6 Penyebab Tumor Payudara Tumbuh Lagi Yang Wajib Di Waspadai

Tumor payudara dapat kambuh setiap saat, tetapi kebanyakan kekambuhan terjadi pada tiga sampai lima tahun pertama setelah perawatan awal. Tumor payudara dapat kembali sebagai kekambuhan lokal pada payudara yang diobati atau dekat bekas luka mastektomi atau sebagai kekambuhan yang jauh di tempat lain di dalam tubuh. Tempat kekambuhan yang paling sering adalah kelenjar getah bening, tulang, hati atau paru – paru seperti ciri-ciri kanker payudara menyebar ke otak. Sebuah kekambuhan tumor payudara, atau “tumor payudara berulang,” adalah tumor yang telah kembali pada payudara atau dinding dada yang sama atau berlawanan setelah jangka waktu ketika tumor tidak dapat dideteksi.

Sponsors Link

Faktor dan Penyebab Tumor Payudara Tumbuh Lagi

Selama operasi untuk menghapus diagnosis asli tumor payudara lumpektomi atau mastektomi, ahli bedah menghilangkan semua tumor yang dapat dilihat dan dirasakan. Tetapi tes untuk tumor tidak cukup sensitif untuk mendeteksi kelompok kecil sel tumor yang mungkin tersisa setelah operasi. Adalah mungkin bagi kelompok sel yang terisolasi untuk bertahan hidup terapi radiasi dan kemoterapi yang dimaksudkan untuk mengurangi risiko kekambuhan. Bahkan sel tunggal yang lolos dari perawatan mungkin dapat berkembang biak dan tumbuh menjadi tumor. Tumor payudara dapat kembali dalam tiga area umum:

  • Area payudara tempat tumor didiagnosis, ini disebut kekambuhan lokal
  • Kelenjar getah bening di daerah ketiak atau tulang leher dekat tempat tumor didiagnosis, ini disebut kekambuhan regional
  • Bagian lain dari tubuh seperti paru-paru, tulang, atau otak, jarang : payudara yang berlawanan, ini disebut kekambuhan metastasis atau jauh

Beberapa dokter percaya bahwa kekambuhan tumor payudara lokal dan regional berbagi banyak karakteristik yang sama, sehingga mereka dapat menggunakan istilah “locoregional” kekambuhan. Penelitian telah menunjukkan bahwa “kepribadian” tumor dapat berubah ketika tumor payudara kembali yang merupakan salah satu penyebab tumor payudara tumbuh lagi. Sebagai contoh, status hormon-reseptor dapat berubah dari hormon-reseptor-positif menjadi hormon-reseptor-negatif. Status HER2 juga mungkin berbeda dari kanker payudara asli. Jika Anda sudah diobati untuk tumor payudara dan sekarang memiliki diagnosis baru tumor payudara berulang, dokter Anda mungkin ingin biopsi area metastasis untuk mengetahui apakah ada perubahan dalam hormon-reseptor atau status HER2.

Bagaimana Mengetahui Penyebab Tumor Payudara Tumbuh Lagi?

Jika Anda telah dirawat karena tumor payudara, Anda harus terus berlatih pemeriksaan payudara sendiri, memeriksa area yang dirawat dan payudara Anda yang lain setiap bulan. Anda harus melaporkan setiap perubahan ke dokter Anda segera. Perubahan payudara yang mungkin mengindikasikan kekambuhan meliputi:

  • Area yang sangat berbeda dari area lain di payudara
  • Benjolan atau penebalan di atau dekat payudara atau di ketiak yang bertahan melalui siklus menstruasi
  • Perubahan ukuran, bentuk, atau kontur payudara
  • Massa atau benjolan, yang mungkin terasa sekecil kacang
  • Daerah seperti marmer di bawah kulit
  • Perubahan dalam rasa atau penampilan kulit pada payudara atau puting , termasuk kulit yang berlesung pipit, mengerut, bersisik, atau meradang (merah, hangat atau bengkak)
  • Pembuangan cairan berdarah atau bening dari puting
  • Kemerahan pada kulit di payudara atau puting

Selain melakukan pemeriksaan payudara sendiri bulanan, jagalah janji tindak lanjut terjadwal Anda dengan dokter Anda. Selama penunjukan ini, penyedia layanan kesehatan Anda akan melakukan pemeriksaan payudara, memesan lab atau tes pencitraan seperlunya, dan menanyakan gejala apa pun yang mungkin Anda miliki. Awalnya, janji tindak lanjut ini dapat dijadwalkan setiap tiga hingga empat bulan. Semakin lama Anda bebas tumor, semakin jarang Anda perlu menemui penyedia layanan kesehatan Anda. Terus ikuti rekomendasi penyedia layanan kesehatan Anda untuk pemeriksaan mammogram (biasanya disarankan sekali setahun).

Sponsors Link

Apa Faktor Yang Menentukan Kemungkinan Terjadinya Kekambuhan?

Indikator prognostik adalah karakteristik pasien dan tumornya yang dapat membantu dokter memprediksi kekambuhan tumor seperti ciri-ciri kanker payudara menyebar ke tulang. Ini adalah beberapa indikator umum:

  1. Keterlibatan kelenjar getah bening. Wanita yang memiliki keterlibatan kelenjar getah bening lebih cenderung memiliki kekambuhan.
  2. Ukuran tumor. Secara umum, semakin besar tumor, semakin besar kemungkinan kekambuhan.
  3. Reseptor hormon. Sekitar dua pertiga dari semua tumor payudara mengandung kadar reseptor estrogen yang signifikan , yang berarti tumor adalah reseptor estrogen positif (ER +). Tumor ER-positif cenderung tumbuh kurang agresif dan dapat memberikan respons positif terhadap pengobatan dengan hormon.
  4. Nilai histologis. Istilah ini mengacu pada seberapa banyak sel-sel tumor menyerupai sel-sel normal ketika dilihat di bawah mikroskop; skala penilaian adalah 1 hingga 4. Tumor kelas 4 mengandung sel – sel kanker yang sangat abnormal dan tumbuh dengan cepat . Semakin tinggi tingkat histologis, semakin besar kemungkinan kambuhnya.
  5. Kelas nuklir. Ini adalah tingkat di mana sel-sel kanker di tumor membelah untuk membentuk lebih banyak sel. Sel-sel tumor dengan tingkat nuklir yang tinggi (juga disebut kapasitas proliferatif) biasanya lebih agresif (tumbuh lebih cepat).
  6. Ekspresi onkogen. Onkogen adalah gen yang menyebabkan atau mendorong perubahan tumor di dalam sel. Tumor yang mengandung onkogen tertentu dapat meningkatkan kemungkinan pasien untuk kambuh.

Bagaimana Prognosis Saya Mempengaruhi Perawatan?

Setelah operasi atau radiasi, tim perawatan Anda akan menentukan kemungkinan bahwa tumor akan kambuh di luar payudara. Tim ini biasanya termasuk seorang ahli onkologi medis, seorang spesialis yang terlatih dalam menggunakan obat-obatan untuk mengobati tumorpayudara. Ahli onkologi medis, yang bekerja dengan ahli bedah Anda, dapat menyarankan penggunaan tamoxifen (tamoxifen citrate, Nolvadex ) atau mungkin kemoterapi . Perawatan ini digunakan selain untuk, tetapi tidak di tempat, perawatan tumor payudara lokal dengan operasi dan / atau terapi radiasi seperti ciri-ciri kanker payudara.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Payudara

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.