Benarkah Haid Tak Teratur Menjadi Gejala Adanya Kanker Rahim?

Para wanita sangat rentan mengalami kanker rahim sehingga penyakit ini begitu ditakuti, apalagi para penderitanya hanya sedikit yang mampu bertahan hidup lebih lama. Sebagai salah satu jenis kanker yang cukup berbahaya, kanker rahim tentu sangat diwaspadai dan kerap dihubung-hubungkan dengan siklus haid yang tidak teratur. Benarkah haid yang tidak lancar menjadi gejala adanya kanker rahim? Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentu kita perlu memahami beberapa penjelasan berikut ini.

Sponsors Link

Siklus Haid yang Normal

Wanita yang telah memasuki usia pubertas tentu akan mengalami siklus haid setiap bulannya. Peristiwa ini terjadi sebagai akibat dari luruhnya dinding rahim karena tidak dibuahi setelah proses ovulasi. Menstruasi merupakan kejadian yang alami, dan normalnya terjadi dalam 21-35 hari dalam sekali siklus.Sedangkan lamanya haid bervariasi pada setiap wanita, dan umumnya berkisar dari 5-7 hari. Volume darah haid yang normal tidak pernah keluar melebihi 80 ml. Jadi jika seorang wanita haid tidak teratur dan volume darah sangat banyak, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter karena hal tersebut menandakan ada masalah dengan kondisi rahim.

Siklus Haid Tak Teratur Gejala Kanker Rahim, Benarkah?

Sebenarnya ada banyak penyebab yang membuat siklus haid seorang wanita menjadi tidak lancar. Beberapa penyebab di antaranya stres yang berlebihan, pengaruh obat-obatan yang mengandung hormon, penggunaan kb pil dan suntik, kelelahan serta adanya gangguan yang terdapat di dalam rahim. Untuk faktor yang disebabkan gangguan pada rahim, terbagi lagi dalam beberapa penyebab seperti berikut.

1. Adanya Polip

Polip merupakan benjolan kecil yang muncul pada suatu organ tertentu, dan dalam kasus ini polip muncul pada area rahim. Adanya polip membuat rahim mengalami gangguan sehingga mempengaruhi proses menstruasi. Meskipun polip tidak mengganggu siklusnya, namun biasanya polip membuat volume darah haid yang keluar jauh lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita yang sudah menikah.

2. Kista di Rahim

Rahim juga sering ditumbuhi kista, sejenis tumor jinak namun cukup mengganggu fungsi rahim. Bahkan kista juga dapat menurunkan kesuburan dan membuat siklus haid menjadi tidak teratur. Biasanya kista folikel juga memberikan rasa nyeri yang hebat saat menstruasi berlangsung, jauh berbeda dari biasanya. Jadi jika ini terjadi pada Anda sebaiknya periksakan ke rumah sakit untuk memastikan kondisi kesehatan rahim.

3. Terjadi Polycystic Ovaries (PCO)

Polycystic ovaries merupakan penyakit yang menurunkan kesuburan seorang wanita. Rahim mengalami penurunan fungsi sehingga sulit untuk dibuahi. Kondisi ini juga membuat penderitanya mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar, bahkan sering terlambat dengan volume darah yang sangat sedikit. Namun adakalanya pendarahan juga mungkin terjadi pada wanita yang mengalami kondisi ini.

4. Kanker Rahim

Penyebab paling umum siklus haid yang tidak lancar biasanya adalah adanya kanker di dalam rahim yang terus berkembang menggerogoti rahim. Karena adanya aktivitas sel kanker yang mulai merusak rahim, tentu haid pun menjadi tidak teratur, dan volume darah haid yang keluar sangat banyak. Tak jarang pula disertai rasa sakit yang sering terjadi pada bagian perut bawah. Meskipun begitu, kanker rahim bukanlah satu-satunya penyebab ketidakteraturan siklus haid seorang wanita.

Siklus Haid Tak Teratur Tidak Selalu Menjadi Gejala Kanker Rahim

Dengan melihat penjelasan di atas, jelaslah bahwa siklus haid yang tidak teratur bisa menjadi salah satu gejala adanya kanker pada rahim. Namun hal tersebut bukan menjadi satu-satunya gejala, karena ada banyak kondisi lainnya yang bisa dikatakan sebagai gejala kanker rahim yang menakutkan. Perlu pemeriksaan secara mendetail terutama melalui tes papsmear untuk memastikan adanya kanker rahim pada seorang wanita.

, ,