11 Ciri Kanker Rahim Stadium 4 yang Jarang Diketahui

Sebagai salah satu kanker yang paling ditakuti wanita, kanker rahim termasuk jenis kanker yang sangat berbahaya. Gejala kanker rahim stadium awal umumnya tidak begitu dirasakan sehingga seringkali penyakit ini terdeteksi di stadium lanjut dan kondisi penderitanya sudah menjadi lebih parah. Itulah mengapa penderita kanker rahim seringkali tidak dapat disembuhkan karena terlambat mendapat pengobatan. Biasanya kanker terdeteksi saat muncul gejala kanker rahim stadium 2 dimana perkembangan sel kanker sudah lebih luas bahkan terkadang menyebar ke jaringan di sekitarnya. Berbanding dengan ciri-ciri kanker rahim stadium awal, ciri kanker rahim stadium 4 justru sudah sangat parah bahkan harapan sembuh sudah sangat kecil. Adapun ciri penderita kanker rahim stadium 4 berikut ini sangat penting untuk diketahui.

Sponsors Link

1. Tubuh Menjadi Kurus

Aktivitas sel kanker rahim stadium 4 biasanya sudah menyebar ke seluruh tubuh dan mengganggu fungsi organ pencernaan sehingga proses penyerapan nutrisi pun ikut terganggu. Akibatnya penderita kanker rahim di stadium akhir umumnya memiliki tubuh yang sangat kurus akibat kekurangan nutrisi sehingga mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis.

2. Merasa Sangat Lelah

Saat telah memasuki stadium 4, kanker rahim membuat daya tahan tubuh semakin menurun dan tubuh selalu merasa sangat lelah meski tidak melakukan aktivitas yang berat. Hal ini terjadi karena sel kanker menyerap nutrisi tubuh sehingga tubuh kekurangan sumber tenaga dan akhirnya tubuh tidak mampu beraktivitas dengan normal.

3. Pendarahan yang Hebat

Suatu hal yang normal bagi seorang wanita dewasa mengeluarkan darah ketika masa menstruasi tiba, namun lain halnya jika terjadi pendarahan atau keluarnya darah dari vagina meski tidak sedang haid. Bahkan pendarahan dapat terjadi saat wanita tersebut sudah menopause dengan volume darah yang dikeluarkan cukup banyak sehingga penderitanya akan merasa sangat lemas.

4. Penurunan Nafsu Makan

Penderita kanker rahim juga sering mengalami masalah dengan nafsu makan, dimana saat kanker semakin parah maka nafus makan kian menurun. Hal ini membuat penderita kanker rahim semakin kurus dan lemah karena hanya sedikit makanan yang masuk ke tubuhnya.

5. Nyeri Panggul

Bagian panggul dan pinggang yang berdekatan dengan posisi rahim seringkali terasa nyeri saat sel kanker telah menyebar. Rasa sakit tersebut semakin hebat dari waktu ke waktu sehingga penderitanya sering mengalami hambatan untuk melakukan aktivitas shari-hari.

6. Nyeri pada Perut Bagian Bawah

Adanya kanker pada rahim tentu saja menimbulkan rasa sakit pada perut bagian bawah dimana rahim terletak. Rasa sakit ini semakin parah saat haid dan melakukan hubungan seksual, karena itu wanita yang mengalami kanker rahim stadium 4 tidak dapat melakukan aktivitasnya dengan normal dan hanya bisa berbaring di tempat tidur.

7. Sakit saat Buang Air

Ketika sel kanker telah menyebar ke saluran kemih dan organ pencernaan, maka akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa saat penderitanya sedang buang air kecil maupun besar. Sel kanker tersebut telah menyebabkan peradangan pada jaringan dan organ sekitarnya sehingga saat proses pembuangan zat sisa akan mengalami nyeri yang hebat.

8. Sakit pada Seluruh Tubuh

Kanker rahim stadium 4 memang membahayakan karena sel kanker umumnya telah menyerang hampir seluruh organ tubuh dan merusak sistem saraf. Itulah mengapa penderita kanker stadium akhir akan merasakan sakit pada seluruh tubuhnya sehingga anggota tubuh sulit untuk digerakkan. Ciri ini juga terjadi pada gejala kanker serviks stadium 4.

Sponsors Link

9. Nyeri Punggung dan Tulang Belakang

Tak jarang kanker rahim stadium 4 menyebabkan rasa nyeri pada tulang belakang hingga seluruh punggung sehingga penderitanya merasa tidak nyaman dalam posisi apapun. Baik saat duduk maupun berbaring rasa sakit tersebut akan terus terjadi karena sel kanker telah merusak jaringan pada tulang belakang dan menimbulkan peradangan dan menciptakan rasa nyeri.

10. Gangguan Pencernaan

Pada kanker rahim stadium 4, biasanya sel kanker telah menyerang organ penting lainnya terutama yang letaknya berdekatakan seperti hati, usus, lambung, ginjal, dan kantung kemih. Karena itu tidak heran bila penderita kanker rahim apalagi yang sudah parah dapat mengalami berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, tukak lambung, hingga kanker usus.

11. Gangguan Fungsi Ginjal dan Hati

Kanker rahim juga dapat menimbulkan efek yang lebih buruk yaitu gangguan fungsi pada ginjal dan hati sehingga seringkali penderitanya harus menjalani proses cuci darah karena ginjal sudah tidak berfungsi dengan normal. Bahkan hati pun akan mengalami gangguan dalam menetralisir racun di dalam tubuh sehingga kondisi kesehatan penderita dapat semakin memburuk.

Itulah ciri kanker rahim stadium 4 yang sering dialami oleh wanita. Sebaiknya mulailah untuk menjalani pola hidup sehat dan hindari makanan penyebab kanker rahim yang sangat berbahaya. Kanker rahim yang diketahui sejak awal dapat memperbesar peluang kesembuhan, karena itu sangat penting untuk mengetahui cirinya agar dapat segera bertindak untuk pergi ke dokter saat mengalami salah satu ciri tersebut.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.