5 Penyebab Kanker Bibir Rahim yang Perlu Diketahui

Kanker bibir rahim atau kanker mulut rahim merupakan jenis kanker yang sangat sering menyerang kaum wanita. Kanker ini cukup ganas dan berbahaya, dan hanya sebagian kecil dari para penderitanya yang berhasil sembuh. Kanker bibir rahim terletak pada bagian awal atau pintu masuk menuju rahim. Karena letaknya yang lebih dekat dengan lingkungan luar maka menjadi sangat rentan untuk terkena penyakit terutama yang disebabkan oleh virus, jamur dan bakteri. Salah satu cara mencegah munculnya kanker bibir rahim adalah dengan selalu menjaga kebersihan organ intim.

Sponsors Link

Kebanyakan wanita tidak menyadari adanya kanker bibir rahim pada stadium awal, dan baru diketahui setelah penyakit tersebut semakin parah. Karena itu kanker bibir rahim seringkali terlambat untuk ditangani dan hanya sedikit yang berhasil sembuh. Sebelum penyakit tersebut menyerang kita, sebaiknya kita harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya agar kita dapat terhindar dari penyakit mematikan tersebut. Berikut ini adalah beberapa faktor yang diduga kuat menjadi penyebab munculnya kanker bibir rahim.

1. Human Papiloma Virus (HPV)

HPV atau virus papiloma manusia seringkali dikaitkan sebagai penyebab paling utama munculnya kanker bibir rahim. Tidak hanya itu, virus tersebut juga sering mengakibatkan kanker serviks dan kanker rahim yang resiko kematiannya juga cukup besar. Virus tersebut dapat ditularkan oleh pasangan saat sedang berhubungan intim. Karena itu baik Anda maupun pasangan harus sama-sama saling menjaga kebersihan organ kelamin dan hindari berganti-ganti pasangan agar tidak tertular virus tersebut.

2. Faktor Genetik

Hampir sama dengan penyakit kanker lainnya, kanker bibir rahim juga bisa muncul karena adanya faktor keturunan atau genetik. Setiap anak yang orangtuanya pernah mengidap kanker rahim atau bibir rahim, maka akan memiliki resiko dua kali lipat lebih besar untuk terkena penyakit yang sama. Resiko akan menjadi lebih parah bila anak tersebut tidak menjaga kebersihan organ intimnya dan selalu menjalani pola hidup yang tidak sehat. Untuk meminimalisir resiko tersebut, sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan, kenali gejalanya dan jalani pola hidup yang sehat.

3. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan juga tidak boleh diabaikan, karena sebagian besar penyakit kanker justru berasal dari faktor lingkungan seperti polusi dan udara yang tercemar. Selain itu asap rokok, radiasi cahaya matahari dan sistem sanitasi di lingkungan kita turut memberikan resiko yang cukup besar terhadap munculnya penyakit kanker bibir rahim. Sebaiknya, kita dan orang-orang di sekitar harus lebih peduli untuk menjaga kebersihan lingkungan untuk mendukung kehidupan yang lebih sehat.

4. Kebiasaan buruk

Merokok dan minum minuman beralkohol merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan resiko penyakit kanker. Apalagi asap rokok dapat meningkatkan munculnya kanker paru-paru. Kebiasaan buruk lainnya yaitu kebiasaan begadang sehingga tubuh kekurangan waktu istirahat dan memaksa seluruh organ tubuh bekerja di luar jam kerjanya. Jika kebiasaan buruk ini tidak segera dihentikan, maka tubuh akan rentan terkena penyakit termasuk kanker bibir rahim.

5. Makanan yang Tidak Sehat

Di zaman sekarang ini banyak sekali kita temui makanan cepat saji yang mengandung berbagai bahan kimia yang ternyata dapat memberikan efek buruk bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah penguat rasa seperti mecin, pewarna buatan, pemanis buatan, pengawet dan zat lainnya. Semua itu merupakan sumber karsinogen yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Sebaiknya olah sendiri makanan yang ingin dimakan. Selain dapat berkreasi, kita juga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Demikian penyebab kanker bibir rahim, semoga dengan mengetahui penyebabnya kita semua bisa lebih berhati-hati dan berusaha sebaik mungkin menghindari penyakit berbahaya tersebut. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

, ,
Post Date: Monday 23rd, October 2017 / 05:35 Oleh :
Kategori : Kanker Rahim