11 Cara Mencegah Kanker Prostat Secara Alami Sejak Dini

Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang dinilai cukup ganas. Kebanyakan pria tidak menyadari jika dirinya mengidap kanker jenis ini. Sebab perkembangan dan pertumbuhan kanker ini cenderung lambat. Akhirnya pada usia dewasa akhir, sekitar 50 tahunan mereka baru mengkhawatirkan keadaannya.

Sponsors Link

Perkembangan zaman akhir akhir ini sudah cukup pesat untuk membantu para pria mendeteksi adanya gejala dan resiko terkena kanker prostat. Alat medis tersebut di namakan Prostate Spesific Antigen atau biasa di singkat PSA yang membantu untuk mendiagnosis adanya kanker prostat stadium awal. Pria bisa menggunakan alat ini setiap tahunnya untuk mengetahui keadaan dirinya.

Penyakit yang menyerang prostat bukan hanya kanker prostat. Jadi sebaiknya mereka melakukan deteksi dini sebelum usia 40 tahun. Di khawatirkan dirinya tidak berpenyakit kanker prostat tapi gangguan prostat yang lainnya.

Sebenarnya kanker prostat sendiri dapat di cegah. Bagaimana caranya?

1. Perbanyak air putih

Air putih memang sangat penting dan krusial untuk tubuh. Manfaatnya bukan hanya untuk organ prostat saja, namun bagian tubuh lain. Dengan mengkonsumsi air putih banyak, akan memperlancar pembuangan dan saluran saluran yang ada di dalam tubuh lancar. Tempat pembuangan air urin juga bersih, ginjal menjadi sehat, kulit menjadi lembab. Biasanya orang yang cukup minum warna air urinnya adalah putih bening.  Asupan air putih yang diperlukan oleh tubuh antara 6 sampai 8 gelas.

2. Minum jus buah delima

Buah delima memiliki khasiat yang cukup berguna untuk tubuh. Bahkan jus ini bisa berguna untuk menurunkan resiko dan tingkat PSA pada pria.  Asupan yang di perlukan adalah sebanyak 8 gelas perhari.

3. Perbanyak makan sayuran dan buah buahan

Sayuran hijau ternyata bisa menurunkan resiko kanker prostat. Kandungan zat makanan seperti fruktosa dan lycopene pada tomat berguna menekan dan menurunkan resiko kanker prostat. Bahkan jika anda sudah terkena kanker prostat, kandungan ke dua zat ini bisa membantu mengecilkan ukuran tumor prostat tersebut. Jenis makanan tersebut seperti brokoli, kobis, kembang kol, apel, buah beri, melon serta semangka.

Sponsors Link

4. Perkaya dengan makanan kaya Zinc

Makanan yang mengandung zink membantu mengurangi pembesaran pada prostat. Hal ini di sebakan karena kelenjar yang ada pada prostat memerlukan zat zink lebih banyak dari pada organ tubuh lainnya. Zat tersebut bisa mengubah metabolism hormone steroid, yang mana mampu mengurangi pemsebsaran prostat. Beberapa contoh makanan yang memiliki kandungan kaya zink adalah minyak gandum dan biji labu.

5. Konsumsi makanan kaya vitamin D

Makanan yang mengandung gizi vitamin D akan membantu kesehatan prostat. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin D adalah kacang almond, biji labu, slada swiss, mustard greens, bayam, minyak nabati, hazelnut, alpukat serta brokoli.

6. Konsumsi makanan kaya vitamin E

Pertumbuhan sel kanker cenderung cepat. Meskipun kanker yang menjadi penyebab kanker prostat memiliki fluktuasi perkembangan yang lambat, namun lebih baik untuk semakin memperlambatnya, agar resiko semakin kecil. Setelah kanker kecil, bisa melakukan kemoterapi untuk menghancurkannya. Salah satu zat yang bisa membantu memperlambat kanker adalah vitamin E. Di dalam setiap vitamin E terdapat zat anti oksidan yang bisa melambatkan dan mengurangi resiko segala jenis kanker.

7. Menggunakan obat obatan herbal

Obat obatan herbal juga bisa membantu mengurangi pembesaran kanker prostat. Beberapa jenisnya adalah palmetto yang memiliki kegunaan untuk menghambat DHT dan menurunkan tingkat esterogen di dalam tubuh. Jenis lain seperti pygeum bisa membantu menghambat pembesaran prostat. Bahan dasar zat ini adalah dari kulit pohon. Serta ada cernilton yang membantu mengobati peradangan pada prostat. Bahan dasar dari cernilton ini adalah sari gandum.

Sponsors Link

8. Kurangi makanan yang mengandung kolestrol

Makanan yang mengandung kolestrol dalam tubuh pria akan dirubah menjadi testosterone. Ketika jaringan prostat yang mengalami pembesaran, kandungan kolestrol di dalamnya sangat banyak. Untuk itu di sarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung kolestrol serta yang berlemak tinggi.

9. Kurangi makanan yang mengandung lemak

Lemak yang masuk ke dalam golongan lemak jahat atau biasa di sebut dengan lemak HDL bisa berkembang menjadi kolestrol. Padahal sudah di sebutkan bahwa dalam tubuh pria, kolestrol bisa berubah menjadi testoteron. Untuk itu kurangilah konsumsi lemak, terutama lemak hewani sebab tingkat kandungannya sangat tinggi. Beberapa makanan yang mengandung lemak tinggi adalah daging merah segar, ikan, dan ayam.

10. Berhenti konsumsi alcohol

Menurut penelitian yang terakhir dilakukan, alcohol mampu meningkatkan iritasi pada bagian kandung kemih. Hal ini akan semakin memperparah keadaan anda jika sudah di jatuhi vonis terkena pembesaran prostat, seperti yang di ungkapkan oleh Dr. Block. Alcohol secara medis mampu memperlemah otot otot tubuh. Sehingga membuat urin yang ada di dalam tubuh tertahan dan tidak segera di keluarkan.

11. Rutin berolahraga

Trik hemat dan sehat yang bisa anda lakukan adalah sempatkan diri utuk berolahraga minimal satu minggu 2 kali. Dengan melakukan ini mampu meringankan resiko kanker prostat. Sudah banyak dokter yang mengatakan bahwa lelaki yang memiliki tubuh sehat dan bugar mengalami resiko kanker prostat lebih kecil.

Inilah beberapa kiat dan cara untuk mengurangi, menurunkan dan mencegah kanker prostat. Semoga membantu

,
Post Date: Wednesday 16th, September 2015 / 14:27 Oleh :
Kategori : Kanker Prostat