Umur Penderita Kanker Payudara Berdasarkan Stadiumnya

Penyakit kanker memang menjadi salah satu jenis penyakit yang mematikan. Hal tersebut disebabkan kanker sering dikaitkan dengan rendahnya harapan hidup pasiennya. Salah satu kanker yang juga dianggap sebagai jenis kanker paling mematikan di dunia adalah kanker payudara. Namun tahukah anda bahwa tingkat harapan hidup pasien kanker juga sebenarnya tergantung pada seberapa parah kanker telah menyebar atau yang biasanya lebih dikenal dengan stadium kanker? Dimana hal ini berarti bahwa tingkat harapan hidup pasien kanker dapat meningkat apabila kanker telah dideteksi sejak dini. Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai umur penderita kanker payudara berdasarkan pada stadium kankernya.

Sponsors Link

Kanker Payudara

Sebelum membahas mengenai umur penderita dan stadium kanker payudara, perlu diketahui secara singkat terlebih dahulu apa itu kanker payudara. Secara umum kanker payudara dapat diartikan sebagai suatu tumor ganas yang terbentuk pada jaringan payudara. Tumor ganas sendiri merupakan suatu kumpulan sel kanker yang dapat berkembang dan menyebar secara cepat dari suatu jaringan ke bagian tubuh lainnya. Walaupun kanker payudara lebih banyak dialami oleh wanita, namun tetap tidak menutup kemungkinan bagi kaum pria mengalami kanker payudara.

Penyebab dari kanker payudara sendiri memang masih belum diketahui secara jelas. Biasanya lebih disebabkan karena adanya sel-sel payudara yang berkembang secara abnormal sehingga membentuk suatu benjolan pada payudara. Beberapa faktor yang berpengaruh didalamnya sendiri seperti:

  • Jenis kelamin, dimana wanita lebih berkemungkinan besar mengalami kanker payudara. Didukung dengan adanya faktor lain seperti mengalami menstruasi dini, menopausse usia lanjut, dan lain sebagainya.
  • Usia, dimana usia tua lebih memiliki kemungkinan yang tinggi dibanding dengan usia muda. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan pada kaum wanita muda mengalami kanker payudara.
  • Riwayat keluarga, apabila dari anggota keluarga sedarah terdapat riwayat penyakit kanker payudara, maka potensi mengalami penyakit yang sama akan jauh lebih tinggi.

Itulah beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kanker payudara. Walaupun banyak faktor penyebabnya, namun apabila kanker dapat dideteksi dari dini maka dapat juga mencegah penyebarannya sehingga dapat meningkatkan tingkat harapan hidup penderinya. Lantas bagaimana dengan umur atau tingkah harapan hidup dari pasien kanker payudara tersebut? Berikut penjelasannya.

Umur atau Tingkat Harapan Hidup

Sesuai dengan yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa umur atau tingkat harapan hidup para pasien penderita kanker payudara dipengaruhi oleh stadium kanker maupun tingkat keparahan dari kanker itu sendiri. Walaupun kanker payudara memang menjadi salah satu penyebab tingginya angka kematian pada kaum wanita. Berikut beberapa stadium kanker yang perlu diketahui beserta dengan umur atau tingkat harapan hidup penderitanya:

  • Stadium Nol

Pada stadium nol kanker payudara, sel kanker memang sudah ada dan dalam proses berkembang. Namun perkembangannya sendiri masih terjadi pada saluran payudara saja, dan belum menyebar sama sekali. Oleh sebab itu, ketika kanker terdeteksi maka akan semakin mudah untuk ditangani atau diobati sehingga umur atu tingkat harapan hidup penderita kanker stadium nol masih 100%.

  • Stadium Satu

Kanker payudara stadium satu masih termasuk dalam tingkat kanker payudara stadium awal, dimana sel kanker telah mulai berkembang dan membersar pada bagian payudara yang menjadi tempat tumbuhnya. Walaupun begitu, ukuran dari sel kanker payudara stadium satu masih tidak lebih dari 5 cm dan masih belum menyebar ke bagian lainnya. Oleh sebab itu, tingkat harapan hidup dari penderita kanker stadium satu juga masih 100% selama ditangani dan diobat sengan baik dan cepat.

  • Stadium Dua

Pada stadium dua, kanker payudara biasanya akan lebih cepat berkembang dan menyebar walaupun masih tergolong dalam tahapan awal kanker payudara. Dalam kondisi ini, kanker telah menyebar pada bagian limfa nodus atau kelenjar getah bening, payudara, atau juga pada kedua area tersebut. Penyebaran yang terjadi menyebabkan penurunan pada tingkat harapan hidup apabila tidak ditangani dan diobati dengan cepat. Tingkat harapan hidup penderita kanker payudara stadium dua sendiri mencapai 80% hingga 90%.

Sponsors Link

  • Stadium Tiga

Hampir sama dengan stadium dua, kanker payudara stadium tiga juga menyebar pada limpa nodus dan payudara namun juga telah menyebar ke bagian permukaan kulit payudara. Bukan merupakan kanker payudara awal kembali tetapi stadium tiga ini telah masuk dalam tahap lanjutan kanker payudara. Dimana tingkat harapan hidup pada pasien kanker payudara stadium tiga adalah pada angka 50% atau 60%.

  • Stadium Empat

Stadium empat merupakan stadium akhir dari kanker payudara. Bahkan pada jenis kanker payudara lainnya stadium empat juga merupakan stadium paling berbahaya dan sulit untuk disembuhkan. Hal ini disebabkan karena kanker biasanya telah berkembang dan menyebar ke bagian tubuh lainnya, sebagai contoh seperti ke bagian paru-paru, tulang, otak, liver, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, tingkat harapan hidup bagi pasien kanker payudara stadium empat hanya mencapai 20% hingga 10% saja.

Itulah dia beberapa penjelasan mengenai kanker payudara dan umur penderita kanker payudara berdasarkan staidumnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.