3 Perbedaan Tumor Payudara dan Kanker Payudara

Tumor dan kanker sering sekali disalah artikan sebagai penyakit jinak dan ganas. Tumor adalah penyakit jinak sedangkan kanker adalah penyakit ganas. Pernyataan ini kurang tepat karena tumor adalah salah satu gejala dari penyakit kanker baik itu jinak maupun ganas. Berikut adalah beberapa perbedaan tumor payudara dan kanker payudara. (Artikel terkait: Perbedaan Kanker dan Tumor secara Umum)

Sponsors Link

1. Istilah

  • Tumor

Tumor adalah pertumbuhan unit terkecil tubuh manusia atau sel yang abnormal dan terjadi secara tidak terkontrol baik kecepatan dan besarnya. Tumor berasal dari bahasa latin “tumere” yang artinya bengkak. Tumor merupakan benjolan pada tubuh yang tidak pada semestinya. Sebagai contohnya hidung anda sebenarnya juga merupakan benjolan, akan tetapi hidung memang semestinya terletak secara alami di wajah. Beda jika tiba- tiba di daerah tersebut tidak ada benjolan kemudian muncul sebuah benjolan. Dari pertumbuhan sel tumor ini, munculah sifat- sifat tertentu yang membedakan tumor penyakit ganas dan jinak. (Baca juga: ciri benjolan kanker payudara dan cara pemeriksaannya)

  • Kanker

Kanker berasal dari bahasa latin yaitu ‘cancri’ yang artinya adalah kepiting. Orang pada zaman dahulu melihat bahwa pembuluh darah yang mengelilingi tumor kanker tampak seperti jepit dan kaki kepiting. Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan mutasi materi genetik sel yang karena terganggunya kontrol regulasi pertumbuhan sel- sel normal. Sel ini tidak mengenal program kemarian sel yang disebut apoptois. Apoptosis adalah mekanisme bunuh diri sel yang sudah tua sehingga tidak memenuhi anggota tubuh. Karena itu sel ini akan semakin banyak dan menjadi benjolan yang disebut tumor.

Baca juga:

2. Sifat Penyakit

Setelah penjelasan mengenai istilah tumor dan kanker, anda akan paham bahwa sebenarnya yang harus dibedakan adalah kanker jinak dan kanker ganas.

  • Kanker jinak

Kanker jinak payudara memiliki tumor yang sifatnya jinak yaitu sel tumbuh pada lokasinya, tidak menyebar ke tempat lain, sehingga jika dilakukan operasi dapat memberikan prognosis yang baik. Tumor ini memiliki beberapa konsistensi padat kenyal, lunak dan kista. Jika pada kenyal lebih condong pada fibroadenoma yang pertumbuhannya dipengaruhi oleh hormon. Jika lunak mungkin merupakan sebuah tumor jinak yang berasal dari lemak. Jika kista berarti berupa fibrocystic adenoma yang pertumbuhnnya dipengaruhi oleh hormon. Terdapat jenis penyakit kanker yang sebenarnya jinak yang kemudian dapat berubah menjadi ganas, namanya adalah tumor phyloides. Tumor ini sangat besar, besarnya bisa melebihi ukuran dada anda. Namun, gradenya bisa jinak, moderat dan ganas.

Sponsors Link

  • Kanker Ganas

Kanker ganas payudara, kanker ini biasanya memiliki konsistensi padat keras dan tidak nyeri. Kanker payudara yang ganas memiliki pertumbuhan sel tumor yang bersifat ganas. Sel tumor ganas tumbuh dan memebah dengan cepat dan dapat menginvasi jaringan sekitar. Karena pertumbuhanya ini tumor banyak menyerap nutrisi dasar host atau pasien kanker payudara. Sehingga gejala kanker payudara salah satunya adalah penurunan berat badan. Tubuh yang kurus dapat terlihat cukup kentara pada gejala kanker payudara stadium III dan gejala kanker payudara stadium IV. Kanker payudara pada stadium ini merupakan kanker stadium lanjut. Sedangkan, pada gejala awal kanker payudara,gejala tubuh yang kurus mungkin tidak akan terlalu nampak. Pada kanker payudara stadium 1 dan kanker payudara stadium II gejala penurunan berat badan ini ditandai dengan penurunan berat badan lebih dari 10% dalam waktu 1 bulan.

