7 Penyebab Kanker Rahim pada Remaja yang Jarang Disadari

Kanker Rahim merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang rahim atau sistem reproduksi pada wanita. Kanker yang satu ini juga terkadang sering disebut dengan kanker endometrium. Hal tersebut disebabkan kanker ini muncul dengan cara menyerang sel-sel pembentuk dinding rahim.

Sponsors Link

Pada umumnya, kanker ini hanya menyerang pada wanita yang sudah dewasa ataupun waita yang sudah lanjut usia. Akan tetapi, fakta dilapangan menunjukan bahwa kanker ini juga dapat menyerang wanita yang usianya masih remaja. Untuk lebih memahami Penyebab Kanker Rahim pada Remaja, berikut ulasannya.

1. Seks Bebas

Perilaku seks bebas pada remaja memang sangat menghawatirkan. Apalagi dengan zaman sekarang yang pergaulannya cukup memperihatinkan membuat para remaja, khususnya perempuan lebih rentan terhadap kasus kanker rahim. Perilaku sekse bebas dapat ditularkan dari salah satu orang yang terdapat virus saat berhubungan badan. Ditambah lagi sistem kekebalan tubuh remaja yang masih belum kuat membuat virus dapat berkembang menjadi lebih ganas.

2. Obesitas

Obesitas merupakan suatu keadaan saat seseorang terlalu gemuk sampai melebihi standar berat badan ideal dan menjadi Penyebab Kanker Rahim pada Remaja. Obesitas bisa diakibatkan oleh berbagai faktor seperti makanan-makanan yang mengandung lemak atau bahkan bisa dari hormon yang tidak teratur. Pada masa remaja memang hormon di dalam tubuhnya masih berkembang sehingga dia akan terus mengalami lapar yang diluar kendali. Akibatnya obesitas pun tidak terhindarkan. Pada kenyataannya obesitas tidak hanya beresiko pada jantung saja, tetapi juga dapat meyerang rahim wanita sehingga terjadilah kanker rahim.

3. Mengonsumsi makanan berbahan kimia

Tidak bisa dipungkiri bahwa makanan instan saat ini cukup banyak variasinya. Namun, jika kita terus menerus mengonsumsinya tanpa pernah melakukan jeda, maka hal tersebut dapat menyebabkan Kanker, terutama kanker rahim. Bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam makanan tersebut tentunya sangat berbahaya jika kita terus konsumsi. Hal tersebut disebabkan bahan kimia tersebut mampu memicu tumbuhnya kanker dalam jangka panjang. Khusus untuk wanita, makanan yang menggunakan bahan kimia juga dapat membuat rahim menjadi lebih rentan.

4. Kebersihan yang tidak terjaga

Untuk para wanita, terutama para remaja umumnya bersikap tidak peduli terhadap kebersihan. Meskipun tidak semuanya seperti itu, namun kebersihan yang tidak terjaga tersebut dapat memicu kuman-kuman tumbuh sehat pada daerah yang kotor tersebut. Apalagi jika Anda kurang membersihkan daerah kewanitaannya, maka kemungkinan terkena penyakit sangatlah besar, terutama penyakit seperti kanker rahim ini. Maka dari itu, sebaiknya jagalah kebersihan di daerah kewanitaan agar kuman-kuman, bakteri dan virus tidak berkembang pesat. Begitu juga dengan pakaian dalam yang dikenakan agar selalu dalam keadaan bersih dan terawat dengan baik.

Sponsors Link

5. Merokok

Sudah cukup lama bahwa merokok dapat menyebabkan kanker dan berbagai penyakit-penyakit mematikan lainnya. Namun, Anda tidak akan menyangka bahwa kaker yang dimaksud pada iklan-iklan roko tersebut adalah termasuk kanker rahim ini. wanita yang merokok memang lebih rentan hingga dua kali lipat terkena kanker dibandingkan pria. hal tersebut disebabkan zat-zat kimia, terutama pada zat tembakau dapat berpengaruh besar pada dinding rahim. Hal itulah yang menyebabkan kanker rahim seperti kanker serviks bisa tumbuh dengan subur.

6. Tidak mendapatkan Vaksin

Imunisasi sangtlah penting bagi kesehatan tubuh. Dengan melakukan vaksinasi, tubuh kita akan mudah terserang berbagai macam penyakit ganas. Salah satu penyakit ganas tersebut adalah kanker. Seseorang yang tidak pernah diberikan vaksin pun sistem kekebalan tubuhnya akan lebih lemah. Dengan begitu, beberapa virus yang termasuk berat pun akan susah dibasmi karena sistem kekebalannya masih lemah. Oleh sebab itu, sebaiknya anak-anak sudah diberi vaksin yang sesuai dengan anjuran para dokter.

Sponsors Link

7. Terkena penyakit seksual lainnya

Ternyata meskipun seorang remaja terkena penyakit seksual lainnya yang menular, hal tersebut dapat memicu terjadinya kanker rahim. Misalnya saja, seorang remaja terkena penyakit menular seksual seperti klamadia, gonore sifilis, atau bahkan penyakit seksual berat seperti AIDS/HIV. Hal tersebut sangat memungkinkan seseorang,khususnya kaum wanita terkena kanker rahim. Hal tersebut bisa terjadi pada umur berapapun, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Itulah 7 penyebab kanker rahim pada remaja yang perlu diketahui. Setelah kita mengetahui apa saja penyebabnya, maka sudah saatnya kita harus lebih peduli terhadap seseorang, khususnya wanita yang terkena penyakit kanker rahim ini.

Anda bisa coba lakukan beberapa langkah yang tepat untuk menghadapi remaja yang terkena kanker rahim seperti maknan penyebab kanker rahim, tanda kanker rahim dan kista, tanda awal kanker rahim, ciri penderita kanker rahim pada wanita, dan masih banyak lagi. Anda juga sebaiknya konsultasikan pada dokter mengenai menstruasi tak teratur merupakan gejala kanker rahim atau tidak. hal ini dialkukan agar kita bisa lebih waspada dan berhati-hati lagi. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semuanya.

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Rahim

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.