4 Jenis Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Kanker Payudara Wajib Dikonsumsi

Selain gaya hidup, menjaga asupan makanan juga menjadi hal yang wajib dan penting dilakukan bagi para penderita kanker. Pada umumnya, apapun jenis kanker yang diderita wajib bagi penderitanya untuk memahami apa saja makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, termasuk bagi para penderita payudara.

Sponsors Link

Menurut beberapa informasi, salah satu makanan yang boleh dikonsumsi oleh para penderita kanker adalah ikan. Hal ini disebabkan ikan memiliki kandungan Omega-3 dan protein yang baik bagi tubuh. Lalu apakah semua jenis ikan dapat dikonsumsi oleh para penderita kanker? Dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai ikan yang boleh dimakan penderita kanker payudara, mari simak ulasan berikut.

Kanker Payudara

Kanker Payudara merupakan salah satu jenis kanker yang masih menyumbang angka besar bagi kematian wanita di seluruh dunia. Oleh sebab itu, kanker payudara menjadi momok yang menakutkan pula bagi seluruh wanita. Bahkan tidak hanya bagi kaum wanita saja, namun kaum laki-laki juga berkemungkinan mengalami kanker payudara.

Kanker sendiri merupakan penyakit dimana terdapat sel yang tumbuh secara abnormal atau melakukan mutasi sel. Terlebih lagi penyebab dari kanker sendiri masih belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko kanker, salah satunya adalah dari pola makan atau asupan makanan yang dikonsumsi, seperti makanan pemicu kanker. Hal tersebut juga menjadikan kanker sulit untuk dideteksi dari dini.

Kebanyakan penderita kanker memiliki tingkat harapan hidup yang rendah, seperti umur penderita kanker payudara terutama yang telah stadium lanjut. Kematian yang dialami pada penderita kanker sendiri juga banyak berasal dari kondisi dimana kanker telah menyebar ke organ penting lainnya didalam tubuh, seperti ciri-ciri kanker payudara menyebar ke otak, hati, dan lain sebagainya, sehingga bukan dari kanker utama.

Penyebaran kanker juga dipengaruhi oleh pola hidup sehari-hari, terutama dari asupan makanan yang dikonsumsi. Lantas bagaimana dengan ikan? Apakah akan berpengaruh terhadap penyebaran kanker dan dapat dikonsumsi oleh penderita kanker seperti kanker payudara? berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Ikan dan Kanker Payudara

Banyak anggapan yang menyatakan bahwa mengonsumsi ikan tidak diperbolehkan bagi para penderita kanker, salah satunya adalah bagi penderita kanker payudara. Namun ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena ikan juga termasuk dalam makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita kanker selama proses pengolahan sesuai.

Ikan menjadi salah satu sumber protein bagi tubuh yang dapat membantu melawan senyawa kanker. Terlebih lagi, lemak ikan juga lebih dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita kanker dibandingkan dengan lemak daging. Walaupun begitu, memang tidak semua ikan berlemak direkomendasikan ataupun dapat dikonsumsi oleh penderita kanker payudara. Hampir sama dengan ikan yang bagus untuk penderita kanker serviks, berikut beberapa jenis ikan yang boleh dimakan penderita kanker payudara:

  • Salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang direkomendasikan, hal ini disebabkan salmon mengandung lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan atau memicu pertumbuhan kanker payudara. Oleh sebab itu, penderita kanker payudara disarankan pula untuk konsumsi salmon dalam jumlah normal dan teratur.

  • Sarden

Sarden juga merupakan jenis ikan yang mengandung tingkat omega-3 tinggi didalamnya. Bahkan tidak hanya itu saja, tingkat maupun kadar logam berat seperti merkuri dan kontaminan lingkungan lainnya juga dipercaya lebih rendah dibanding dengan jenis ikan lainnya.

  • Tongkol

Sama halnya dengan sarden, tongkol juga dipercaya mengandung omega-3 tinggi dan kadar logam berat yang rendah. Oleh sebab itu, tongkol juga diperbolehkan untuk dikonsumsi bagi para penderita kanker selama masih dalam jumlah yang normal maupun sesuai dengan anjuran dan konsultasi dokter.

  • Ikan Tawar

Ikan tawar juga dapat menjadi sumber lemak bagi tubuh yang baik bagi penderita kanker, dibandingkan dengan memperoleh lemak dari daging.

Sponsors Link

Dari beberapa jenis ikan tersebut memang baik ataupun direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi para penderita kanker payudara. Namun tetap perlu diingat pula bahwa segala asupan yang dikonsumsi akan lebih aman dan sesuai apabila telah melakukan konsultasi dengan dokter. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi didalam tubuh maupun kondisi kanker yang dialami berbeda-beda.

Ketika mengonsumsi ikan dengan lemak yang terlalu tinggi, ditambah lagi dengan cara pengolahan yang merubah kandungan didalamnya seperti ikan asap, ikan bakar, ikan goreng, maka ikan-ikan tersebut pun juga tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi. Mengapa demikian? Karena kandungan yang telah berubah dapat membantu penyebaran maupun perkembangan sel kanker. Oleh sebab itu, ikan boleh dikonsumsi hanya dalam jumlah yang normal dan akan lebih aman jika disesuaikan dengan anjuran dokter.

Perlu diketahui pula terutama bagi penderita kanker, termasuk kanker payudara dalam masa kemoterapi, bahwa minyak ikan juga merupakan salah satu suplemen yang perlu untuk dihindari dalam proses kemoterapi. Hal ini disebabkan minyak ikan dapat mengurangi efektifitas dari kemoterapi kanker maupun juga dari obat-obat kimia dari proses pengobatan tersebut. Demikian informasi terkait dengan ikan yang boleh dikonsumsi penderita kanker payudara. semoga informasi diatas bermanfaat.

, , , , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.