5 Gejala Kanker Mulut Rahim yang Paling Sering Terjadi

Kanker mulut rahim terjadi pada daerah mulut rahim, dan kasus penyakit ini cukup banyak terjadi di Indonesia. Rahim sebagai bagian dari organ reproduksi wanita terdiri dari 3 bagian yaitu mulut rahim, leher rahim dan badan rahim. Pada mulut rahim yang lebih dekat dengan lingkungan luar, tentu akan mudah terinfeksi bakteri, jamur, virus maupun partikel patogen yang dapat menyebabkan infeksi dan berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang dianggap cukup serius adalah kanker mulut rahim. Jika kanker serviks terjadi di leher rahim dan kanker rahim terjadi di badan rahim, maka kanker mulut rahim terjadi pada pintu masuk menuju rahim yang sangat dekat dengan vagina.

Sponsors Link

Jenis kanker satu ini biasanya muncul karena HPV atau human papiloma virus yang menular lewat hubungan seksual. Kanker mulut rahim stadium 1 biasanya tidak terdeteksi dan jarang dirasakan gejalanya oleh si penderita. Namun baru mulai dirasakan saat kanker telah menjadi parah dan menyebar luar ke jaringan lain. Untuk penyebab kanker bibir rahim atau mulut rahim sendiri bisa karena faktor dari dalam tubuh, dan bisa juga karena beberapa faktor dari luar tubuh. Adapun gejala kanker mulut rahim bisa ditunjukkan dengan beberapa hal berikut ini.

Gejala Kanker Mulut Rahim

1. Pendarahan yang Tidak Normal

Adanya sel kanker yang berkembang di mulut rahim ini dapat mengakibatkan luka dan infeksi yang menyebabkan keluarnya darah. Pendarahan yang muncul mungkin dianggap sebagai darah menstruasi biasa, padahal darah tersebut berasal dari bibir rahim yang terluka. Pendarahan bisa terjadi pada saat menstruasi ataupun tidak, karena itu Anda sebagai wanita harus lebih jeli dan teliti dalam menghadapi perubahan yang terjadi pada organ reproduksi Anda.

2. Nyeri Saat Berhubungan

Mulut rahim yang dekat dengan vagina tentu saja akan terasa sakit jika berhubungan, karena sel kanker yang terus berkembang membuat sel sehat pada organ tersebut menjadi rusak. Tekanan dan gesekan akan membuat mulut rahim semakin terluka hingga menimbulkan peradangan dan muncul rasa nyeri yang tidak tertahankan. Kondisi ini seharusnya perlu mendapat penanganan secepat mungkin agar dapat segera disembuhkan sebelum semakin bertambah parah.

3. Keputihan yang Abnormal

Wanita memang wajar mengalami keputihan, terutama setelah masa menstruasi berakhir. Namun akan menjadi masalah jika keputihan yang terjadi melebihi batas normal, keluarnya berlebih disertai perubahan warna dan bau yang menyengat. Keputihan menandakan ada yang tidak beres dengan organ reproduksi, karena itu jangan sepelekan keputihan dan segera periksakan diri jika itu terjadi pada Anda.

4. Siklus Haid Tidak Teratur

Salah satu gejala lainnya yang sangat kuat menggambarkan adanya kanker mulut rahim adalah sikulus haid yang menjadi tidak teratur, kadang lebih cepat, lebih lambat bahkan tidak keluar selama berbulan-bulan. Tentunya kondisi ini tidak boleh disepelekan, jadi ketika memang terdeteksi adanya masalah di mulut rahim, semuanya bisa dideteksi lebih awal saat kita memeriksakannya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

5. Nyeri Panggul dan Pinggang

Mungkin letak mulut rahim tidak berdekatan dengan pinggul dan pinggang, namun kanker mulut rahim bisa menimbulkan gejala seperti nyeri pada pinggul dan pinggang yang berlangsung cukup lama. Hal ini disebabkan sel kanker telah menyebar dan mengganggu organ atau jarigan di sekitar rahim sehingga menciptakan rasa nyeri yang tak tertahankan.

Itulah gejala kanker mulut rahim yang bisa diwaspadai dan diketahui sejak dini. Jika kita bisa tanggap dengan perubahan tubuh yang ada maka penyakit tersebut sebenarnya masih dapat disembuhkan dengan peluang kesembuhan yang cukup besar.

, , , ,