6 Gejala Kanker Payudara pada Ibu Menyusui yang Wajib Diketahui

Kanker payudara ternyata juga dapat menyerang wanita yang sedang dalam masa menyusui, karena itu kita perlu mengenal gejalanya agar bisa menganganinya secepat mungkin jika memang terkena kanker payudara. Penyebab kanker payudara sendiri tidak muncul karena sedang menyusui, hanya saja sel kanker terinisiasi oleh faktor tertentu saat ibu sedang dalam masa menyusui sehingga penyakit kanker pun muncul. Saat ini kanker payudara mengalami peningkatan jumlah kasus setiap tahunnya, bahkan mengalahkan kanker serviks yang juga sangat ditakuti kaum hawa. Pemahaman mengenai gejala kanker payudara dapat menolong nyawa penderitanya karena dengan mengetahui gejala tersebut kita bisa lebih tanggap dengan perubahan pada payudara dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Sponsors Link

Gejala Kanker Payudara pada Ibu Menyusui

Meski kanker payudara tidak menular ke anak, tentu saja penyakit ini tetap memberikan dampak yang tidak baik jika terjadi saat masa menyusui. Efek daripengobatan yang dilakukan ibu dapat memberikan efek samping pada anak. Karena itu sebaiknya kita mengetahui gejalanya untuk mendapatkan penanganan secepat mungkin. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah gejala kanker payudara pada ibu menyusui yang wajib diketahui dan diperhatikan dengan teliti agar dapat mengantisipasinya berkembang lebih jauh.

1. Perubahan Cepat pada Ukuran Payudara

Ibu harus segera waspada jika payudara mengalami perubahan bentuk baik kecil maupun besar yang terjadi pada payudara. Sel kanker yang mulai berkembang akan mengganggu sel payudara yang sehat sehingga bentuk payudara ikut terpengaruh.

2. Adanya Benjolan

Sebanyak 80% benjolan di payudara memang bukan kanker, namun ibu harus selalu waspada jika menemukannya pada payudara ibu apalagi saat sedang menyusui. Jika benjolan yang dirasakan keras dan tidak bergerak atau diam pada satu tempat, bisa jadi itu merupakan kanker dan harus segera diperiksakan untuk memastikannya. benjolan ini mungkin sedikit sulit didiagnosa, mengingat saat menyusui sel yang memproduksi ASI bisa membentuk benjolan yang sebenarnya tidak berbahaya.

3. Nyeri pada Puting, Payudara hingga Ketiak

Saat sel kanker mulai menyerang payudara, sel sehat akan mengalami kerusakan sehingga sering menyebabkan rasa nyeri di payudara. Selain itu puting juga terasa nyeri dan perih meski tidak ditemukan luka. Bahkan bagian ketiak yang dekat dengan payudara juga sering terasa nyeri. Rasa nyeri ini sering terjadi dan dalam waktu yang lama. Karena itu memeriksakan ke dokter merupakan langkah yang tepat untuk mencegah kemungkinan terburuk.

4. Perubahan pada Warna Puting

Puting pada ibu menyusui memang terlihat lebih gelap, namun jika warna terlihat lebih gelap dari biasanya ditambah ada lapisan yang tebal di dekat puting, maka ibu harus berhati-hati. Perubahan yang terjadi dalam waktu cepat bisa mengindikasikan adanya tanda kanker payudara stadium awal yang membahayakan nyawa. Selain itu puting bisa saja masuk ke dalam, atau terasa sakit, gatal, bersisik dan timbul ruam.

5. Warna Kulit Berubah

Kulit payudara bisa berubah dengan cepat saat sel kanker mulai menyerang. Penting untuk diketahui oleh ibu yang sedang menyusui jika kulit payudaranya berubah lebih gelap, kasar dan tebal seprti kulit jeruk, ini menandakan adanya sel kanker. Pemeriksaan oleh dokter dan tim medis sangat diperlukan untuk memastikan kondisi kanker apakah sudah menyebar atau belum agar bisa mendapat pengobatan yang tepat.

6. Keluarnya Cairan

Meski tanpa rangsangan seperti memencet atau menghisapnya, cairan akan keluar dari payudara. Bahkan jika kanker sudah semakin parah, cairan yang keluar dapat berbau busuk. Ibu yang sedang menyusui harus bisa membedakan mana cairan yang berupa ASI dan mana cairan yang merupakan ciri kanker payudara.

Nah, itulah gejala kanker payudara pada ibu menyusui atau ciri kanker payudara pada ibu menyusui yang terkadang sulit terdeteksi. Ibu yang sedang menyusui dapat memeriksa sendiri payudaranya secara rutin untuk mencegah kanker payudara, dan menghindari kemoterapi kanker payudara yang bisa memberikan dampak buruk bagi anak yang sedang menyusu.

, , , ,