7 Cara Mencegah Kanker Prostat di Usia Muda yang Wajib Diperhatikan!

Kanker prostat merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang juga dianggap ganas, terlebih lagi kanker yang menyerang pria ini biasanya juga tidak menimbulkan gejala-gejala awal kanker prostat yang mudah dikenali. Hal ini disebabkan karena perkembangan dan juga pertumbuhan dari kanker prostat sendiri yang cenderung lebih lambat dibanding dengan jenis kanker yang lainnya. Kondisi tersebut menyebabkan kanker prostat yang dialami biasanya saat berhasil didiagnosa sudah memasuki stadium lanjut, dan biasanya lebih cenderung dikhawatirkan pada usia-usia dewasa.

Sponsors Link

Oleh sebab itu, perlu dilakukan pencegahan-pencegahan dini dari kanker prostat untuk mengurangi risiko terkena kanker prostat. Dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa cara mencegah kanker prostat di usia muda yang wajib anda ketahui dan coba untuk dilakukan.  Apa saja cara-cara tersebut? mari simak ulasan berikut ini.

Kanker Prostat

Sebelum mengetahui cara mencegah kanker prostat secara alami maupun dengan bantuan pemeriksaan dokter, perlu diketahui terlebih dahulu apa yang sebenarnya dikenal sebagai kanker prostat. Kanker prostat merupakan jenis kanker dimana terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal didalam kelenjar prostat yang terletak di panggul pria sebagai bagian dari sistem reproduksi. Oleh sebab itu, kanker prostat juga menjadi momok yang menakutkan bagi kaum pria seperti kanker serviks pada wanita.

Pada umumnya kanker prostat memang mengalami pertumbuhan yang lambat dan juga tidak menyebar ke bagian lainnya, namun ada pula kanker prostat yang agresif dimana mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat hingga juga menyebar ke organ yang lainnya. Selain proses pertumbuhannya, gejala kanker prostat ini juga sulit untuk di diagnosa apalagi ketika kanker masih berapa pada stadium awal. Beberapa gejala biasanya akan muncul ketika kanker prostat sudah memasuki stadium lanjut, seperti sering buang air kecil, adanya rasa nyeri atau panas pada penis saat buang air kecil dan juga saat ejakulasi, darah dalam urin atau air mani, dan lain sebagainya.

Masih sama seperti kebanyakan kasus penyakit kanker, penyebab kanker prostat juga belum diketahui secara jelas dan pasti. Maka dari itu, penting bagi setiap pria untuk melakukan tindakan pencegahan kanker prostat pada usia muda atau sejak usia muda agar dapat menurunkan risiko kanker prostat dikemudian hari. Beberapa cara pencegahan tersebut akan dibahas dalam penjelasan berikut ini.

Pencegahan Kanker Prostat

Melakukan beberapa cara atau tindakan pencegahan kanker prostat sejak dini maupun sejak usia muda memang dianjurkan bagi setia pria, karena dengan melakukan upaya-upaya pencegahan dini tersebut dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker prostat di kemudian hari. Beberapa cara mencegah kanker prostat di usia muda diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Perbanyak meminum air putih

Rutin mengonsumsi air putih memang dianjurkan bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk juga baik bagi kondisi organ prostat dan juga saluran pembuangan. Dengan rutin meminum air putih maka pencernaan akan lancar, tempat pembuangan urin juga bersih, ginjal menjadi semakin sehat, dan kesehatan serta daya tahan tubuh akan semakin baik, termasuk juga bagi aktivitas sel-sel didalam tubuh. Oleh sebab itu, rutin mengonsumsi air putih juga dapat membantu mencegah kanker prostat di usia muda.

  1. Rutin mengonsumsi jus buah delima

Selain rutin mengonsumsi air putih, mengonsumsi buah delima juga dapat menurunkan risiko kanker  prostat maupun tingkat PSA pada pria. Hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa manfaat baik buah delima jika dikonsumsi secara rutin bagi tubuh secara keseluruhan.

  1. Konsumsi makanan kaya vitamin D dan E

Banyak mengonsumsi makanan kaya vitamin D juga baik bagi kesehatan organ prostat, seperti kacang almond, bayam, minyak nabati, dan lain sebagainya. Selain vitamin D, anda juga perlu untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E, dimana zat anti-oksidan yang terkandung didalamnya dapat membantu memperlambat dan juga menurunkan risiko segala jenis kanker, termasuk pula kanker prostat pada pria.

  1. Perbanyak mengonsumsi sayuran hijau dan buah

Kandungan seperti fruktosa dan lycopene pada tomat ternyata juga mampu menekan dan menurunkan risiko kanker prostat sama dengan kandungan-kandungan yang ada di dalam sayuran hijau, bahkan kedua zat tersebut juga mampu membantu mengecilkan ukuran tumor prostat didalam tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsi brokoli, kubis, apel, melon, dan sayuran hijau serta buah-buahan lainnya juga bermanfaat dalam mencegah kanker prostat.

Sponsors Link

  1. Megonsumsi makanan kaya Zinc

Organ prostat ternyata juga memerlukan zat zinc lebih banyak dibandingkan dengan organ tubuh lainnya, karena kandungan ini mampu mengurangi pembesaran pada prostat dengan mengubah metabolism hormone steroid. Beberapa makanan yang mengandung zat zinc diantaranya seperti minyak gandum dan juga biji labu.

  1. Mengurangi konsumsi makanan berlemak dan kolesterol

Lemak jahat pada makanan ketika dikonsumsi dapat berubah menjadi kolesterol didalam tubuh, dimana pada pria kolesterol didalam tubuh dapat berubah menjadi testosteron. Kondisi tersebut dapat berpengaruh pada pembesaran prostat dan memicu risiko kanker prostat. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai mengurangi konsumsi makanan berlemak dan kolesterol.

  1. Rutin olahraga

Cara terakhir adalah dengan rutin olahraga, dimana menurut banyak dokter pria yang memiliki tubuh sehat dan juga bugar maka akan mengalami risiko yang lebih kecil terhadap penyakit kanker prostat.

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.