tumor ovarium.
  • Mengidap obesitas dan diabetes.
  • Berusia lebih dari 60 tahun, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai tanda dan faktor dari kanker rahim stadium awal, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan membantu anda dalam mencegah maupun melakukan penanganan dini terhadap kanker rahim.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Rahim

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.