15 Makanan Penyebab Kanker Rahim pada Wanita

Bagi seorang wanita, keberadaan kanker rahim dalam tubuhnya merupakan sebuah kenyataan yang sangat berat, karena kanker rahim sangat berbahaya. Bukan hanya dapat menurunkan kesempatan untuk hamil namun juga mengancam nyawa orang yang mengalaminya. Kanker rahim termasuk jenis kanker yang sering menyerang kaum wanita di samping kanker payudara dan kanker serviks. Tentunya, sama seperti kanker serviks pada wanita, penyebab kanker rahim juga umumnya disebabkan oleh faktor makanan. Ya, belakangan ini makanan memang mengandung banyak bahan kimia sehingga bersifat karsinogen bagi tubuh. Zat tersebut dapat memicu munculnya sel kanker dalam tubuh termasuk di dalam rahim. Lalu apa saja makanan penyebab kanker rahim tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Sponsors Link

1. Mie Instan

Siapa pun pasti setuju dengan rasa mie instan yang sangat enak di lidah, namun siapa sangka makanan tersebut justru sangat tinggi pengawet, penguat rasa dan bahan kimia lainnya sehingga dapat memicu munculnya kanker rahim. Setidaknya, jika ingin mengkonsumsi mie instan paling banyak boleh 4 kali dalam sebulan.

2. Donat

Mungkin banyak yang tidak menyangka bahwa kebiasaan mengkonsumsi donat dapat menyebabkan resiko munculnya kanker rahim pada seorang wanita. Kandungan tepung, gula dan minyak untuk menggorengnya sangat tidak bagus jika dikonsumsi berlebihan karena dapat memicu terjadinya mutasi genetik.

3. Kentang Goreng

Tidak hanya donat, kentang goreng pun masuk dalam daftar makanan yang menyebabkan kanker rahim. Selain karena kebanyakan kentang goreng yang dijual ditambahkan bumbu penyedap, minyak yang digunakan untuk menggoreng tidak bagus lagi karena sudah dipakai berulang kali.

4. Aneka Daging Olahan

Belakangan ini memang banyak sekali produk daging olahan yang instan dan siap disantap kapan saja. Rasanya memang cukup enak, namun dampaknya bagi kesehatan cukup buruk hingga dapat memicu munculnya sel kanker di dalam tubuh. Kornet, sosis dan nugget biasanya mengandung banyak nitrit untuk memberikan efek merah segar pada daging olahan tersebut.

5. Makanan yang Dibakar

Segala sesuatu jenis makanan yang dibakar sebaiknya dihindari karena mengandung zat karsinogen pemicu penyakit kanker. Tampilan hitam dan gosong pada makanan yang dibakar justru menyebabkan mutasi genetik dan meningkatkan resiko kanker rahim menjadi lebih besar. Selain itu makanan yang dipanggang biasanya pada bagian dalam kurang matang sehingga bakteri di dalamnya tidak mati secara keseluruhan.

6. Makanan Ringan

Makanan ringan seperti snack dan ciki sangat digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa karena rasanya yang sangat lezat. Namun di balik rasanya tersebut, terdapat kandungan mononatrium atau monosodium glutamat atau disebut juga MSG. MSG sangat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan karena dapat menyebabkan peradangan dan memicu terbentuknya sel kanker.

7. Keripik Kentang

Keripik kentang juga biasanya diolah dengan menggunakan minyak goreng yang telah dipakai berulang kali sehingga kandungan kolesterolnya sangat tinggi. Selain itu tidak jarang keripik kentang juga diberikan banyak bumbu penyedap sehingg sangat berbahaya jika dimakan setiap hari.

8. Makanan Olahan Tepung

Berbagai jenis makanan yang berbahan dasar tepung juga sebaiknya dihindari. Hal ini dikarenakan tepung mengandung gula yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Kondisi ini akan memicu munculnya sel kanker karena berlebihnya kadar gula dalam tubuh.

9. Hasil Pertanian yang Tercemar Pestisida

Hasil pertanian yang kita konsumsi setiap hari seperti buah dan sayur rata-rata menggunakan pestisida untuk menyingkirkan hama. Jika penggunaan pestisida cukup banyak bukan tidak mungkin bahan berbahaya tersebut justru ikut mencemari buah dan sayur sehingga jika kita memakannya maka akan keracunan pestisida dan rentan terkena kanker.

10. Makanan Kaleng

Makanan kaleng dapat bertahan lama dan rasanya nikmat karena banyak sekali pengawet dan penambah rasa buatan yang dicampurkan ke dalamnya. Karena itu makanan kaleng pun sangat berbahaya dan dapat menyebabkan munculnya kanker rahim.

11. Minuman Bersoda

Selain makanan kaleng minuman kaleng dan bersoda juga biasanya mengandung banyak gula dan pengawet. Bahan-bahan tersebut dapat memicu terjadinya perubahan materi genetik sehingga beresiko tinggi memicu terjadinya kanker rahim.

12. Gorengan

Tidak dapat dipungkiri jika gorengan dapat memicu kanker muncul dalam tubuh. Selain melibatkan banyak tepung dalam bahan pembuatannya, minyak yang dipakai untuk menggoreng sudah jenuh sehingga tinggi kolestrol yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

13. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau fastfood sering juga disebut junkfood, artinya makanan tersebut dikategorikan makanan tidak sehat karena mengandung banyak senyawa berbahaya. Makanan seperti ayam goreng tepung, burger dan yang lainnya sebaiknya dihindari demi menjaga kesehatan.

Sponsors Link

14. Daging dan Ayam Potong

Kebanyakan daging dan ayam potong diternak dengan sangat cepat karena adanya senyawa kimia yang disuntikkan untuk memacu hewan ternak tersebut lebih cepat besar. Tentu saja itu sangat berbahaya bagi kesehatan karena senyawa kimia tersebut dapat memicu terjadinya mutasi genetik penyebab kanker.

15. Makanan Tinggi Lemak

Berbagai jenis makanan yang mengandung banyak lemak tentu tidak baik dikonsumsi karena banyak mengandung sumber bibit penyakit. Terlebih kandungan kolesterolnya dapat memicu berbagai gangguan kesehatan termasuk kanker rahim.

Nah, itulah makanan penyebab kanker rahim yang sebaiknya dihindari. Sebaliknya perbanyak konsumsi makanan pencegah kanker rahim agar tubuh selalu sehat.

, , ,