12 Makanan Sehat untuk Penderita Kanker Payudara

Kanker payudara sekarang ini sudah sangat populer sebagai penyakit yang paling sering merenggut nyawa kaum wanita. Ciri-ciri kanker payudara umumnya ditandai dengan munculnya benjolan pada area sekitar payudara, yang bisa juga menandakan adanya tumor payudara. Namun perbedaan tumor dan kanker payudara tetap dapat diketahui dengan jelas bila diperhatikan dengan seksama. Kita perlu mencegah munculnya penyakit ini sedini mungkin, salah satu caranya dengan mengkonsumsi daftar makanan sehari-hari pencegah kanker secara rutin. Sama halnya dengan makanan sehat untuk penderita kanker otak, kita juga perlu mengetahui makanan pencegah kanker payudara yang bisa dikonsumsi setiap hari. Berikut ini adalah beberapa makanan sehat untuk penderita kanker payudara yang dapat mencegah penyakit tersebut dan membantu menyembuhkan secara alami.

Sponsors Link

1. Sayuran dari Jenis Kubis-kubisan

Ada beberapa jenis sayur yang berasal dari jenis kubis-kubisan, seperti brokoli, kol, kembang kol, lobak, sawi merah dan yang lainnya ternyata dapat membantu proses penyembuhan kanker payudara. Sayuran tersebut mengandung banyak sekali senyawa aktif yang bersifat sebagai antioksidan di antaranya kumarin, fenol, betakaroten dan glukosinoat. Dengan begitu senyawa tersebut akan menekan perkembangan sel kanker pada payudara.

2. Wortel

Wortel juga merupakan jenis sayuran yang ampuh dalam melawan sel kanker, termasuk kanker payudara. Wortel mengandung betakaroten, gluthatione, asam folat dan antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas penyebab munculnya kanker. Jadi, biasakan untuk mengkonsumsi wortel secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang terbaik.

3.Blueberry

Buah blueberry dikenal sebagai buah yang mengandung antioksidan tinggi dan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Buah ini tidak hanya bagus dikonsumsi penderita kanker payudara, namun juga bagus dikonsumsi oleh orang yang sehat untuk mencegah munculnya penyakit tersebut.

4. Sirsak

Buah sirsak maupun daunnya juga sudah cukup terkenal akan manfaatnya dalam melawan penyakit kanker. Tidak hanya bermanfaat menghambat kanker payudara, buah sirsak juga dapat mengatasi penyakit kanker lainnya. Kandungan senyawa aktif dan antioksidan dalam buah sirsak sangat ampuh dalam mencegah pembentukan sel kanker atau perkembangan sel kanker pada payudara.

5. Jeruk

Baik jeruk manis, lemon maupun jeruk nipiss sama-sama mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, karena kandungan antioksidannya berupa vitamin C cukup tinggi. Jeruk yang manis bisa langsung dimakan, sedangkan yang rasanya masam bisa dijadikan minuman segar agar terasa lebih nikmat.

6. Tomat

Buah yang sering dijadikan penyedap masakan ini pun sangat bagus dikonsumsi penderita kanker payudara. Kandungan likopen dan vitamin C pada tomat sangat efektif mencegah perkembangan sel kanker, tidak hanya kanker payudara tetapi bisa juga untuk kanker lainnya seperti kanker porstat.

7. Nenas

Buah nenas mungkin sedikit dihindari wanita yang sedang haid atau mengalami keputihan, karena dikabarkan dapat memperparah kondisi tersebut. Namun siapa sangka buah nenas mampu melawan penyakit kanker, bahkan ada yang sembuh dari kanker karena rutin mengkonsumsi nenas. Hal ini dikarenakan kandungan asam organik, vitamin C dan antioksidan di dalamnya sehingga dapat membantu proses penyembuhan kanker payudara.

8. Anggur

Buah anggur rasanya cukup nikmat, dengan kandungan tanin, polifenol dan flavonoidnya buah anggur menjadi lebih istimewa karena dapat mengatasi sel kanker yang ganas. Buah ini sangat cocok dikonsumsi setiap hari agar dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

9. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan sangat kaya serat, vitamin, lemak, protein dan senyawa lainnya yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Karena itu kacang-kacangan seperti kacng hijau, kacang merah dan kacang kedelai sangat bagus dikonsumsi penderita kanker payudara agar lebih kuat dan cepat sembuh.

10. Apel

Kandungan antioksidan berupa vitamin C dan senyawa lainnya membuat apel sebagai salah satu makanan sehat yang bagus dikonsumsi penderita kanker payudara. Apel juga mengandung karbohirat untuk menambah energi tubuh sehingga tubuh lebih kuat bertenaga dan mampu membuat penderita kanker payudara dapat beraktivitas dengan normal. buah ini juga ampuh dalam melawan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

11. Jambu Biji

Jambu biji ternyata mengandung vitamin C sangat tinggi, yaitu sekitar enam kali lipat dari jeruk. Hal inilah yang menjadikan jambu biji sebagai makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Tentunya buah ini harus dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Sponsors Link

12. Merica

Merica memang bukan makanan, melainkan bumbu dapur. Namun mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung merica dapat membantu proses penyembuhan penyakit kanker. Kandungan capsaicin di dalamnya akan melawan pertumbuhan sel kanker sehingga dapat menghambat penyebaran sel kanker payudara.

Demikian beberapa makanan sehat untuk penderita kanker payudara yang dapat dikonsumsi secara rutin. Kanker payudara memang cukup mematikan, namun dengan pola hidup yang sehat dan melakukan hal-hal yang dapat mendorong proses penyembuhan maka penyakit tersebut bisa disembuhkan.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.