11 Pengobatan Tumor Ganas Payudara untuk Pria dan Wanita

Tumor ganas payudara sangat mirip atau bisa dikatakan sama dengan kanker payudara, karena keduanya dapat menyebar dan merusak jaringan tubuh lainnya. Tumor ganas payudara sangat berbahaya karena jenis tumor payudara satu ini dapat menyebabkan kematian dan sulit untuk disembuhkan. Biasanya tumor ganas ini bermula dari penyebab tumor jinak payudara, namun seiring berjalannya waktu dan dipengaruhi gaya hidup yang dijalani, muncul penyebab  tumor jinak menjadi ganas sehingga berubah menjadi kanker. Karena itu sangat penting untuk melakukan pemeriksaan payudara secara rutin baik secara mandiri maupun dengan bantuan tenaga medis.

Sponsors Link

Perbedaan tumor payudara dan kanker payudara umumnya terletak pada sifat benjolannya, karena itu sangat penting untuk mengetahui ciri benjolan kanker payudara dan stadium kanker payudara untuk bisa mengantisipasinya sedini mungkin. Pengobatan tumor ganas payudara tentu sangat dibutuhkan untuk bisa sembuh dari penyakit tersebut. Cara mengobati tumor payudara dapat dilakukan dalam berbagai metode dan obat, baik secara medis maupun tradisional. Terapi tumor payudara terutama yang sifatnya ganas harus dilakukan secepatnya secara intensif agar tumor tidak semakin berkembang dan menyebar lebih jauh. Berikut ini terdapat pengobatan tumor ganas payudara yang bisa dicoba dan tentunya telah berhasil dilakukan pada pasien tumor payudara.

1. Pembedahan

Umumnya penyakit tumor akan diatasi secara medis dengan opsi pertama yaitu pembedahan. Sebelum operasi dilakukan dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui lokasi tumor, jenis, ukuran dan penyebarannya. Setelah itu dokter akan menentukan apakah operasi kanker payudara dilakukan dengan cara mastektomi atau lumpektomi sesuai dengan kondisi tumor yang diderita.

2. Terapi Hormon

Munculnya tumor kebanyakan juga disebabkan oleh kondisi hormon dalam tubuh yang tidak stabil atau berlebihan, dan untuk mengatasinya terapi hormon dapat menjadi pilihan. Dengan menormalkan kadar hormon tersebut, diharapkan tumor dapat mengecil sehingga dapat diatasi dengan lebih mudah.

3. Kemoterapi

Beberapa jenis-jenis tumor jinak maupun ganas muncul dikarenakan gaya hidup penyebab kanker yang terus dijalani dalam waktu yang lama. Karena itu mutasi genetik tidak dapat dihindari hingga memicu tumor ganas muncul di payudara. Untuk menghancurkan sel tumor hingga tuntas, seringkali dokter akan menyarankan tindakan kemoterapi kanker payudara yang dilakukan secara bertahap.

4. Radioterapi

Jika kemoterapi menggunakan obat kimia yang disuntukkan ke dalam tubuh, radioterapi menggunakan sinar radiasi yang diarahkan ke payudara untuk menghancurkan sel tumor. Jika tumor tidak terlalu besar biasanya cara ini efektif. Namun kurang berhasil jika tumor berukuran besar karena sinar tidak dapat menembus massa tumor yang padat tersebut.

5.Terapi Target

Terapi target juga bisa diberikan untuk mendukung pengobatan tumor payudara ganas selain kemoterapi. Metode ini lebih minim dalam hal merusak sel sehat tubuh, namun dapat meningkatkan resiko gagal jantung jika dikombinasikan dengan kemoterapi. Tujuan pengobatan ini yaitu untuk menghambat sel tumor berkembang terutama pada kanker payudara HER2 positif.

6. Imunoterapi

Terapi imun termasuk terapi yang mahal, namun dapat digunakan untuk mendukung pengobatan utama tumor ganas payudara. Terapi ini membantu meningkatkan imunitas tubuh sehingga tubuh secara mandiri melakukan perlawanan terhadap sel tumor dan menghancurkannya dari dalam.

Sponsors Link

7. Daun Sirsak

Daun sirsak termasuk pengobatan tumor payudara yang bersifat tradisional, sehingga lebih mudah terjangkau bagi masyarakat ekonomi rendah. Meski kandungan senyawa di dalamnya terbukti ampuh menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor, masih diperlukan uji coba untuk membuktikan kebenaran tersebut.

8. Kulit Manggis

Selain daun sirsak, kulit manggis pun juga dapat mengatasi tumor ganas payudara. Cukup dengan merebusnya dan meminum airnya secara rutin hingga sembuh. Namun, kulit manggis pun masih perlu pengujian lebih jauh agar dapat dibakukan sebagai obat kanker dan tumor yang pasti khasiatnya.

9. Sarang Semut

Sarang semut merupakan tanaman epifit khas yang berkhasiat sebagai obat herbal termasuk dapat mengatasi penyakit tumor dan kanker. Air rebusan sarang semut yang diminum setiap hari dapat menghambat perkembangan sel kanker karena kandungan flavonoidnya yang sangat tinggi.

10. Kunyit Putih

Kunyit putih memang tidak setenar kunyit kuning yang kerap dijadikan bumbu masakan, namun khasiatnya sebagai obat tumor sangat dipercaya masyarakat. Kunyit putih dapat diparut dan diambil sarinya atau bisa juga merebusnya dan meminum airnya secara rutin.

11. Tapak Dara

Tanaman tapak dara yang kerap dijadikan tanaman hias ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat kanker dan tumor payudara ganas secara alami. Memang belum teruji secara klinis, namun tapak dara sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan tumor dalam tubuh.

Itulah pengobatan tumor ganas payudara yang bisa dilakukan baik secara konvensional maupun tradisional. Selalu utamakan untuk berkonsultasi dengan dokter yang ahli mengenai kanker sebelum memutuskan pengobatan yang tepat agar pengobatan bisa berjalan lancar. Jangan lupa jalani pola hidup sehat untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah tumor datang kembali.

, , , ,