Sponsors Link

25 Makanan Penyebab Kanker Payudara pada Wanita

Sponsors Link

Kanker payudara adalah kanker yang paling sering dialami wanita di seluruh dunia dan insidennya terus meningkat seiring berjalaanya waktu. Nutrisi mempengaruhi risiko menderita knker payudar sekitar 35% dari semua kasus kanker. Saran diet yang berguna untuk pencegahan kanker payudara adalah dengan mengurangi konsumsi minuman beralkohol, daing merah dan lemak serta meningkatkan konsumsi serat dan vitamin D seperti fitoestrogen dari berbagai sumber makanan. Mekanisme bagaimana faktor risiko makanan dapat mempengaruhi terjadinya kanker payudara tidakdapat dipahami. berikut ini 25 Makanan Penyebab Kanker Payudara:

Sponsors Link

baca juga: jenis makanan pemicu kanker serviks

1. Makanan tinggi lemak

Makanan yang tinggi kandungan lemak dapat meningkatkan risiko menderita kanker payudara pada penelitian dengan hewan coba. Penelitian saat ini menyatakan bahwa tiap jenis tipe lemak memberikan hasil peningkatan risiko kanker payudara yang berbeda. Asam myristoleat, asam erusik, asam palmitat, margarik, asam linoleat dan asam stearat dihubungkan dengan peningkatan risiko kanker payudara. Sedangkan asam lemak trans dan PUFA (Polyunsaturated Fatty Acid) tidak dihubungkan adanya peningkatan risiko kanker payudara. Bahkan ada bbberapa asa lemak seperti PUFA dimana tubuh kekurangan asam lemak ini dapat menigkatkan risiko menderita kanker payudara. Namun, tetap saja lemak ini bergantung dengan cara pengolahan makanan. Makanan yang dirposes atau diaawtkan akan mengubah susunan kimia dari asam lemak dan menyebabkan lemak ini berpotensi meningkatkan risiko kanker payudara. Mekanisme bagaimana makanan tinggi lemak dapat menyebabkan kanker paydara melalui akumulasi jaringan adiposa atu lemak tubuh. Jaringan ini adalah lokasi yang amat penting untuk perubahan hormon androstenedione menjadi estron. Estrogen dpat meningkatkn pertumbuhan sel payudara.

baca juga: makanan pemicu kanker payudara

2. Konsumsi daging

Daging menjadi salah satu Makanan Penyebab Kanker Payudara. Hubungan antara konsumsi daging merah dengan risiko kanker payudara adalah melalui metabolisme yang menaktifkan HCA (heterosiklik amin). Metabolit HCA akan terakumulasi di payudara dan mengikat DNA, DNA yang diikat ini akan mengalami mutasi genetik dan menyebabkan kanker payudara. Namun, risiko seorang wanita untuk menderita kanker payudara karena konsumsi daging merah bervariasi berdasarkan jenis daging, metodek memasak, temperatur serta lama memasak daging tersebut.

baca juga: makanan penyebab kanker

3. Makan makanan rendah serat

Terdapat lebih dari satu mekanisme yang menjelaskan peran serat untuk menurunkan risiko menderita kanker payudara. Makanan yang tinggi serat akan meningkatkan pembuangan hormon estrogen sehingga dapat mengurangi kadar estrogen yang beredar dalam peredaran darah. Kotoran dalam usus yang mengandung banyak serat dapat menghambat penyerapan estrogen dalam usus, sehingga dapat mengurangi estrogen yang beredar dalam usus. Selain itu, peran serat adalah dengan menggangu kolesterol yang beredar di sirkulasi enterohepatik, dimana kolesterol ini merupakan prekursor hormon estrogen. Karena mekanisme ini serat dapat menurunkan risiko menderita kanker payudara. Kebiasaan jarang mengonsumsi makanan berserat dapat meningkatkan risiko menderita kanker payudara.

baca juga: makanan yang dapat menyebabkan kanker

4. Konsumsi Alkohol

Berdasarkan sebuah penelitian epidemiologis, telah ditemukan bahwa kebiasaan konsumsi alkohol yang terus menerus dapat meningkatkan risiko kanker paydara. Diantara wanita yang mengonsumsi alkohol secara teratur. terdapat peningkatan risiko kanker payudr dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi alkohol. Beberapa mekanisme dapat menjelaskan bahwa konsumsi alkohol sapat meningkatkan risiko kanker payudara, yaitu alkohol dapat berefek pada risiko kanker dengan meningkatkan estrogen intraseluler dimana dapat berikatan dengan reseptor estrogen. Ikatan dengan reseptor etrogen ini akan meningkatkan pertumbuhan kanker payudara. Diantara wanita yang premenopause, intake alkohol yang moderate dapat menurunkan variasi siklus menstruasi dan meningkatkan frekuensi siklus menstruasi jangka panjang.

