7 Ciri Penderita Kanker Rahim pada Wanita Yang Harus Diwaspadai

Sebagian besar kanker rahim berkembang dari sel di endometrium. Endometrium adalah lapisan dalam rahim (uterus) dan kanker ini disebut kanker endometrium. Kanker berkembang dari sel-sel otot di miometrium (sarkoma uterus) jarang dan tidak dibahas lebih lanjut dalam leaflet ini. Kanker serviks sangat berbeda dengan kanker rahim dan ditangani dalam selebaran terpisah yang disebut Kanker Serviks seperti penyebab kanker leher rahim.

Sponsors Link

Setiap tahun sekitar 9.000 wanita mengembangkan kanker di lapisan dalam rahim, yang dikenal sebagai kanker endometrium. Ini adalah kanker paling umum keempat pada wanita di  Dunia. Kebanyakan kasus berkembang pada wanita yang lebih tua di atas usia 50 tahun. Ini jarang terjadi pada wanita di bawah usia 50 tahun. Kisaran usia puncak untuk mengembangkan kanker endometrium adalah antara usia 75 dan 79 tahun seperti ciri kanker rahim stadium 4.

Jenis dan tingkat kanker Rahim

Sebagian besar kasus kanker rahim disebut adenokarsinoma endometrioid. Ini timbul dari sel-sel yang membentuk jaringan kelenjar di lapisan endometrium Anda. Sampel dari jaringan kanker dapat dilihat di bawah mikroskop. Dengan melihat fitur-fitur tertentu dari sel-sel kanker dapat dinilai.

  • Grade 1 : adalah kelas rendah. Sel-sel terlihat cukup mirip dengan sel-sel endometrium normal. Sel-sel kanker dikatakan terdiferensiasi dengan baik. Sel-sel kanker cenderung tumbuh dan berkembang biak dengan cukup lambat dan tidak begitu agresif.
  • Grade 2 : adalah kelas menengah.
  • Grade 3 : sel-sel terlihat sangat tidak normal dan dikatakan kurang terdiferensiasi dengan baik. Sel-sel kanker cenderung tumbuh dan berkembang biak dengan cepat dan lebih agresif.
    Tingkat kanker berbeda dengan stadium, yang dijelaskan lebih lanjut di bagian pandangan (prognosis) di bawah ini.

Ada juga beberapa jenis kanker rahim yang lebih langka.

Apa Saja Ciri Penderita  Kanker Rahim?

Beberapa wanita dengan kanker rahim tidak memiliki gejala sampai penyakit tersebut telah menyebar ke organ lain. Tetapi kanker endometrium biasanya didiagnosis dengan munculnya gejala  seperti pendarahan vagina saat kanker mulai tumbuh. ciri penderita kanker rahim paling mungkin adalah:

  1. Perdarahan vagina abnormal atau keluarnya cairan, yang terjadi pada sembilan dari 10 wanita dengan kanker endometrium. Sebelum menopause , ini berarti periode menstruasi tidak teratur yang sangat berat atau pendarahan di antara periode menstruasi. Setelah seorang wanita memasuki masa menopause , ini berarti pendarahan vagina, kecuali dia sedang menjalani terapi penggantian hormon (HRT). Meskipun HRT dapat menyebabkan perdarahan vagina pada wanita pascamenopause, episode pertama perdarahan semacam itu harus diperiksa oleh dokter untuk memastikan bahwa itu bukan karena kanker endometrium. Namun, hanya 15% wanita dengan perdarahan postmenopause yang akan mengalami kanker endometrium seperti ciri kanker rahim stadium awal.
  2. Keputihan yang dapat berkisar dari merah muda dan berair ke tebal, coklat, dan berbau busuk.
  3. Kencing yang sulit atau menyakitkan.
  4. Sebuah rahim yang membesar, terdeteksi selama pemeriksaan panggul.
  5. Nyeri saat berhubungan seksual.
  6. Penurunan berat badan tak terduga.
  7. Kelemahan dan nyeri di perut bagian bawah , punggung, atau kaki. Ini terjadi ketika kanker telah menyebar ke organ lain.

Cara Untuk mengkonfirmasi diagnosis kanker rahim

Seorang dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan vagina jika Anda memiliki gejala yang mungkin karena kanker pada lapisan dalam rahim (rahim) -yang dikenal sebagai kanker endometrium. Dia mungkin merasakan rahim yang membesar. Kemungkinan Anda akan perlu memiliki tes lebih lanjut untuk mengkonfirmasi diagnosis – biasanya salah satu dari yang berikut:

  • Pemindaian ultrasound dari rahim Anda. Ini biasanya tes pertama yang dilakukan. Pemindaian ultrasound adalah tes yang aman dan tanpa rasa sakit yang menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar organ dan struktur di dalam tubuh Anda. Ini paling sering digunakan pada wanita hamil. Probe pemindai dapat ditempatkan pada perut Anda (perut) untuk memindai uterus. Terkadang probe kecil juga ditempatkan di dalam vagina Anda untuk memindai rahim Anda dari sudut ini.
  • Pengambilan sampel endometrium. Dalam prosedur ini, tabung tipis dilewatkan ke rahim Anda. Dengan menggunakan hisap yang sangat lembut, sampel kecil endometrium Anda sering dapat diperoleh. Ini dilakukan di klinik rawat jalan, tanpa obat bius. Sampel (biopsi) dilihat di bawah mikroskop untuk mencari sel-sel kanker abnormal.
  • Histeroskopi. Dalam prosedur ini, dokter menggunakan histeroskop, yaitu teleskop tipis yang melewati leher rahim Anda (leher rahim) ke dalam rahim Anda. Dokter dapat melihat lapisan rahim Anda dan mengambil sampel dari area yang tampak abnormal. Ini juga bisa dilakukan tanpa obat bius.
Sponsors Link

Pilihan pengobatan kanker rahim

Pembedahan adalah pengobatan utama untuk kanker lapisan dalam rahim (rahim) yang dikenal sebagai kanker endometrium. Radioterapi atau kemoterapi juga digunakan dalam beberapa keadaan. Perawatan yang disarankan untuk setiap kasus tergantung pada berbagai faktor seperti stadium kanker seberapa besar kankernya dan apakah ia telah menyebar dan kesehatan Anda secara umum.

Hubungi Dokter Anda Tentang Kanker rahim Jika:

Anda mengalami pendarahan atau keluarnya cairan vagina yang abnormal. Perdarahan abnormal, meskipun kadang-kadang gejala menopause, harus segera dibawa ke perhatian dokter Anda. Kanker endometrium biasanya tidak terjadi sebelum menopause, tetapi dapat muncul sekitar waktu menopause dimulai dan selama transisi menopause.

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Rahim