10 Makanan Kanker Payudara Stadium 2 yang Bagus Dikonsumsi

Sebagai penyakit yang sangat ditakuti dan banyak menyerang kaum wanita, kanker payudara menjadi penyakit kanker pembunuh nomor satu para wanita yang tentu saja harus selalu kita waspadai. Ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali adalah adanya benjolan atau perubahan bentuk pada payudara, dan lebih spesifik lagi jika muncul rasa sakit secara tiba-tiba di payudara dan sekitarnya. Munculnya kanker payudara dipicu karena adanya penyebab kanker payudara baik dari faktor makanan, udara yang tecemar dan pola hidup yang tidak sehat.

Sponsors Link

Berbeda dengan kanker payudara stadium 1 yang mudah disembuhkan, kanker payudara stadium 2 justru sudah menjadi stadium lanjut yang memerlukan tindakan yang lebih intensif. Penyakit ini dapat diatasi jika dapat diketahui secepat mungkin dengan tindakan medis dan tindakan lainnya yang mendukung seperti asupan makanan sehat untuk penderita kanker payudara terutama yang sudah memasuki stadium 2 seperti berikut ini.

1. Jamur Hericium

Meski namanya kurang populer, jamur Hericium sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita kanker payudara stadium 2. Jamur ini mengandung polipeptida dan polisakarida yang memiliki fungsi sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker. Mengkonsumsi jamur ini setiap hari akan menghambat sel kanker payudara berkembang bahkan dapat mencegah penyakit tersebut muncul jika dikonsumsi oleh orang yang sehat.

2. Bawang Putih

Sebagai bumbu dapur yang kerap digunakan memasak, bawang putih ternyata juga memiliki khasiat luar biasa dalam mengatasi penyakit kanker payudara. Penggunaan bawang putih untum melawan kanker sebaiknya dikunyah dalam keadaan mentah, agar kandungan senyawa allicin di dalamnya tidak rusak dan bisa langsung bereaksi dengan tubuh.

3. Wortel

Wortel merupakan jenis sayur yang memiliki kandungan karoten cukup tinggi, yang fungsinya tidak hanya menyehatkan mata namun juga mampu melawan penyakit kanker. Penderita kanker payudara stadium 2 yang menjalani pengobatan, sangat dianjurkan mengkonsumsi wortel sehingga senyawa radikal bebas yang ada dalam tubuh dapat diserap dan tidak memperparah penyakit tersebut.

4. Rumput Laut

Rumput laut bersifat dingin sehingga bagus dikonsumsi penderita kanker payudara. Jika tidak ingin mengkonsumsi rumput laut langsung, bisa dimakan dalam bentuk agar-agar yang rasanya sangat lezat. Rumput laut akan membuat tubuh lebih kuat melawan penyakit kanker dan menahan rasa sakit saat proses pengobatan berlangsung.

5. Asparagus

Asparagus termasuk kategori sayur yang mungkin jarang dimasak oleh masyarakat yang tidak tahu akan menfaatnya. Asparagus dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker pada payudara sehingga jenis sayuran ini sangat dianjurkan untuk diolah dalam berbagai menu untuk dikonsumsi setiap hari.

6. Buah Kiwi

Kandungan vitamin C dan senyawa aktioksidan dalam buah kiwi sudah tidak perlu diragukan lagi, dan senyawa tersebut sangat penting untuk dikonsumsi penderita kanker payudara stadium 2 agar stamina lebih cepat pulih. Buah kiwi memang terasa asam, namun buah ini sangat kaya manfaat dalam menangkal senyawa radikal bebas sehingga kekebalan tubuh dapat meningkat.

7. Zaitun

Baik buah zaitun maupun bijinya yang dijadikan minyak sama-sama memiliki kandungan senyawa aktioksidan yang sangat tinggi, termasuk lemak baik yang dapat mendukung pengobatan kanker payudara. Bahkan mengkonsumsi minyak zaitun setiap hari bisa menjadi cara mencegah kanker payudara sejak dini.

Sponsors Link

8. Pisang

Penderita kanker payudara seringkali merasakan mual terutama setelah menjalami pengobatan kemoterapi, karena itu pemilihan jenis makanan harus disesuaikan dengan kondisi fisik si penderita. Salah satu makanan yang bagus dikonsumsi adalah pisang, yang kaya akan nutrisi dan menghambat sel kanker berkembang terlebih jauh. Pisang tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh namun juga memberikan rasa kenyang sehingga penderita kanker tidak perlu terlalu khawatir dengan kekurangan tenaga.

9. Bayam dan Brokoli

Sayur bayam dan brokoli mengandung banyak nutrisi dan juga antioksidan yang sangat bagus dikonsumsi penderita kanker payudara stadium 2. Sayuran tersebut memang layak dikonsumsi setiap hari dan dapat membantu proses penyembuhan. Nutrisi dari bayam dan brokoli juga dapat membangkitkan daya tahan tubuh yang semakin menurun akibat kemoterapi yang dijalani sehingga penderita kanker lebih kuat dalam menjalani aktivitas hariannya.

10. Tiram

Sumber makanan hewani yang dianjurkan untuk dimakan penderita kanker payudara stadium 2 yaitu tiram. Selain karena bersifat dingin bagi tubuh pasien, tiram juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan penderita kanker payudara. Protein yang diperoleh dari tiram akan membantu memperbaiki sel yang rusak akibat perkembangan sel kanker pada payudara.

Demikian makanan kanker payudara stadium 2 yang sangat dianjurkan untuk dimakan setiap hari. Perlu kombinasi dan variasi menu agar penderita kanker tidak bosan dan bisa terus mengkonsumsinya dengan rutin, termasuk membuat jus pencegah kanker payudara. Makanan tersebut mungkin tidak dapat mengobati penyakit jenis kanker, namun nutrisi yang didapat mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga penderita kanker payudara lebih kuat dalam melawan penyakitnya. Selain itu dengan mengkonsumsi makanan tersebut sel kanker tidak akan berkembang lebih jauh sehingga proses penyembuhan akan berlangsung lebih cepat.

, , ,
Info Dokter

Apa kanker paling bahaya ? Mengapa ? Yuks simak penjelasan dokter spesialis Kulit dan Kelamin dari RSPAD Gatot Soebroto, jangan lupa subscribe untuk penjelasan dokter lainnya.