baca juga: makanan penyebab kanker mulut

5. Fitoestrogen

Fitoestrogen adalah substansi tanaman dimana  dikategorikan menjadi tiga kelas berdasarkan struktur, yaitu flavon, coumestans dan lignan. Dari yang tertarik dengan isoflavon yang banyak terkandung dalam kacang kedelai dan produk kacang kedelai karena strukturnya yang mirip dengan estrogen.

baca juga: makanan penyebab kanker nasofaring

6. Makan makanan yang kurang Vitamin D

Terdapat sebuah hipotesis bahwa vitamin D dapat mengurangi risiko kanker payudara. Mekanisme yang berhubungan dengan reduksi risiko kanker payudara dan intake vitamin D adalah growth arrest dan apoptosis. Vitamin D dapat mengindusi atau mendorong terjadinya perubahan bentuk yang berhubungan dengan apoptosis pada sel kanker payudara. Selain itu, viamin D dapat mengurangi risiko metastase dan invasi sel kanker. Vitamin D dapat berperan sebagai zat anti- inflasi yang menurunkan COX-2 atau cyclooxygenase-2 yang berperan dalam pembentukan prostaglanding. Protaglandin ini berperan dalam sintesis kanker payudara pada manusia.

baca juga: makanan penyebaba kanker  yang dikonsumsi setiap hari

Sponsors Link

7. Besi

Beberapa wanita yang sudah menopause memiliki kadar besi dalam darah yang cukup tinggi karena intake dari daging dan makanan yang terfortifikasi besi dan penggunaan luas dari suplemen diet yang berisi besi. Diet yang tinggi besi dapat dihubungkan dengan epidemiologi terhadapt peningkatan perkembangan tumor pada manusia. Beberapa penelitian telah meaporkan bahwa diet rendah besi dapat memperlambat pertumbuhan tumor. Diet tinggi besi dapat menyebabkan stres oksidatid dan kerusakan DNA sera peroksidasi lemak yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

baca juga: makanan pencegah kanker rahim

8. Makanan makanan yang kurang Asam Folat

Hubungan antara asam dan risiko kanker payudara masih belum diketahui secara pasti. Namun, terdapat satu penelitian yang menemukn bahwa intake asam folat berhbungan dengan penurunan risiko kanker payudara pada wanita yang belum menopause. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa tidak terdapat hubungan antara asam folat dengan risiko kanker payudara, namun intake atau konsumsi asam folat yang lebih tinggi berhubungan dengan risiko kanker payudara. Penelitian kohort yang besar mengungkapkan bahwa intake folat dihubungkan risiko kanker payudara yang lebih rendah pada wanita yang rutin mengonsumsi folat lebih dari 1,272 dietary folat equivalent (DFE/ hari dari total konsumsi asam folat sehari- hari) dibandingkan dengan wanita yang lebih sedikit atu kurang dari 345 Dfe.

baca juga: makanan pencegah kanker darah

9. Makan makanan yang kurang vitamin A

Vitamin a terdiri dari vitamin A yang belum terbentuk yang bersumber daru sumber hewan dan karotenoid yang ditemukan dalam buah dan sayuran. Banyak karotenoid yang merupakan antioksidn poten dan menyediakan perlindungan terhadap radikal bebas yang dapat menyebabkan mutasi genetik dan memicu terbentuknya kanker payudara

baca juga: makanan pencegah kanker kelenjar getah bening

10. Makanan yang mengandung sedikit Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu vitamin yang larut lemak dan memiliki efek antioksidan yang berfungsi untuk melawan kanker. Dalam sebuah penelitian dengan hewnt coba vitamin E menunjukan efek antioksidan yang baik dalam melawan radikal bebas.

baca juga: makanan pencegah kanker payudara

11. Makanan yang mengandung sedikit Vitamin C

Vitamin C (asam askorbat) dapat menghalangi pembentukan nitrosamin yang bersifat karsinogen. Pada sebuah penelitian prospektif mengenai hubungan antara intake vitamin C dan kanker payudara terdapat hasil yang tidak terlalu signifikan.

baca juga: makanan pencegah kanker serviks

ads

12. Makanan yang rendah selenium

Selenium adalah komponen penting dalam fungsi enzim antioksidn enzim glutation peroksidae dalm menghambat proliferasi sel dan mencegah kanker.  Namun, efeknya dan kdar selenium dalam tubuh tergantung dari daerah geografi yang mereka tinggali sehingga penelitan prospektif untuk meneliti hubungan elenium dan risiko kanker payudara belum menunjukan hasil yang signifikan.

baca juga: makanan sehari- hari pencegah kanker

13. Kafein

Terdapat sebuah spekulasi bahwa kafein dapat meningkatkan risiko seorang wanita menderitak kanker. Hal ini diikuti dengan laporan kasus bahwa wanita dengan penyakit kanker jinak payudara mengalami hilangnya gejala setelah mengeliminasi kafein dari dietnya. Namun, dalam penelitian prospektif belum ditemukan peningkatan risiko karena konsumsi kopi

Baca juga: Ciri Ciri Tumor Jinak Payudara

14. Kacang kedelai

Kacang kedelai mengandung fitoestrogen genistein yang berdasarkan teoris dapat berikatan dengan reseptor estrogen dan meningkatkan risiko kanker payudara. Namun, berdasarkan penelitian ternyata wanita yang mengonsusmi produk kacang kedelai sejak kecil memiliki risiko yang lebih rendah.

