Obat untuk Mengeringkan Luka Kanker Payudara dan Cara Membersihkannya

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling ditakuti oleh kaum wanita selain kanker serviks pada wanita. Terlebih lagi jika kanker payudara tidak terdeteksi dari dini dan sudah sampai pada pertumbuhan stadium lanjut, maka biasanya akan menimbulkan luka kanker payudara. Luka yang ditimbulkan kanker payudara ini juga biasanya akan bersifat basah dan sulit mengering, sehingga dapat mengganggu kenyamanan penderita kanker payudara sehari-hari. Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai obat untuk mengeringkan luka kanker payudara secara umum.

Sponsors Link

Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu tumor ganas yang telah berkembang di jaringan payudara. Sel-sel kanker tersebut biasanya akan berkembang dan menyebar secara cepat ke sekitar jaringan payudara maupun bagian tubuh lainnya. Dimana sel kanker payudara tersebut dapat menyerang di jaringan lemak didalam payudara, kelenjar susu, maupun di saluran susu. Walaupun kebanyakan penderita kanker payudara adalah wanita, tetap saja tidak menutup kemungkinan dapat dialami oleh kaum pria.

Salah satu tanda-tanda kanker payudara adalah munculnya benjolan di daerah payudara, dimana memiliki tekstur yang keras dengan batas yang tidak jelas serta permukaan yang tidak merata. Selain benjolan tersebut, ada pula ciri-ciri lainnya seperti bentuk, ukuran, dan tampilan dari payudara yang berubah, perubahan puting payudara, rasa sakit pada payudara, dan lain sebagainya tergantung pada stadium atau tahapan kanker payudara yang dialami. Kanker payudara sendiri memang sama dengan jenis kanker lainnya yang memiliki tahapan atau stadium 1 hingga stadium 4. Dimana salah satu ciri yang menonjol pada stadium 4 atau stadium lanjut ini adalah munculnya luka kanker payudara yang akan dibahas dalam penjelasan selanjutnya.

Membersihkan Luka Kanker Payudara

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pada kanker stadium lanjut biasanya penderita akan mengalami luka kanker terbuka. Luka kanker terbuka tersebut biasanya akan terus basah dan sulit untuk dikeringkan, terlebih lagi luka yang timbul akan disertai dengan rembesan luka, bau, gatal, nyeri, hingga juga ada nanah dan darah yang keluar. Oleh sebab itu, pada penderita kanker payudara stadium lanjut perlu dilakukan pembersihan atau pengeringan luka secara berkala.

Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengurangi ketidaknyamanan atas munculnya luka kanker terbuka tersebut, biasanya dapat digunakan bubuk Typhonium Plus atau TP. Bubuk ini diketahui dapat mengurangi nanah yang keluar, mengurangi bau serta rasa sakit yang ditimbulkan dari luka kanker tersebut. Memang untuk mengeringkan luka kanker payudara sendiri sedikit susah, karena sifat dari luka itu sendiri yang basah akibat dari cairan seperti nanah maupun darah yang kerap keluar. Oleh sebab itu, perlu untuk dilakukan pembersihan luka kanker secara berkala, dan pemberian salep seperti salep Teramycin untuk menjaga luka dari infeksi dan kemudian dibalut dengan perban dan plester.

Sedangkan untuk membersihkan luka kanker, pasien kanker payudara juga bisa menggunakan saline water atau yang lebih dikenal dengan cairan infus. Untuk menggunakan cairan infus hangat sendiri anda dapat menggunakan kapas atau kain kasa yang telah direndam dalam cairan infus tersebut, dan digunakan untuk membersihkan luka kanker terbuka.

Dalam melakukan pembersihan pada luka kanker anda juga perlu menggunakan sarung tangan yang bersih untuk menghindari adanya infeksi bakteri jika tangan ternyata dalam kondisi tidak steril. Jika terjadi infeksi bakteri pada luka kanker, maka anda perlu untuk melakukan konsultasi dengan dokter agar dapat diberikan obat antibiotik yang sesuai dengan kondisi luka anda.

Sponsors Link

Tidak hanya pada kanker payudara yang masih aktif saja seperti pada stadium lanjut yang memang susah untuk dikeringkan, pada pasien kanker payudara dimana selesai menjalani operasi pengangkatan payudara juga biasanya akan menimbulkan luka kanker payudara. Luka setelah operasi kanker payudara tersebut juga diketahui sulit untuk kering, walaupun pada dasarnya luka akan kering setelah 7 hari. Namun hal tersebut juga masih bergantung pada besarnya luka, kondisi pasien, dan juga nutrisi yang dikonsumsi oleh pasien itu sendiri. Artinya bahwa cepat keringnya luka kanker payudara juga didasarkan pada asupan yang dikonsumsi, karena pada dasarnya penyembuhan luka berasal dari tubuh sendiri.

Kondisi tersebut juga dapat diterapkan pada luka kanker payudara yang masih aktif, dimana tidak hanya melalui obat saja tetapi melalui bantuan dari tubuh sendiri seperti dorongan ingin sembuh, menjaga nutrisi asupan yang baik, dan lain sebagainya juga dapat membantu proses penyembuhan dan pengeringan dari luka kanker payudara.

Demikian penjelasan mengenai obat untuk mengeringkan luka kanker payudara. Perlu diperhatikan bahwa menemukan cara yang aman dan sesuai dengan kondisi masing-masing pasien perlu dilakukan konsultasi dengan dokter lebih lanjut, karena reaksi tubuh atau kondisi setiap penderita kanker berbeda-beda satu sama lain. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.