Apakah Kanker Prostat Bisa Disembuhkan? Pria Wajib Tahu

Kanker merupakan suatu penyakit mengerikan yang menyebabkan adanya perubahan pada perkembangan sel-sel didalam tubuh, dan perkembangan sel-sel tersebut bisanya tidak terkontrol sehingga dapat merusak jaringan yang ada disekitarnya. Oleh sebab itu, kanker juga sering dipahami sebagai adanya perkembangan sel upnormal didalam tubuh. Jenis kanker sendiri juga sangat beragam, baik yang sering dialami wanita maupun pria, salah satu yang juga sering menyerang pria adalah kanker prostat. Kanker prostat sendiri merupakan jenis kanker dimana pertumbuhan sel upnomal terjadi didalam kelenjar prostat sebagai salah satu organ reproduksi pada pria. Sebagai kanker yang paling umum kedua dialami oleh sebagian besar pria, apakah kanker prostat bisa disembuhkan? Berikut penjelasannya.

Sponsors Link

Kanker Prostat

Prostat merupakan suatu kelenjar kecil yang berada si panggul pria dimana juga berfungsi sebagai salah satu organ atau bagian dari sistem reproduksi. Letak dari kelenjar prostat sendiri berapa dibawah kandung kemih yang berada di depan rektum. Kelenjar prostat ini akan mengelilingi uretra, dimana uretra sendiri merupakan suatu saluran yang berfungsi untuk membawa urine dari kandung kemih ke penis. Selain itu, prostat juga berfungsi dalam menghasilkan cairan yang dapat menyuburkan dan juga melindungi sperma.

Jadi ketika terjadi ejakulasi, maka prostat akan mengeluarkan semacam cairan untuk mengarah ke uretra. Kemudian cairan yang dikeluarkan tersebut akan mengalir bersama dengan air mani dan sperma. Oleh sebab itulah, kanker prostat juga menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar pria karena memiliki dampak kanker prostat seperti dapat mengancam kesuburan dan sistem reproduksi mereka.

Penyebab kanker prostat sendiri sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor peningkatan resiko terkena kanker prostat. Beberapa faktor tersebut seperti faktor genetik atau keturunan, dan juga faktor umur seorang pria. Selain penyebabnya yang belum diketahui secara pasti, gejala yang ditimbulkan oleh kanker prostat sendiri juga sulit diketahui, terutama jika kanker masih berada pada masa-masa awal. Hal ini juga disebabkan karena kanker prostat sendiri memiliki dua sifat, ada yang bersifat agresif yang artinya kanker dapat menyebar dan berkembang dengan cepat, dan ada pula yang pasif atau perkembangannya berjalan secara perlahan dan proses penyebarannya juga lebih lambat.

Adapun beberapa gejala kanker prostat diantaranya adalah:

  • Perubahan dalam pola buang air kecil, seperti menjadi lebih sering apalagi pada malam hari.
  • Merasakan nyeri hingga panas pada penis ketika buang air kecil maupun saat ejakulasi.
  • Kandung kemih terasa selalu penuh.
  • Keluarnya darah pada urine maupun air mani.

Itulah beberapa gejala umum dari kanker prostat, walaupun sebenarnya pada gejala-gejala seperti diatas akan muncul ketika prostat terlalu besar atau telah membengkak dan mengganggu uretra karena sel-sel kanker mulai berkembang dan menyebar. Sedangkan pada fase-fase awal kanker prostat biasanya tidak akan timbul tanda-tanda kanker prostat atau gejala kanker prostat. Walaupun begitu, bukan berarti gejala-gejala diatas selalu mengarah pada kanker prostat, bisa saja kondisi-kondisi seperti diatas disebabkan oleh gangguan di saluran kandung kemih maupun kondisi lainnya.

Kanker Prostat Sembuh

Pertanyaan yang sama selalu muncul ketika membahas mengenai penyakit kanker, yaitu apakah kanker bisa disembuhkan atau tidak. Dimana sebenarnya jawabannya juga sama antara jenis kanker yang satu dengan yang lainnya. Penyebaran dan perkembangan kanker prostat yang dapat berproses cepat maupun lambat memang akan sangat mempengaruhi kemungkinan kanker proses akan bisa disembuhkan atau tidak. Lalu apakah kanker prostat bisa disembuhkan? Berikut penjelasannya.

Seperti halnya dengan gejala kanker prostat yang sulit diketahui pada masa-masa awal, maka berarti bahwa kanker prostat masih belum terlalu berkembang dan menyerang jaringan sekitarnya. Oleh sebab itu biasanya jika kanker prostat masih berada pada masa-masa awal maka kemungkinan untuk disembuhkan bahkan disembuhkan secara total masih tinggi. Artinya kanker prostat berkemungkinan untuk bisa disembuhkan jika memang dapat didiagnosa dari awal dan dilakukan penanganan dini, baik itu melalui pengobatan operasi pengangkatan prostat maupun melalui radioterapi.

Tetapi akan berbeda kemungkinan untuk bisa disembuhkan ketika sel-sel kanker telah berkembang secara cepat dan sudah menyebar ke jaringan lain disekitarnya. Sebagai contoh kanker sudah menyebar pada tulang di sekitar organ prostat, maka kemungkinan untuk disembuhkan semakin rendah atau bahkan tidak bisa disembuhkan. Pengobatan yang dilakukan pun biasanya hanya akan sebatas untuk memperpanjang usia dan meredakan gejala-gejala yang muncul saja, bukan untuk penyembuhan secara total.

Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan, bahwa bisa atau tidaknya kanker prostat disembuhkan akan bergantung pada seberapa parah kanker telah berkembang dan menyebar ke jaringan lainnya. Artinya bahwa kanker prostat berkemungkinan disembuhkan ketika masih berada pada fase awal, dan akan semakin sulit bahkan berkemungkinan nol untuk disembuhkan ketika kanker telah berkembang dan memasuki fase lanjut, serta telah menyebar ke jaringan lain disekitarnya.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.