5 Perbedaan Tumor dan Kanker Payudara Paling Mudah Terlihat

Kebanyakan wanita menganggap tumor pada payudara dan kanker payudara itu sama, padahal keduanya jelas berbeda dan biasanya membutuhkan penanganan yang sedikit berbeda pula. Karena ketidaktahuan ini, wanita biasanya buru-buru panik saat menemukan adanya benjolan di payudaranya. Sebaliknya, ada yang merasa biasa saja karena menganggap benjolan di payudaranya hanya berupa tumor jinak yang tidak berbahaya. Anggapan seperti ini dapat membahayakan nyawa wanita itu sendiri karena jika memang terdapat kanker ganas pada payudaranya dan tidak segera ditangani maka kematian tidak dapat dihindari.

Sponsors Link

Tumor payudara maupun kanker payudara memang semestinya diwaspadai, meski biasanya tumor lebih jinak dan mudah untuk disembuhkan, terlambat penanganan dapat memicu terbentuknya sel kanker. Karena itu pemeriksaan diri secara rutin sangat perlu dilakukan agar kondisi payudara selalu terkontrol. Tidak perlu pergi ke rumah sakit, karena kita sendiri juga dapat memeriksanya di rumah. Cara mencegah kanker payudara sejak dini ini cukup efektif untuk melindungi nyawa kita dari penyakit berbahaya tersebut.

Agar tidak salah kaprah dan lebih memahami mengenai tumor dan kanker payudara, berikut ini terdapat beberapa perbedaan tumor dan kanker payudara yang wajib untuk diketahui.

1. Perbedaan Gejala benjolan

Tumor payudara biasanya memiliki benjolan yang lebih lunak. Benjolan tersebut juga bisa bergerak dan berpindah tempat saat ditekan. Tumor payudara biasanya tidak terlalu ganas dan kemungkinan untuk sembuh dari penyakit ini masih cukup besar. Benjolan tumor pada payudara biasanya tidak terasa sakit, pertumbuhannya sangat lambat dan hanya sekitar 15 persen saja yang berkembang menjadi kanker. Meski tidak berbahaya, tumor payudara tetap harus diwaspadai, dan jika merasakan ada sesuatu yang berbeda pada payudara, tidak perlu langsung panik namun harus segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

Sementara itu, kanker payudara memiliki benjolan yang padat dan keras, lebih statis dan sulit bergerak karena sel kanker menyatu dengan sel sehat di sekitarnya. Sel kanker payudara juga dapat berkembang lebih cepat, bahkan dalam delapan hingga dua ratus hari pertumbuhannya sudah sangat jelas terlihat. Benjolan kanker payudara sangat ganas, dapat menyebabkan sel pada payudara terganggu sehingga payudara dapat berubah bantuk, kulitnya mengkerut hingga putingnya masuk ke dalam. Dengan pemeriksaan payudara secara rutin di rumah, maka kita dapat mendeteksi adanya kanker payudara, sehingga penyakit tersebut bisa segera ditangani dan angka kesembuhan masih cukup tinggi.

2. Berdasarkan Sifat dan Ciri-cirinya

Tumor payudara bisa dibilang seperti kista, yang tumbuh hanya pada satu tempat saja. Jarang sekali tumor payudara menyebar ke jaringan lain, sehingga tumor payudara biasanya dianggap tidak berbahaya. Ciri-ciri tumor jinak payudara yaitu tidak menginvasi sel didekatnya, karena itu tumor tidak menempel dan sering bergerak bila ditekan. Tumor payudara tidak mengganggu fungsi payudara, tidak menyerap nutrisi sel dan biasanya bisa langsung sembuh jika langsung ditangani oleh tim medis.

Sedangkan ciri-ciri kanker payudara tergolong ganas, dapat menginvasi sel dan jaringan di sekitarnya sehingga kanker bersifat seperti parasit yang menggerogoti. Kanker payudara dapat membentuk jaringan pembuluh darah yang baru dan mampu menyerap nutrisi sel di sekitarnya. Kanker payudata juga terbagi dalam empat stadium sesuai dengan tingkat keparahannya. Kanker payudara dapat menyebabkan penyakit lainnya dan organ di sekitarnya bisa ikut terjangkit kanker sehingga kanker payudara lebih berbahaya.

Sponsors Link

3. Metode Pengobatan

Tumor payudara biasanya bisa segera sembuh hanya dengan melakukan sekali pengangkatan saja melalui tindakan operasi. Jarang sekali tumor payudara tumbuh kembali dan juga sangat jarang menggunakan lebih dari satu metode pengobatan untuk menyembuhkannya. Sedangkan kanker payudara biasanya melibatkan beberapa metode pengobatan untuk memastikan penyakit tersebut benar-benar sembuh. Kemoterapi kanker payudara merupakan metode yang paling sering digunakan. Selain itu, biasanya pengobatan juga melibatkan tindakan operasi, terapi radiasi dan terapi imun yang dikombinasi sesuai tingkat keparahannya.

Agar tumor dan kanker payudara tidak menyerang tubuh kita sebaiknya konsumsi makanan pencegah kanker payudara secara rutin. Selain itu, berolahraga secara teratur dan melakukan pemeriksaan sendiri bisa menjadi cara mencegah kanker payudara sejak dini. Kepedulian kita terhadap kesehatan akan menjadikan tubuh kita terhindar dari berbagai penyakit termasuk tumor dan kanker.

, , , ,
Post Date: Saturday 21st, October 2017 / 03:39 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara