12 Penyebab Kanker Payudara pada Wanita Muda

Kanker payudara merupakan penyakit yang sangat ditakuti wanita karena jenis kanker ini menjadi pembunuh nomor satu wanita. Kanker payudara belakangan ini tidak hanya menyerang wanita dewasa saja, bahkan wanita muda dan remaja pun banyak yang terkena penyakit tersebut. Penyebab kanker payudara memang cukup banyak dan ada dalam kehidupan sehari-hari, sehingga sangat penting bagi kita untuk mengetahuinya agar tidak terkena penyakit tersebut.

Sponsors Link

Ciri-ciri kanker payudara yang sangat umum adalah adanya benjolan pada payudara atau ketiak yang semakin lama semakin besar dan terasa sakit. Wanita muda perlu memahami ciri dan penyebab kanker payudara karena penyakit ini sangat berbahaya, apalagi jika akan menjadi seorang ibu maka gejala kanker payudara pada ibu menyusui penting untuk diketahui. Adapun penyebab kanker payudara pada wanita muda yaitu sebagai berikut.

1. Faktor Keturunan

Faktor genetik memang berpengaruh terhadap wanita muda yang memiliki resiko tinggi terhadap kanker payudara. Jika ibu atau anggota keluarga ada yang memiliki riwayat penyakit tersebut, sebaiknya wanita tersebut lebih waspada karena ia sangat rentan mengalami penyakit yang sama.

2. Kepadatan Payudara

Kanker payudara juga sangat rentan dialami oleh wanita muda yang memiliki payudara dengan jaringan susu lebih padat. Jaringan susu tersebut membuat payudara rentan mengalami mutasi genetik sehingga meningkatkan resiko munculnya kanker payudara.

3. Mengkonsumsi Alkohol

Sekarang ini wanita yang mengkonsumsi alkohol bukan lagi dianggap hal yang tabu, sehingga kebiasaan mengkonsumsi alkohol pun sudah menjadi gaya hidup bagi banyak wanita. Padahal kandungan senyawa kimia dalam minuman alkohol dapat menyebabkan kerusakan jaringan payudara hingga muncul kanker payudara pada wanita muda.

4. Merokok

Bukan hanya minum alkohol saja yang menjadi gaya hidup wanita muda masa kini, bahkan merokok pun sudah menjadi kebiasaan yang tidak lagi dianggap tabu. Paparan asap rokok yang terjadi dalam waktu lama dapat memicu munculnya sel kanker pada payudara bahkan menyebabkan banyak penyakit lainnya yang membahayakan nyawa.

5. Paparan Radiasi

Jika seorang wanita pernah menjalani pengobatan dengan sinar radiasi seperti sinar X dan menjalani CT scan, hal tersebut dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Apalagi jika penyinaran tersebut langsung mengenai bagian dada maka dapat menyebabkan mutasi genetik pada jaringan payudara.

6. Makanan Tidak Sehat

Wanita muda sekarang ini sangat menyukai makanan cepat saji dan makanan yang banyak mengandung pepsin, padahal makanan tersebut sangat berbahaya jika sering dikonsumsi. Makanan kemasan, makanan kaleng, bakso dan yang lainnya memang mengandung banyak penyedap, pemanis buatan, pewarna dan pengawet sehingga dapat memicu kanker payudara.

7. Berat Badan Berlebih

Kondisi obesitas atau kegemukan yang dialami para wanita muda sangat beresiko mengalami kanker payudara dan penyakit berbahaya lainnya. Lemak berlebih dalam tubuh dapat menghambat proses metabolisme dan mengganggu fungsi berbagai organ tubuh sehingga sel tidak dapat beraktivitas dengan normal. Akibatnya kanker payudara pun bisa terjadi pada wanita muda yang mengalami kelebihan berat badan.

8. Implan Payudara

Setiap wanita pasti ingin terlihat cantik dan kebanyakan wanita muda sekarang ini memilih untuk implan payudara agar payudaranya terlihat lebih besar, kencang dan padat. Padahal tindakan tersebut sangat berbahaya karena dapat menyebabkan payudara mengalami gangguan seperti kanker payudara.

9. Sering Bergadang

Sebagian wanita muda mungkin ada yang memiliki kesibukan padat baik karena tugas sekolah atau pekerjaan sehingga sering lembur untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Kebiasaan bergadang ini tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat memicu kanker payudara karena terjadi gangguan produksi hormon di dalam tubuh.

Sponsors Link

10. Terapi Pengganti Hormon

Jika seorang wanita pernah menjalani terapi pengganti hormon maka ia berpeluang besar mengalami kanker payudara. Suntik hormon dapat mempengaruhi siklus dan metabolisme dalam tubuh dan hal ini dapat membuat kelenjar dan jaringan payudara mengalami mutasi genetik sehingga terbentuk sel kanker.

11. Tumor Jinak

Saat ini memang banyak wanita muda yang belum menikah mengalami tumor jinak pada payudaranya. Umumnya tumor jinak tersebut tidak berbahaya dan dengan tindakan operasi penyakit tersebut dapat diatasi. Namun dalam beberapa kasus benjolan dari tumor jinak tersebut berubah menjadi ganas sehingga membentuk sel kanker pada payudara.

12. Mengkonsumsi Pil KB

Ada sebagian wanita yang memilih mengkonsumsi pil KB karena alasan tertentu baik karena menghindari kehamilan maupun hal lainnya. Pil KB dapat mempengaruhi produksi hormon pada tubuh wanita dan hal ini dpaat memicu penyakit kanker payudara di usia muda.

Wanita harus peka dengan kesehatannya dan memahami penyebab kanker payudara pada wanita muda di atas untuk menghindari resiko penyakit tersebut. Selain itu wanita bisa mengkonsumsi jus pencegah kanker payudara setiap hari maupun mengkonsumsi makanan sehat untuk penderita kanker payudara sehingga dapat terhindar dari kanker payudara terutama pada wanita muda.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.