Baca juga:

3. Sifat sel

Ilmu yang mempelajari perubahan struktur pada sel yang mengalami neoplasma dinamakan patologi anatomi. Menurut ilmu ini, terdapat beberapa karakteristik yang membedakan tumor jinak dan tumor ganas.

  • Tumor Jinak

Tumor jinak memiliki cara pertumbuhan yang meluas. Tumor jinak tidak meinfiltrasi jaringan payudara yang sehat, namun mungkin akan mendesak jaringan normal yang lain sehingga tetap ada gejala awal kanker payudara berupa benjolan. (Artikel terkait: Penyebab Tumor Jinak Payudara)

Jika dilihat di bawah mikroskop, sel tumor jinak dan sel payudara yang sehat ini memiliki perbedaan yang jelas. Selain itu, melalui mikroskop anda dapat melihat inti sel tumor payudara yang kadang memiliki bentuk materi genetik atau kromatin yang normal atau mengalami sedikit perubahan, kenampakan aktivitas mitosis atau pembelahan sel juga jarang. Nekrosis atau jaringan payudara yang sehat yang mati juga jarang terlihat.

ads

Tumor jinak payudara memerlukan waktu bertahun- tahun untuk cepat membesar karena kecepatan tumbuh yang lambat. Namun, ada beberapa tipe kanker jinak payudara yang dalam perjalanannya dapat berubah menjadi tumor ganas payudara sehingga pertumbuhan tumor menjadi sangat cepat.

Sebenarnya tubuh kita memiliki sistem pertahanan yang akan melawan sesuatu yang menghambat kerja tubuh termasuk salah satunya adalah tumor. Cara sistem kekebalan tubuh kita untuk melindungi tubuh dari tumor adalah dengan membuat sebuah selubung pada tumor payudara jinak, sehingga tumor jinak tersebut seakan- akan memiliki kapsul. Kapsul akan memberikan batasan yang jelas antara sel kanker dan sel sehat. Kapsul ini dibentuk pertahanan tubuh kita adalah untuk melokalisir tumor agar tidak mudah menyebar dan metastasis ke organ lain dan menimbulkan gejala kanker paru, gejala kanker tulanggejala kanker hati, gejala kanker otak dan lain- lain.

Baca juga:

 

  • Tumor Ganas

Di sisi lain, tumor ganas payudara yang nama penyakitnya adalah kanker ganas payudara memiliki cara pertumbuhan infiltratif artinya tumor ini tidak hanya mendesak sel payudara yang masih sehat, namun dapat menembus tiap lapisan sel normal hingga masuk ke organ dalam tubuh. Karena sifatnya yang dapat menembus ini, jika dilihat lebih detil di bawah mikroskop, akan susah melihat perbedaan antara sel sehat dan sel kanker. Selain dapat menembus berbagai jaringan, kanker ini dapat tumbuh dengan cepat. Kecepatan tumbuh sel ini tidak mampu dibendung oleh sistem pertahanan kita sehingga tidak ada kapsul yang terbentuk dan jika dilihat tidak ada batas antara sel kanker dan sel normal. Tidak adanya kapsul ini dapat membuat tumor ganas cepat menyebar dan bermetastasis, Jika kanker payudara sudah mencapai tahap ini makan disebut gejala kanker payudara stadium 4. Aktivitas pembelahan sel juga sering terlihat di bawah mirkroskop dengan intis sel yang memiliki matergenetik yang kasar dan bentuknya bermacam- macam dengan inti yang besar, ukuran inti sel hampir 80% ukuran sel itu sendiri. Jaringan tumor ganas banyak megambil nutrisi dari sel lain dan menyebabkan sel tersebut mati dan menimbulkan nekrosis atau jaringan mati. (baca juga: Ciri ciri Tumor Ganas)

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai perbedaan tumor payudara dan kanker payudara. Semoga bisa menambah wawasan anda ya.

, ,
Post Date: Sunday 30th, July 2017 / 08:42 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara