10 Cara Mencegah Kanker Pita Suara

Cara mencegah kanker pita suara adalah informasi yang penting untuk diketahui siapa saja. Kanker merupakan penyakit yang penyebarannya semakin lama semakin meluas. Hampir setap sel dalam tubuh terancam terjangkiti sel kanker yang aktif. Pita suara pun tidak luput dari bahaya penyakit kanker ini. Kanker yang menyerang pita suara dikenal dengan nama kanker pita suara. Bagaimana kanker pita suara dapat menyerang seseorang?

Sponsors Link

Walaupun namanya adalah organ pita suara, tidak berarti pita suara ini tidak bisa terkena kanker. Pita suara merupakan organ yang ada di laring (kotak suara) manusia. Posisinya persis ada di saluran tenggorokan setiap orang. Jika terjangkiti kanker pita suara, maka suara penderitanya akan hilang sebagai salah satu bentuk gejala. Selain itu masih banyak lagi gejala kanker pita suara yang belum diketahui. Memang diakui informasi mengenai kanker pita suara tidak seluas jenis kanker lainnya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan berbagai informasi mengenai kanker pita suara khususnya mengenai cara mencegah kanker pita suara.

Baca Juga:

Untuk dapat mengetahui cara mencegah kanker suara, maka menjadi perlu untuk diketahui terlebih dahulu apa saja yang dapat menunjukkan seseorang terjangkit kanker pita suara. Tanda atau gejala dari kanker pita suara ini memang perlu diwaspadai, mengingat mungkin disalah artikan sebagai gangguan tenggorokan biasa. Oleh karena itu, berikut ini daftar gejala kanker pita suara untuk anda ketahui.

Daftar 8 Gejala Kanker Pita Suara yang Harus Anda Cegah

Berdasarkan informasi yang telah disampaikan sebelumnya, kanker pita suara menimbulkan gejala-gejala yang ternyata berbahaya juga. Hal ini perlu diketahui untuk menginformasi masyarakat, bahwa kanker pita suara juga harus dicegah seperti kanker jenis lainnya juga. Apa sajakah gejala kanker pita suara yang perlu anda ketahui? Berikut ini 8 diantaranya.

  1. Berat Badan Turun Drastis
  2. Bunyi saat Bernafas
  3. Muncul benjolan di sekitar Leher
  4. Terasa Nyeri saat Berbicara, Menelan, dan Berbagai Aktivitas Lain dengan Tenggorokan
  5. Terasa Mengganjal di Tenggorokan
  6. Muncul Suara Serak yang Tidak Kunjung Sembuh
  7. Batuk yang Sulit Sembuh juga Muncul Darah Bercampur Lendir
  8. Kehilangan Suara secara Permanen

Berikut tadi informasi mengenai 8 gejala kanker pita suara yang harus anda waspadai sebagai dasar pencegahan yang harus anda lakukan. Apa saja cara mencegah kanker pita suara yang dapat anda lakukan? Simak informasi lengkapnya pada bagian berikut ini.

10 Cara Mencegah Kanker Pita Suara Wajib Dilakukan

Setelah mengetahui berbagai gejala kanker pita suara, pastinya sebisa mungkin anda ingin melakukan cara mencegah kanker pita suara menyerang anda. Ada setidaknya 10 cara pencegahan yang dapat anda lakukan. Berikut ini informasi mengenai kesepuluh cara tersebut.

Sponsors Link

1. Hindari Kebiasaan Merokok

Rokok merupakan kebiasaan buruk yang sangat banyak dilakukan oleh orang di segala usia di seluruh dunia. Kebiasaan merokok ini sungguh tidak mendatangkan manfaat apapun, selain penyakit seperti penyakit kanker pita suara. Tembakau pada rokok dapat memicu perkembangan sel kanker pada organ pita suara seseorang.

2. Hindari Kebiasaan Minum Alkohol

Selain rokok, minuman keras mengandung alkohol merupakan satu lagi pemicu sel kanker pada organ pita suara. Seperti diketahui, alkohol adalah pemicu banyak jenis kanker karena kandungannya. Jika anda rutin mengkonsumsi alkohol, maka pemicu kanker pun sering kali melewati tenggorokan anda di mana pita suara berada. Sehingga kanker pita suara pun menjadi lebih tinggi peluang terjadinya.

