Perjalanan Penyakit Tumor Mamae : Penjelasan dan Tingkat Keparahan

Tumor adalah massa jaringan yang abnormal. Ada dua jenis tumor kanker payudara: mereka yang non-kanker, atau ‘jinak’, dan mereka yang bersifat kanker, yang ‘ganas’ seperti ciri-ciri tumor kepala. Berikut pembagian dari Tumor yaitu :

Sponsors Link

Tumor jinak

Ketika tumor didiagnosis sebagai jinak, dokter biasanya akan membiarkannya sendiri daripada membuangnya. Meskipun tumor ini umumnya tidak agresif terhadap jaringan di sekitarnya, kadang-kadang mereka dapat terus tumbuh, menekan organ dan menyebabkan rasa sakit atau masalah lainnya. Dalam situasi ini, tumor dihilangkan, memungkinkan rasa sakit atau komplikasi mereda.

Tumor ganas

Tumor ganas bersifat kanker dan agresif karena mereka menyerang dan merusak jaringan di sekitarnya. Ketika tumor diduga menjadi ganas, dokter akan melakukan biopsi untuk menentukan keparahan atau agresivitas tumor.

Kanker metastatik

Kanker metastatik adalah ketika sel-sel kanker tumor ganas menyebar ke bagian lain dari tubuh, biasanya melalui sistem getah bening, dan membentuk tumor sekunder.

Grade atau Perjalanan Penyakit Tumor Mamae

Geade atau tingkat keparahan  yang menjabarkan penjabaran penyakit tumor mamae ini adalah sistem yang digunakan untuk mengklasifikasikan tumor  payudara ganas berdasarkan tingkat keparahan mutasi dan kemungkinan bahwa itu akan menyebar. Sel-sel kanker payudara diperiksa di bawah mikroskop untuk menentukan, di antara faktor-faktor lain, seberapa dekat sel-sel kanker payudara menyerupai sel-sel sehat disebut tingkat histologis dan bentuk dan ukuran inti sel tumor  yang disebut grade nuklir sebagai serta seberapa cepat sel-sel itu membelah dan berkembang biak. Ketika berhadapan dengan kanker payudara, tumor sering dinilai berdasarkan skala satu hingga tiga yang menunjukkan seberapa agresif sel kanker:

  • Kelas rendah atau grade 1 : Sel Masih Berfungsi baik
  • Kelas menengah atau grade 2 : Cukup dibedakan
  • Kelas tinggi atau grade 3 : Diferensiasi buruk

Tumor derajat rendah lebih mirip jaringan normal di bawah mikroskop. Tumor bermutu tinggi tampak abnormal dan kurang seperti jaringan normal dan cenderung lebih agresif.

Tumor Mamae

Tingkat keparahan tumor payudara tidak menjadi bingung dengan stadium nya. Tumor grade ini akan membantu menentukan rencana perawatan terbaik, dan secara umum, tumor kelas yang lebih rendah berarti kesempatan yang lebih baik untuk pemulihan penuh. Namun, ada individu yang membuat pemulihan penuh pada setiap tahap dan bahkan dengan tingkat tertinggi tumor agresif.

Ada 2 jenis staging untuk tumor mamae ini. Pertama, tahap klinis didasarkan pada hasil tes yang dilakukan sebelum operasi, yang mungkin termasuk pemeriksaan fisik, mammogram, ultrasound, dan scan MRI. Kemudian, tahap patologis diberikan berdasarkan hasil patologi dari jaringan payudara dan kelenjar getah bening yang dikeluarkan selama operasi. Biasanya ditentukan beberapa hari setelah operasi. Secara umum, lebih penting ditempatkan pada tahap patologis daripada tahap klinis. Berikut adalah rincian lebih lanjut tentang setiap bagian sistem perjalanan penyakit tumor mamae yaitu:

Sponsors Link

Tumor 

Menggunakan sistem TNM, “T” akan ditambah huruf atau angka (0 hingga 4) digunakan untuk menggambarkan ukuran dan lokasi tumor. Beberapa tahap dibagi menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil yang membantu menggambarkan tumor dengan lebih detail seperti bahaya tumor ganas payudara. Informasi stadium tumor spesifik dalam daftar di bawah ini.

