Tahapan Masa Inkubasi Kanker Rahim Hingga Stadium Akhir

Kanker Rahim merupakan salah satu jenis kanker yang umumnya diderita oleh kaum wanita. Kanker yang satu ini juga termasuk ke dalam kanker yang paling mematikan di Indonesia bahkan dunia. Umumnya penderita tidak akan merasakan langsung apakah dia terkena penyakit kanker rahim atau tidak. untuk lebih tahu mengetahuinya, berikut adalah tahapan-tahapan Masa Inkubasi Kanker Rahim yang sering terjadi.

Sponsors Link

1. Stadium 0

Bagian pertama Masa Inkubasi Kanker Rahim adalah tanda awal kanker rahim. Pada tahapan ini, sel kanker hanya terdapat di daerha permukaan terluar leher rahim. Pada tahapan ini, sel kanker masih belum menyerang bagian-bagian penting seperti jaringan serviks yang terlampau dalam. Maka dari itu, pada tahapan ini, penderita tidak akan merasakan apapun.

2. Stadium I

Pada tahapan stadium 1 ini, sel kanker mulai menyerang bagian yang cukup dalam. Khususnya pada bagian serviks. Akan tetapi, sel kanker pada stadium 1 ini belum menyebar ke bagian kelenjar getah bening yang berada di dekatnya atau menyerang beberapa organ lainnya yang cukup dekat. Pada stadium 1 ini masih dibagi lagi menjadi beberapa tahapan seperti berikut ini.

  • Stadium IA

Pada tahapan ini, sel-sel kanker yang jumlahnya kecil mulai menyerang bagian rahim. Untuk dapat melihat penyebaran sel kanker ini hanya dapat dilakukan melalui mikroskop. Bagian stadium IA ini dibagi lagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah Stadium IA1. Pada bagian ini, sel kanker sudah menyerang bagian jaringan rahim pada kedalaman <3 mm dan memiliki lebar < 7 mm.

Sedangkan bagian kedua adalah jenis Stadium IA2. Pada bagian ini sel kanker sudah berada di jaringan rahim yang kedalamannya mencapai 3 sampai 5 mm dengan lebar sekitar <7mm.

  • Stadium IB

Pada tahapan stadium IB, sel kanker di bagian ini bisa kita lihat penyebarannya tanpa harus melalui mikroskop. Secara ukuran pun, jenis kanker pada tahapan ini sudah membesar. Akan tetapi, penyebarannya masih di sekitar jaringan rahim saja. sama halnya dengan Stadium IA, pada tahapan Stadium IB ini memiliki dua jenis. Jenis yang pertama adalah Stadium IB1,jenis kanker yang satu ini bisa dilihat dengan  mata telanjang karena  memiliki ukuran sekitar lebih kurang 4 cm.

Bagian kedua adalah Stadium IB2 yang memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari 4 cm. Dengan ukuran yang cukup besar tersebut, memang tidaklah mengherankan jika kita dapat melihatnya secara langsung.

3. Stadium II

Tahapan selanjutnya adalah stadium II. Pada tahapan ini kanker telah keluar dari jaringan rahim serta jaringan serviks. Namun pada Stadium II, penyebarannya belum mencapai dinding panggul atau pada bagian bawah vagina. Sel kanker pada Stadium II ini juga masih belum menyebar ke bagian kelenjar getah bening terdekat atau pada bagian tubuh yang lebih jauh. Jenis Stadium II ini juga memiliki dua jenis yakni Stadium IIA dan  Stadium IIB.

Sponsors Link

  • Stadium IIA

Di bagian kanker belum menyebar kebagian jaringan yang aling dekat seperti jaringan serviks. Meskipun begitu, kanker ini bisa saja menyerang ke bagian atas vagina meski tidak secara keseluruhan. Stadium ini pun dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Bagian pertama adalah jenis Stadium IIA1. Pada bagian ini, kanker dapat dilihat, akan tetapi ukurannya tidak sebesar 4 cm. Bagian kedua adalah Stadium IIA2, pada jenis  ini ukuran kanker jauh lebih besar dari 4 cm. Sehingga pada jenis ini, kita dapat melihatnya secara langsung.

  • Stadium IIB

Pada Stadium IIB, jaringan kanker sudah menyebar ke bagianrahim dan juga bagian serviks. Bahkan, pada jenis Stadium IIB ini, sel kanker sudah menyebar ke bagian diinding panggul atau bagian bawah sekitar vagina.

4. Stadium III

Jenis kanker pada bagian stadium III ini sudah menghalangi bagian saluran kencing. Akan tetapi, masih belum menyerang kelenjar getah bening di bagian terdekat atau bagian tubuh yang terjauh. Sama halnya dengan beberapa poin sebelumnya bahwa jenis Stadium III ini dibagi lagi menjadi dua.

Sponsors Link

  • Stadium IIIA

Pada bagian stadium IIIA kanker sudah menyebar ke bagian sepertiga bawah vagina. Meskipun begitu, kanker ini belum mencapai dinding panggul.

  • Stadium IIIB

Pada bagian stadium IIIB ini, ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Kemungkinan yang pertama kanker sudah mencapai bagian dinding panggul atau sudah menghalangi beberapa saluran kencing. Hal tersebut yang nantinya menjadi penyebab masalah ginjal pada tubuh.

Kemungkinan yang kedua adalah kanker sudah menyebar ke bagian kelenjar getah bening yang berada di sekitar panggul. Pada jenis stadium IIIB ini, ukuran kanker sudah membesar serta sudah menyebar ke bagian bawah vagina atau pada bagian dinding panggul.

5. Stadium IV

Tahapan yang terakhir adalah stadium IV. Pada bagian ini kanker sudah menyerang ke bagian tubuh lain yang terdekat dengan bagian rahim. Bahkan pada tahapan ini, sel kanker sudah menyerang bagian tubuh yang lebih jauh lagi. Anda bisa pelajari ciri-ciri kanker rahim stadium 4 di berbagai sumber.

Itulah tahapan masa inkubasi kanker rahim yang perlu diketahui. Untuk lebih jelasnya lagi, Anda bisa konsultasikan ke dokter apabila Anda mengalami beberapa gejala kanker rahim stadium awal. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Rahim

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.