Inilah 9 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Operasi Tumor Payudara

Jenis tumor payudara terbagi menjadi dua yaitu tumor ganas dan tumo jinak. Umumnya ciri-ciri tumor jinak pada payudara tidak berbahaya namun menganggu penampilan dan kenyamanan pasien, sementara tumor payudara ganas disebut sebagai kanker payudara dimana meupakan jenis kanker yang paling banyak di Indonesia.

Sponsors Link

Baik tumor jinak maupun ganas bisa menyebar ke bagian tubuh lain bahkan sampai organ dalam. Salah satu cara mengobati tumor payudara adalah operasi. Bagi pasien yang baru saja melakukan operasi tumor payudara, ada beberapa makanan yang sangat pantang untuk dimakan. Berikut ulasannya, mdiantaranya adalah:

  • Kangkung dan sawi putih

Kedua jenis sayuran ini tidak boleh dikonsumsi sementara setelah melakukan operasi tumor payudara sekitar 6-7 bulan. Sebab, kangkung dan sawi putih tersebut dapat mempengaruhi kinerja obat yang diberikan oleh dokter pasca operasi dengan menurunkan efektivitas dan keampuhan obat. Selain itu, sayuran tersebut dapat memperlambat pemulihan terapi tumor payudara dan penyembuhan dari luka.

  • Makanan pedas atau mengandung cabai

Makanan pedas atau makanan yang mengandung cabai untuk sementara tidak boleh dimakan oleh pasien setelah operasi. Sebab, makanan tersebut bisa memengaruhi masuknya oksigen dalam tubuh. Apabila tubuh tidak cukup mendapatkan asupan oksigen, kesembuhan juga bisa terhambat.

  • Zat aditif

Makanan yang mengandung zat aditif juga tidak boleh dikonsumsi oleh pasien sepeti makanan instan, minuman ringan atau serbuk dan sebagainya. Karena, mengonsumsi makanan yang mengandung zat aditif dapat beresiko untuk membuat Anda terkena tumor payudara kembali bahkan lebih parah.

  • Zat karsinogenik

Makanan selanjutnya yang harus dihindari oleh pasien setelah melakukan operasi tumor payudara adalah makanan yang mengandung zat karsinogenik. Zat karsinogenik tersebut merupakan zat yang merangsang tumor dan kanker untuk bersarang di tubuh Anda. Makanan yang mengandung zat karsinogenik adalah makanan yang dibakar atau digoreng dengan kandungan lemak jenuh.

  • Makanan  berwadah plastik

Segera hentikan untuk mengonsumsi makanan yang menggunakan wadah plastik. Jika perlu Anda bisa menggantinya dengan wadah yang lebih aman yakni wadah yang terbuat dari beling ataupaun bahan lain agar makanan menjadi lebih aman dikonsumsi. Sebab, plastik dikhawatirkan bisa menempel pada makanan sehingga menjadi pemicu timbulnya tumor atau kanker.

  • Alkohol

Makanan yang mengandung alkohol juga tidak boleh dimakan setelah melakukan operasi tumor, salah satunya adalah buah durian, nangka, lengkeng buku dan anggur. Sebab kandungan gas dan alkohol yang dimiliki oleh buah-buahan tersebut dapat menganggu proses penyembuhan dan pemulihan tubuh secara maksimal.

  • Makanan laut

Makanan laut yang tidak boleh dikonsumsi pasca operasi adalah udang, cumi, kerang, dan  ikan asin. Ikan asin disini mengandung bahan allergen yeng membuat penyembuhan luka setelah operasi menjadi lebih lama. Sedangkan, cumi dapat membuat tumor atau kanker kembali hadir.

  • Olahan susu

Olahan susu juga tidak cocok dikonsumsi setelah melakukan operasi sebab olahan ini dapat menambah kemungkinan terjadinya sembelit. Sembelit tersebut dapat membuat Anda susah buang air besar atau lama mengejan sehingga hal ini bisa membuat robeknya luka pasca operasi tumor payudara.

  • Makanan atau minuman berkafein

Kafein jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat memang dapat meningkatkan semangat dalam tubuh. Akan tetapi hal ini tidak berlaku bagi pasien pasca melakukan operasi tumor payudara. Apabila dikonsumsi, makanan atau minuman yang mengandung kafein tersebut dapat menghambat masuknya nutrisi dari obat ataupun makanan lain untuk masuk ke dalam tubuh sehingga memperbesar efek tumor payudara .

Demikian makanan yang tidak boleh dimakan setelah operasi tumor payudara dan semoga bermanfaat.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.