  1. TX: Tumor primer tidak dapat dievaluasi.
  2. T0 (T plus nol): Tidak ada bukti kanker di payudara.
  3. Tis: Mengacu pada karsinoma in situ. Kanker terkurung di dalam saluran atau lobulus jaringan payudara dan belum menyebar ke jaringan sekitar payudara. Ada 2 jenis karsinoma payudara in situ:
  4. TIS : DCIS adalah kanker non-invasif, tetapi jika tidak dihilangkan dapat berkembang menjadi kanker payudara invasif nantinya. DCIS berarti sel kanker telah ditemukan di duktus payudara dan belum menyebar melewati lapisan jaringan tempat mereka mulai.
  5. Tis: Penyakit Paget pada puting adalah bentuk langka kanker dini noninvasif yang hanya ada di sel kulit puting. Kadang-kadang penyakit Paget dikaitkan dengan kanker payudara invasif lainnya. Jika ada kanker payudara invasif lain, itu diklasifikasikan sesuai dengan tahap tumor invasif.
  6. T1: Tumor di payudara adalah 20 milimeter (mm) atau lebih kecil dalam ukuran di area terluasnya. Ini sedikit kurang dari satu inci. Tahap ini kemudian dipecah menjadi 4 substages tergantung pada ukuran tumor:
  7. T1mi adalah tumor yang berukuran 1mm atau lebih kecil
  8. T1a adalah tumor yang lebih besar dari 1 mm tetapi 5 mm atau lebih kecil
  9. T1b adalah tumor yang lebih besar dari 5 mm tetapi 10 mm atau lebih kecil
  10. T1c adalah tumor yang lebih besar dari 10 mm tetapi 20 mm atau lebih kecil
  11. T2: Tumor lebih besar dari 20 mm tetapi tidak lebih besar dari 50 mm.
  12. T3: Tumor lebih besar dari 50 mm.
  13. T4: Tumor jatuh ke dalam 1 dari kelompok berikut:
  14. T4a berarti tumor telah tumbuh ke dinding dada.
  15. T4b adalah ketika tumor telah tumbuh menjadi kulit.
  16. T4c adalah kanker yang tumbuh di dinding dada dan kulit.
  17. T4d adalah kanker payudara inflamasi .

Metastasis 

metastasis dalam perjalanan penyakit tumor mamae menunjukkan apakah kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, yang disebut metastasis jauh. Ini tidak lagi dianggap stadium awal atau kanker stadium lanjut seperti cara penyembuhan pasca operasi tumor jinak.

  1. MX: Penyebaran jauh tidak dapat dievaluasi.
  2. M0: Penyakit belum menyebar.
  3. M0 (i +): Tidak ada bukti klinis atau radiografi dari metastasis jauh. Bukti mikroskopis sel tumor ditemukan di dalam darah, sumsum tulang, atau kelenjar getah bening lainnya yang tidak lebih besar dari 0,2 mm.
  4. M1: Ada bukti metastasis ke bagian lain dari tubuh, yang berarti ada sel kanker payudara yang tumbuh di organ lain.

Kebanyakan pasien sangat ingin mengetahui stadium kanker yang tepat. Dokter Anda biasanya akan mengkonfirmasi tahap kanker ketika pengujian setelah operasi selesai, biasanya sekitar 5 hingga 7 hari setelah operasi. Ketika perawatan sistemik atau seluruh tubuh diberikan sebelum operasi, yang disebut terapi neoadjuvant, tahap kanker terutama ditentukan secara klinis seperti pengobatan tumor tulang jinak.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Payudara
Info Dokter

Apa kanker paling bahaya ? Mengapa ? Yuks simak penjelasan dokter spesialis Kulit dan Kelamin dari RSPAD Gatot Soebroto, jangan lupa subscribe untuk penjelasan dokter lainnya.