Baca juga: Perbedaan Tumor Payudara dan Kanker Payudara

15. Kurang mengonsumsi buah berry

Keluarga beri seperti strawberry, blackberry dan blueberry yang dikonsumsi secra rutin dapat meningkatkan perlidungan tubuh terhadap risiko menderita kanker payudara karena mengandung banyak vitamin seperti A dan C serta mengandung serta yang cukup tinggi

Baca juga: Pencegahan Kanker Payudara Secara Alami

16. Kurang konsumsi buah peach

Mengonsumsi buah peach secara rutin dapat memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh dan juga memberikan perlindungan terhadap risiko kanker payudara karena menganddung vitamin dan antioksidan.

Baca juga: Penyebab Tumor Jinak Payudara

17. Mi Instan

Mengonsumsi mi instan secara rutin dapat mengancam kesehatan. Tidak hanya meningkatkan risiko kanker payudara namun juga dapat meningkatkan risiko kanker yang lain seperti kanker lambung dan kanker usus

Baca juga: Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 3

18. Sering mengonsumsi ayam potong

Dewasa ini, demi mendapatkan ayam dengan daging yang tebal dan lemak yang banyak diberikan tambahan obat yang mengandung hormon pada unggas ayam. Tak jarang ayam potong yang sering kita konsumsi ini menjadi tinggi akan hormon estrogen. Akibatnya risiko kanker payudara semakin meningkat

Baca juga: Ciri Kanker Payudara pada Ibu Menyusui

19. Sering mengonsumsi makanan cepat saji

Di kota- kota besar sering ditemukan restoran cepat saji yang menyediakan makanan cepat saji. Padahal nutrisi pada makanan cepat saji tersebut kurang baik bagi tubuh karena mengandung banyak kalori dan pengawet yang berujung pada peningkatan risiko sejumlah penyakit termasuk kanker payudara.

Baca juga: Tanda Kanker Payudara Stadium Awal

20. Sering mengonsumsi minuman manis dan bersoda

Minuman jenis ini memang lezat dan menyegarkan, namun kalori yang berasal dari gula buatan yang terdapat minuman ini sangat tinggi. Kalorinya pun juga sangat besar. Tubuh akan menyimpannya menjadi cadangan makanan dan berdampak dengan meningkatnya pembentukan jaringan adiposa.

Baca juga: Kemoterapi Kanker Payudara

Sponsors Link

21. Makanan tinggi garam

Garam selain dapat meningkatkan tekanan darah dapat juga menyebabkan gangguan sistem imun tubuh dengan meningkatkan kerdangan yang diperantasi IL-17. Pada penyakit kanker payudara, makanan yang tinggi garam akan meningkatkan keradangan yang disebabkan oleh tumor payudara.

Baca juga: Gejala Kanker Payudara Stadium 4

22. Asam lemak Omega-6

Asam lemak Omega 6 dapat meningkatkan proses keradangan secara berlebihan dan mengganggu tubuh untuk mengeliminasi sel kanker yang terbentuk karena gangguan pada imunitas tubuh.

Baca juga: Radioterapi Kanker Payudara

23. Memasak makanan dengan cara menggoreng

Daging yang dimasak dengan cara digoreng dengan suhus yang tinggi dapat membentuk karsinogen seperti amin heterosiklik dan hidrikarbon aromatik polisiklik. Daging yang dimasak hingga matang  dengan digoreng dengan suhu tinggi dapat meningkatkan risiko kanker payudara

Baca juga: Vaksin Kanker Payudara

24. Memamasak makanan dengan dipanggang

Proses pemanggangan dapat menyebabkan uap yang berisi zat- zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan mutasi genetik. Selain itu juga dapat pembentukan komponen berbahaya novolatil seperti hidroperoksida dan aldehida yang berbahaya bagi tubuh.

Baca juga: Operasi Kanker Payudara

25. Memasak makanan dengan dibakar

Sama seperti memanggan dan menggoreng, memasak bahan mkanan yang mengandung protein terutama daging merah dapat membentuk sejumlah zat yang mengandung karsinogen yang membahayakan tubuh.

Baca juga: Penyebab Kanker Payudara pada Laki laki

ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 30th, August 2017 / 08:40 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara