Menstruasi Tak Teratur Gejala Kanker Rahim, Benar atau Tidak ya?

Kanker rahim merupakan jenis kanker yang disebabkan oleh adanya perkembangan sel tumor yang menjadi ganas didalam rahim, yang kemudian berubah menjadi kanker. Menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi sebagian besar wanita, kanker rahim juga dapat menyebabkan perubahan-perubahan atau gejala-gejala yang akan dialami oleh penderita kanker rahim.

Sponsors Link

Salah satu gejala kanker rahim tersebut adalah haid tak teratur, namun mengapa haid tak teratur di kaitkan dengan gejala kanker rahim? Padahal memang setiap bulannya haid merupakan siklus yang akan dialami oleh setiap wanita. Dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai menstruasi tak teratur gejala kanker rahim, apa saja penjelasannya? Mari simak ulasan berikut ini.

Menstruasi dan Kanker Rahim

Salah satu gejala kanker rahim yang paling umum dialami oleh wanita adalah keluarnya darah dari vagina. Hal ini lah yang menyebabkan adanya hubungan antara siklus haid dengan kanker rahim. Namun sebenarnya yang disebut dengan darah keluar dari vagina sebagai gejala kanker rahim adalah ketika darah yang keluar tidak normal hingga melebihi ambang batas normal bagi wanita pada umumnya. Sedangkan haid merupakan siklus wajar dimana darah keluar dari vagina.

Haid sendiri merupakan suatu siklus keluarnya darah dari tubuh dimana disebabkan oleh adanya sel telur yang tidak dibuahi oleh sperma.  Sehingga sel telur tersebut akan menempel pada rahim, dan pada waktu tertentu akan keluar dalam bentuk darah haid yang biasanya akan dialami dalam rentang 1 hingga 7 hari dalam satu bulan. Walaupun tidak semua siklus haid terjadi selama 7 hari, karena ada pula beberapa kasus dimana siklus haidnya memang melebihi 7 hari tetapi masih dianggap normal.

Walaupun menjadi siklus rutin yang akan dialami oleh seorang wanita, tetapi kondisi ini justru yang sering menjadi hal yang perlu diperhatikan lebih. Terutama karena sering dikaitkan dengan gejala-gejala dari penyakit-penyakit didalam tubuh, seperti kondisi haid yang tidak teratur. Kondisi haid yang tidak teratur memang sering dikaitkan dengan beberapa kondisi didalam tubuh, seperti karena pengaruh stress yang berlebih, pengaruh hormon, penggunaan obat maupun pil KB, faktor kelelahan, dan lain sebagainya. Tidak Tertinggal juga kondisi haid yang tidak teratur juga sering dikaitkan dengan adanya gangguan pada rahim, seperti beberapa contoh berikut ini:

  • Polip

Polip merupakan suatu benjolan kecil yang biasa muncul di bagian atau organ-organ tertentu, dan pada kasus haid tidak teratur biasanya polip tumbuh di area rahim. Mengapa demikian? Karena saat polip mulai muncul maka akan mengganggu rahim dan mempengaruhi proses haid, seperti membuat volume darah haid menjadi lebih banyak. Namun kondisi ini lebih sering dialami oleh para wanita yang telah menikah.

  • Kista

Salah satu yang juga sering menyerang rahim adalah kista yang mengganggu fungsi dari rahim itu sendiri. Terlebih lagi, kista juga dapat menurunkan kesuburan wanita, serta dapat juga mengganggu siklus haid menjadi lebih tidak teratur dan menimbulkan rasa nyeri. Kondisi seperti ini juga perlu penanganan yang cepat dan dini, karena kista juga merupakan jenis tumor jinak. Oleh sebab itu, haid yang tidak teratur juga dapat menjadi salah satu tanda-tanda kanker rahim dan kista.

  • Polycystic Ovaries (PCO)

PCO merupakan penyakit yang menyebabkan penurunan kesuburan pada wanita, dimana rahim menjadi sulit menjalankan fungsinya sehingga sulit pula untuk dibuahi. Selain itu, penderita juga akan mengalami siklus haid yang tidak teratur, dan bahkan juga dapat menyebabkan volume darah yang keluar menjadi sedikit. Namun kondisi ini tidak menutup kemungkinan wanita untuk mengalami pendarahan.

  • Kanker Rahim

Haid tak teratur memang paling umum dikaitkan dengan tanda-tanda kanker rahim, dimana sel-sel kanker pada rahim terus berkembang dan menggerogoti rahim itu sendiri. Selain menyebabkan perubahan pada siklus haid, tetapi juga dapat menyebabkan volume darah meningkat hingga menimbulkan rasa nyeri.

Itulah beberapa kondisi dari haid yang tidak teratur jika dikaitkan dengan kondisi rahim. Lalu bagaimana dengan haid tak teratur sebagai salah satu gejala kanker rahim? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Mestruasi Sebagai Gejala Kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa memang adanya kondisi haid yang tidak teratur dapat mengindikasikan adanya potensi kanker rahim. Namun tidak perlu khawatir karena tidak semua haid tidak teratur merupakan suatu gejala dari kanker rahim. Dimana yang lebih dimaksudkan sebagai haid tidak teratur sebagai salah satu gejala dari kanker rahim adalah ketika terjadi perubahan yang signifikan dalam siklus haid, volume, maupun kondisi yang dirasakan.

Perubahan tersebut disebabkan karena kondisi rahim yang telah rusak akibat sel-sel kanker yang terus berkembang. Beberapa diantaranya seperti siklus haid yang tiba-tiba berubah dan tidak teratur, volume darah yang keluar melebihi batas normal pada umumnya dan lebih lama, dan juga timbulnya rasa sakit pada perut bagian bawah. Jika anda mengalami hal-hal tersebut saat siklus haid anda maka anda baru boleh merasa khawatir dan disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih dini. Sehingga jika memang benar kanker rahim maka dapat dilakukan penanganan dengan cepat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Rahim

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.