3. Hindari Paparan Karsinogenik di Lingkungan Anda

Lingkungan sekitar anda seringkali menyebabkan paparan karsinogenik lebih mudah menyerang seseorang. Misalnya saja untuk anda yang bekerja di lingkungan dengan paparan karsinogenik dari asbes dan nikel, tentunya resiko anda terkena kanker pita suara menjadi lebih besar. Oleh sebab itu, selalu gunakan pakaian keamanan dan masker untuk menghindari paparan karsinogenik tersebut.

Baca Juga:

4. Hindari Kebiasaan Minum Minuman dalam Kondisi Panas

Cara mencegah kanker pita suara selanjutnya adalah juga dengan menghindari konsumsi minuman saat masih panas. Hal ini sering kali dilakukan oleh orang yang buru-buru. Minum minuman dalam kondisi panas ternyata dapat menjadi pemicu kanker pita suara. Jadi pastikanlah untuk menunggu suhu minuman anda lebih hangat sebelum dikonsumsi.

5. Melakukan Vaksin Virus HPV

Kanker pita suara ternyata dapat disebabkan juga oleh infeksi dari virus HPV. Jenis virus HPV penyebab kanker pita suara adalah tipe 16 dan tipe 18. Saat ini sudah ada vaksin yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus HPV tersebut. Oleh sebab itu, salah satu cara mencegah kanker pita suara menyerang anda adalah dengan melakukan vaksin HPV.

ads

6. Rajin Berolahraga

Olahraga dengan rutin juga diketahui merupakan salah satu cara untuk dapat mencegah penyebaran kanker virus. Tubuh yang terlatih dengan rajin berolahraga diketahui memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik. Sehingga pengaruh virus dan penyakit lainnya lebih mudah dicegah akibatnya kepada seseorang yang rajin berolahraga.

7. Sering Mengonsumsi Madu dan Kecap

Madu dan kecap merupakan obat yang ampuh untuk menjaga kesehatan tenggorokan. Anda perlu mengonsumsi ramuan ini untuk memiliki kesehatan tenggorokan yang lebih baik. Tenggorokan yang terjaga dengan baik kesehatannya, dapat lebih mudah juga mencegah penyebaran sel kanker di tenggorokan. Jadi mulai dari sekarang lakukanlah berbagai cara mencegah kanker pita suara dengan menjaga tenggorokan tetap sehat.

8. Makan Buah-Buahan Kaya Antioksidan

Buah buahan kaya antioksidan diketahui sangat penting untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas yang dapat dicegah ini kemudian dapat mencegah juga penyebaran sel kanker dalam tubuh seseorang. Oleh sebab itu, anda disarankan untuk mengonsumsi buah buah kaya antioksidan. Buah tersebut antara lain adalah apel dan buah naga.

9. Makanan Bernutrisi Baik untuk Tubuh

Ada banyak makanan bernutrisi yang perlu dikonsumsi oleh seseorang. Konsumsi makanan bernutrisi ini dapat menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh seseorang. Oleh karena itu, jagalah kesehatan tubuh anda dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dengan baik.

10. Sering Memeriksakan Kesehatan secara Rutin

Anda juga dapat melakukan cara mencegah kanker pita suara dengan sering memeriksakaan kesehatan secara rutin. Oleh karena itu, periksakanlah kesehatan anda secara rutin untuk kesehatan tubuh yang terhindar dari penyakit kanker.

Baca Juga:

Itulah tadi 10 cara mencegah kanker pita suara yang wajib anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dapat mencegah efek yang lebih besar dari kanker pita suara yang terlambat terdeteksi. Selamat mencoba berbagai cara pencegahan ini untuk hidup anda yang lebih sehat.

 

, , ,
Post Date: Friday 06th, October 2017 / 22:41 Oleh :
Kategori : Kanker Pita Suara