12 Buah yang Dapat Mencegah Kanker Prostat

Baik pria mupun wanita sama-sama sangat rentan mengalami penyakit kanker, terutama jika mereka tidak menjaga pola makannya. Pria sendiri lebih rentan terkena kanker karena gaya hidupnya yang tidak sehat. Salah satu jenis kanker yang paling sering menyerang pria adalah kanker prostat. Kanker ini menyerang kelenjar prostat pada pria, sehingga sel-selnya mengalami kerusakan dan tumbuh secara tidak terkendali. Semakin tua usianya, maka akan semakin besar resiko kanker prostat tersebut terjadi. Meski begitu kanker prostat pada usia muda sekarang ini juga semakin meningkat karena itu para pria sebaiknya selalu memperhatikan kesehatannya.

Sponsors Link

Penyebab kanker prostat pada pria umumnya disebabkan oleh makanan, kebiasaan merokok dan faktor genetik. Tentunya cara mencegah kanker prostat harus selalu dilakukan sejak usia remaja agar penyakit ini dapat dihindari. Mencegah prostat sejak dini kanker prostat sebenarnya juga tidak sulit, yang terpenting selalu menjaga pola makan yang baik dan rutin berolahraga. Salah satu makanan sehat untuk kesehatan prostat adalah beragam jenis buah-buahan yang kaya vitamin C dan antioksidan seperti berikut ini.

1. Buah Delima

Buah delima memang sangat bagus dikonsumsi, tidak hanya bagi orang yang sakit kanker namun juga oleh orang yang sehat. Berbanding terbalik dengan bahan makanan penyebab kanker, delima justru ampuh mencegah terbentuknya sel kanker di dalam tubuh.

2. Buah Jeruk

Jeruk yang sangat kaya akan vitamin C memang sangat bagus dikonsumsi untuk mencegah kanker prostat pada pria. Jeruk bisa dimakan setiap hari agar sel tubuh yang rusak dapat segera diperbaiki dan senyawa radikal bebas penyebab kanker dapat dikeluarkan dari tubuh.

3. Buah Tomat

Sebagai jenis-jenis penyakit kanker pada pria, kanker prostat juga sangat bisa dicegah dengan mengkonsumsi tomat setiap hari. Lebih baik lagi jika rutin mengkonsumsinya dalam bentuk yang sudah dikukus, untuk mengaktifkan kandungan likopen yang ampuh melawan penyakit kanker prostat.

4. Buah Anggur

Kandungan senyawa antioksidan seperti resveratrol dan bioflavonoid dalam anggur juga sangat efektif dalam mencegah munculnya kanker prostat. Anggur merah lebih kaya antioksidan dan sangat bagus dikonsumsi setiap hari bersama jenis buah lainnya. Selain itu buah anggur juga dapat dimanfaatkan sebagai buah pencegah kanker hati dan melindungi sel dari kerusakan.

5. Buah Apel

Buah lainnya yang juga kaya akan senyawa antioksidan yaitu apel, dan buah satu ini mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh tidak hanya pada daging buahnya namun juga pada kulitnya. Jadi mengkonsumsi apel bisa langsung dimana bersama kulitnya, namun pastikan dibersihkan terlebih dahulu agar tidak teracuni debu dan sisa pestisida yang menempel.

6. Buah Blueberry

Sebenarnya tidak hanya blueberry yang berkhasiat melawan dan mencegah kanker, hampir semua jenis buah berry sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Buah berry mengandung senyawa antioksidan untuk mencegah penuaan dini dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat senyawa kimia seperti zat karsinogen dan radikal bebas di dalam tubuh.

7. Buah Manggis

Buah manggis memang digadang-gadang sebagai buah yang ampuh mencegah penyakit kanker, bahkan kulitnya mengandung senyawa xanthone sangat efektif dalam mencegah bahkan membunuh sel kanker termasuk mengatasi penyakit kanker prostat.

8. Buah Jambu Biji Merah

Jambu biji termasuk jenis buah yang kandungan vitamin C nya paling tinggi, namun yang lebih bagus lagi adalah jambu biji merah. Jambu biji merah sangat baik dikonsumsi setiap hari demi melindungi tubuh dari perubahan materi genetik dan memicu munculnya kanker prostat.

Sponsors Link

9. Buah Alpukat

Alpukat memang lebih dikenal karena kandungan lemaknya, namun buah satu ini juga kaya antioksidan dan lemak baik yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Mengkonsumsi alpukat tanpa campuran apapun dapat mencegah munculnya kanker prostat pada pria. Jadi rutinlah mengkonsumsi alpukat demi menjaga kesehatan tubuh.

10. Buah Kiwi

Satu lagi buah yang kaya vitamin C dan antioksidan, yaitu buah kiwi. Meski harganya termasuk mahal, buah kiwi sangat disarankan untuk dikonsumsi jika ingin terhindar dari kanker prostat. Buah kiwi memang terasa asam, namun dibalik rasanya terdapat segudang manfaat yang tidak boleh dilewatkan.

11. Buah Sirsak

Selain manggis, sirsak juga termasuk buah yang dikenal karena keampuhannya mengatasi penyakit kanker. Bahkan selain daging buahnya, daun sirsak juga sering digunakan sebagai obat maupun tindakan pencegahan penyakit kanker. Karena itu bila ingin terhindar dari kanker prostat rutinlah mengkonsumsi buah sirsak.

12. Mangga

Meski tidak begitu tinggi, kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah mangga tidak boleh dianggap remeh. Jika dikonsumsi secara rutin, mangga juga dapat mencegah munculnya kanker prostat dan membantu melindungi sel tubuh yang sehat dari kerusakan yang terjadi akibat senyawa radikal bebas.

Itulah buah yang dapat mencegah kanker prostat dan sebaiknya diketahui oleh para pria. Jika kesehatan organ reproduksi dan kelenjar prostat selalu terjaga, maka resiko terkena kanker prostat akan semakin kecil.

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.