7 Gejala Kanker Payudara Stadium 4 Paling Sering Terjadi

Kanker payudara merupakan penyakit mematikan yang tidak hanya diderita oleh kaum hawa. Penelitian sudah membuktikan bahwa pria juga dapat menjadi korban keganasan penyakit yang menyerang jaringan tubuh ini. Kanker payudara pada hakikatnya dapat dideteksi secara dini melalui sentuhan pada bagian payudara atau bagian bawah ketiak. Semakin dini sel kanker diketahui telah berkembang akan semakin baik untuk penderitanya. (baca juga: Tanda Tanda Kanker TenggorokanGejala Kanker Darah Stadium 2)

Sponsors Link

Kanker Payudara terdiri dari beberapa fase yang penting untuk diketahui penderitanya. Seperti pada umumnya penyakit kanker, kanker payudara juga memiliki 4 tahap berkembangnya kanker dari stadium 1 hingga stadium 4. Kanker payudara yang sudah berada pada kondisi kronis yaitu stadium 4, merupakan tahap akhir dimana sel kanker ganas sudah menjalar ke organ tubuh lainnya dan mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa dirasakan oleh penderita.

Baca juga :

Pada stadium 4 kanker payudara berada dalam fase metastasis. Kondisi pada fase ini adalah saat sel kanker menyebar semakin luas ke jaringan tubuh. Harapan kesembuhan pada stadium ini sudah semakin menipis, sehingga diperlukan kesiapan mental serta dukungan yang tinggi dari keluarga. Fase metastasis dikhawatirkan dapat menjalar ke bagian kelenjar getah bening yang menandai awal penyebaran kanker menuju organ vital lainnya seperti otak, hati, dan paru-paru. Beberapa gejala berikut ini adalah yang sering ditemukan pada kondisi pasien kanker payudara stadium akhir.

Artikel terkait : Manfaat Bekam Untuk KankerGejala Kanker Mulut

1. Nyeri Parah

Stadium 4 pada penderita merupakan masa yang sangat berat. Penderita kanker payudara pada tahap stadium akhir ini merasakan sakit yang luar biasa pada bagian luar dan dalam payudara. Selain itu, pada bagian persendian juga akan merasakan nyeri saat digerakkan dan tidak berkurang meskipun diberikan obat penghilang rasa sakit. Nyeri yang dirasakan oleh penderita adalah akibat dari penyumbatan aliran darah oleh sel-sel kanker yang sedang menyerang dan merusak sebagian pembuluh darah pasien. Dokter biasanya akan menyarankan injeksi penawar sakit yang hanya dapat bertahan kurang dari 24 jam saja. (baca juga: Gejala Awal Kanker ProstatVaksin Kanker Payudara)

2. Benjolan Semakin Besar

Pada fase akhir kanker payudara benjolan yang muncul di sekitar payudara akan berukuran semakin membesar setiap harinya. Benjolan ini memperbesar ukurannya dalam waktu yang lebih cepat hingga mencapai 5 kali ukuran payudara yang normal. Kondisi ini adalah saat dimana sel kanker mengalami fase perkembangan untuk menyebar ke organ tubuh yang lainnya. Penderita akan  terasa berat di bagian payudara bahkan cenderung lemah dan enggan bergerak kemana-mana.

3. Munculnya Borok atau Luka Menganga

Pada benjolan yang ada di sekitar payudara seperti dijelaskan pada poin 2, benjolan tersebut bisa saja pecah saat tidak ditangani secara serius. Kondisi payudara yang pecah ini akan menyebabkan timbulnya luka terbuka pada payudara yang tentunya semakin menambah beban mental bagi penderitanya.

Baca juga :

Sponsors Link

4. Payudara Bernanah

Selain benjolan dan luka terbuka yang timbul di area payudara, beberapa bagian payudara tersebut akan memunculkan nanah dan darah. Cairan nanah tersebut timbul dari beberapa bagian sel kanker serta jaringan payudara yang sudah membusuk. Jika terjadi demikian maka dengn segera harus dibersikan menggunakan air mengalir. Biasanya penderita akan mengeluh rasa perih pada sekitar luka, namun apabila tidak dibersihkan dengan air dikhawatirkan cairan nanah serta darah yang keluar membawa bakteri lain yang dapat menyebabkan infeksi.

5. Berat Badan Menurun

Secara otomatis pasien kanker payudara akan mengalami kondisi berkurangnya nafsu makan. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal seperti rasa nyeri yang timbul, atau bau tidak sedap yang mengganggu indera penciuman, serta bawaan hormon yang mengatur mood manusia. Hal ini dapat disiasati dengan tetap mengonsumsi makanan yang didalamnya terdapat penetral bau seperti sayuran atau buah-buahan segar saja.

6. Payudara Berbau

Cairan nanah serta darah yang dihasilkan dari beberapa jaringan payudara yang membusuk karena sel kanker secara otomatis akan menimbukan bau yang tidak sedap. Penderita pada taraf ini akan mengalami sedikit beban mental dan kurang nafsu makan. Perubahan emosi juga meningkat intensitasnya pada kondisi ini

Artikel terkait :Gejala Awal Kanker KulitManfaat Tomat Untuk Kanker Payudara

Sponsors Link

7. Komplikasi Penyakit

Semakin menyebarnya sel knaker pada organ tubuh yang lain maka kemungkinan adanya kmplikasi jenis penyakit tertentu akan semakin besar. Pada fase ini memang sel kanker sudah tersebar dan bisa tumbuh pada hati, atau kelenjar getah bening. Apalagi kondisi ini juga didukung oleh semakin lemahnya sistem imun penderita yang terkuras oleh penyakit kanker payudaranya.

Baca juga :

Pengobatan kanker payudara pada tahap stadium 4 memang belum tersedia hingga saat ini. Namun, kanker dapat mengalami penyusutan pada tindakan medis sebelumnya sehingga tidak jarang pasien kanker payudara dapat bertahan lebih lama meskipun dalam kondisi yang harus siaga setiap saat apabila timbul nyeri atau semakin parah. Pengobatan kanker payudara dapat dilakukan melalui beberapa tindakan medis seperti kemoterapi, radiasi, operasi pengangkatan, terapi hormonal, atau terapi HER2(Herceptin).

Seperti pada penjelasan awal bahwa pada tahap stadium ini, penyakit kanker sudah berada di klimaksnya untuk merusak jaringan-jaringan tubuh sehingga penyembuhan akan berada pada titik terberat dan sedikit harapan kesembuhan. Namun, pada dasarnya, segala usaha yang dilakukan pasti membuahkan hasil bagi kesembuhan penyakit mematikan ini. Oleh karenanya, pencegahan terhadap kanker payudara sudah harus dilakukan sejak dini melalui berbagai pola hidup yang sehat. Berikut ini adalah sebagian pola hidup yang dapat mencegah kanker payudara. (baca juga: Gejala Awal Kanker UsusGejala Kanker Hati Sesuai Dengan Jenisnya)

  • Berolah raga teratur
  • Minum banyak air putih
  • Menghindari konsumsi makanan berpengawet
  • Berhenti merokok
  • Berhenti konsumsi alkohol
  • Mengonsumsi makanan dan sayuran yang bergizi
  • Melakukan pemeriksaan dini terhadap payudara sendiri dan segera ke dokter apabila ditemukan kelainan

Demikian artikel informatif mengenai gejala kanker payudara stadium 4, semoga bermanfaat!

, , ,
Post Date: Monday 27th, February 2017 / 08:18 Oleh :
Kategori : Kanker Payudara