6 Ciri Penderita Kanker Rahim Paling Sering Terjadi

Kanker rahim yang juga dikenal dengan istilah kanker uterus adalah sejenis tumor ganas yang berasal dari pertumbuhan sel kanker yang ada di bagian lapisan rahim. Biasanya kanker jenis ini diderita oleh wanita dengan rentang usia diatas 50 tahun dan sudah melewati masa menopause. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kanker rahim juga diderita oleh wanita usia muda.

Sponsors Link

Faktor risiko terserang kanker rahim pada seorang wanita baru bisa diketahui setelah 5-10 tahun pertumbuhan sel kanker di dalam rahim, sehingga banyak wanita yang baru mengetahui perkembangan tumor ganas tersebut saat memasuki stadium lanjut. Beberapa wanita dengan risiko terserang kanker rahim lebih tinggi ada pada kategori berikut:

  • Wanita yang belum pernah memiliki keturunan
  • Wanita dengan usia 50 tahun dan sudah menopause
  • Wanita yang pernah mengidap penyakit ovarium polikista, obesitas,, hipertensi dan diabetes.
  • Wanita dengan kegemaran mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung karsinogen tinggi.

Bahaya kanker rahim hanya bisa dideteksi saat stadium sudah memasuki babak baru, artinya stadium kanker sudah lanjut dan diperlukan penanganan serius dari tim medis. Akan tetapi, beberapa ciri penderita kanker rahim bisa diamati secara fisik yang akan membantu mengatasi bahaya kanker rahim dan dilakukan tindakan pemeriksaan selanjutnya bila ternyata memang ditemukan ciri-ciri sebagai berikut.

1.Sakit Saat Berhubungan Intim

Ciri yang bisa diamati untuk memastikan penderita mengalami kanker adalah saat berhubungan intim, bagian vagina atau sekitarnya terasa nyeri. Rasa sakit tersebut tidak hanya terjadi setelah berhubungan, namun juga saat hubungan intim tengah berlangsung. Jika hal ini terjadi, maka tindakan yang tepat adalah segera berkonsultasi pada dokter, terutama bila kondisi berlangsung cukup lama.

2. Berat Badan Turun Signifikan

Berat badan yang turun secara drastis merupakan petanda adanya sesuatu yang tidak normal di dalam tubuh. Anda pun wajib waspada jika ternyata berat badan anda turun secara siginifikan sedangkan tubuh tidak dalam kondisi sakit. Hal ini kemungkinan bisa diakibatkan oleh rasa nyeri yang tidak bisa ditahan dan membuat anda kehilangan selera makan sehingga berat badan menjadi turun.

3. Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Tidak hanya berat badan yang mengalami penurunan sangat drastis, imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang dimiliki juga akan melemah dengan sendirinya. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aktifitas dari virus HPV yang sudah tumbuh dan bersarang di dalam tubuh. Inilah yang kemudian menyebabkan tubuh rentan terhadap serangan penyakit lainnya. Kelemahan imunitas juga menjadi salah satu tanda awal kanker rahim yang bisa diketahui dengan cepat.

4. Adanya Benjolan

Benjolan merupakan salah satu tanda utama untuk bisa didiagnosa sebagai penyakit cukup serius yang menyerang tubuh. Satu diantaranya adalah penyakit kanker yang semakin ditunjukan dengan adanya benjolan di beberapa bagian tubuh tertentu. Untuk penyakit kanker rahim, biasanya benjolan akan ditemukan pada perut bagian bawah. Hal ini membutuhkan pengamatan yang tidak hanya dilakukan sendiri tetapi juga dilakukan oleh tim medis.

5. Sakit Panggul

Rasa sakit pada bagian panggul merupakan ciri yang bisa diamati oleh penderita kanker rahim. Selain rasa nyeri saat buang air kecil, nyeri hebat pada bagian panggul adalah gejala awal kanker rahim yang paling banyak dijumpai saat stadium kanker masih berada di masa awal.

Sponsors Link

6. Siklus Haid Abnormal

Berhati-hatilah jika anda termasuk wanita dengan siklus haid tidak normal. Salah satu ciri penderita kanker rahim adalah ketika seorang wanita memiliki siklus menstruasi tidak normal setiap bulannya. Sebaiknya, periksakan diri secara berkala pada rentang waktu tertentu untuk memastikan bahwa  di dalam tubuh sedang tidak berkembang atau berisiko tumbuh sel kanker. Oleh sebab itu, perlu mengetahui bahwa haid tidak teratur termasuk gejala kanker rahim.

Selain beberapa ciri diatas yang bisa diamati dari penderita kanker, ada juga faktor lain seperti perubahan kondisi cairan vagina, vagina terasa gatal, dan rasa tidak nyaman di bagian intim tersebut. Kanker rahim yang terlambat dideteksi pada saat stadium lanjut bisa berisiko pada kematian .dengan demikian, penting segera dilakukan penanganan untuk mengatasi kanker rahim seperti tindakan kemoterapi, radioterapi atau tindakan lainnya yang memungkinkan agar sel kanker bisa dideteksi sejak dini. Sekian artikel seputar ciri penderita kanker rahim yang bisa kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca!

, , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Rahim

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Info Dokter

Apa kanker paling bahaya ? Mengapa ? Yuks simak penjelasan dokter spesialis Kulit dan Kelamin dari RSPAD Gatot Soebroto, jangan lupa subscribe untuk penjelasan dokter lainnya.