10 Ciri Kanker Payudara yang Sudah Menyebar ke Organ Tubuh Lainnya

Sama seperti jenis kanker yang lainnya, kanker payudara juga bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Beberapa bagian tubuh yang erat kaitannya dengan penyebaran kanker payudara diantaranya seperti kelenjar getah bening, paru-paru, hati, otak, dan juga tulang. Walaupun sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya, kanker tersebut akan tetap disebut sebagai kanker payudara.

Sponsors Link

Kanker payudara yang menyebar biasanya merupakan kanker yang sudah memasuki stadium 3 atau juga stadium 4, sehingga diperlukan penanganan dan pengobatan lebih intensif. Lantas bagaimana mengetahui kanker payudara sudah menyebar atau belum? Berikut ini ada beberapa ciri kanker payudara yang sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Stadium Kanker  Payudara

Secara umum, kanker payudara akan melewati 4 fase atau stadium dalam perkembangan dan penyebarannya. Keempat fase tersebut diantaranya adalah:

  • Stadium 1

Fase ini merupakan tahap paling awal dari kanker payudara. Tumor yang muncul juga tidak melebihi dua centimeter, walaupun terkadang juga bisa ditemukan beberapa tumor keci pada kelenjar getah bening. Terlebih lagi, dalam fase ini kanker payudara biasanya belum menyebar ke bagian tubuh lainnya dan masih sulit diketahui gejala awal kanker payudara.

  • Stadium 2

Pada fase ini, kanker payudara juga masih belum menyebar dan tumor akan membesar namun masih tidak melebihi 5 centimenter. Namun terkadang kanker juga dapat nampak di beberapa kelenjar getah bening disekitar.

  • Stadium 3

Stadium 3 juga disebut sebagai stadium lanjut, karena kanker payudara sudah menyebar dan mempengaruhi hampir seluruh kelenjar getah bening dan juga jaringan dada. Oleh sebab itu, pada stadium ini penderita bisa mengalami peradangan dan luka pada kulit sekitar payudaranya, kondisi tersebut merupakan ciri-ciri kanker payudara stadium 3.

  • Stadium 4

Pada stadium 4 inilah kanker payudara sudah menyebar ke berbagai bagian atau organ tubuh lainnya. Stadium ini juga di ketahui sebagai stadium paling parah dan membutuhkan terapi intensif dan berkelanjutan.

Kanker payudara yang sudah menyebar bisa dikategorikan sebagai kanker payudara stadium 4, beberapa ciri-ciri sudah menyebar diantaranya seperti:

  1. Benjolan di payudara

Pada kanker yang sudah menyebar benjolan kanker akan kasat mata dan mudah dirasakan, dan juga akan terletak di bawah ketiak dan sekitarnya.

  1. Perubahan Kulit

Pada kanker yang sudah menyebar akan menyebabkan adanya peradangan pada kulit sekitar payudara. Bahkan akan menyebabkan kulit kemerahan, pembengkakan, kulit cekung kedalam, penebalan pada payudara, kulit mengering dan pecah-pecah, dan lain sebagainya di sekitar payudara.

  1. Keluar cairan dari puting

Keluarnya cairan dari putih yang berwarna kuning seperti nanah, darah, atau pun seperti air biasa juga menjadi ciri dari kanker payudara yang ternyata sudah memasuki stadium 4 dan menyebar ke organ tubuh lainnya.

  1. Pembengkakan

Pada pasien kanker payudara stadium lanjut akan mengalami pembengkakan pada payudara dan juga area di bawah ketiak, dimana terdapat kelenjar getah bening. Pembangkakan akan sangat terlihat dan juga menyebabkan rasa sakit.

  1. Kelelahan, Insomnia, dan Penurunan Berat Badan

Kanker payudara yang sudah menyebar ke organ atau bagian tubuh lainnya juga akan menyebabkan penderita mengalami kelelahan, susah tidur atau insomnia karena rasa tidak nyaman dan sakit yang dirasakan, hingga juga penurunan berat badan secara drastis karena kehilangan nafsu makan dan juga kram perut yang sering dialami.

Ciri Penyebaran di Organ Tubuh

Selain ciri-ciri umum diatas terhadap penyebaran kanker payudara ke organ tubuh lainnya, beberapa tanda-tanda kanker payudara menyebar lainnya juga bisa ditemukan menurut bagian penyebarannya. Beberapa ciri kanker payudara yang sudah menyebar ke organ lainnya diantaranya seperti:

  • Kelenjar Getah Bening

Kanker payudara yang menyebar ke kelanjar getah bening biasanya muncul di bawah lengan, didalam payudara, dan juga di dekat tulang selangkangan. Sistem getah bening berfungsi untuk membasmi bakteri maupun zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Ketika kanker penyebar ke bagian ini maka penderita akan mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, dan juga sistem imun yang menurun.

Sponsors Link

  • Tulang

Kanker payudara menyebar ke tulang maka akan menyebabkan kerusakan fisiologis tulang, akhirnya akan menyebabkan rasa ngilu dan risiko keretakan tulang yang lebih besar. Ciri-ciri kanker payudara menyebar ke tulang yang lainnya seperti, tulang akan terasa sakit hingga juga lebih mudah patah, sehingga bisa menyebabkan penderita sulit untuk berjalan.

  • Paru-Paru

Kanker payudara juga bisa menyebar ke paru-paru, dimana dapat mempengaruhi kinerja paru-paru. Dampaknya adalah penderita akan mengalami sulit bernafas, nafas yang terengah-engah, hingga juga menyebabkan batuk kering yang kronis pada penderitanya.

  • Hati

Kanker payudara yang sudah menyebar dan mengganggu fungsi hati akan menyebabkan penderitanya mengalami sakit kuning, demam, dan juga penurunan berat badan secara drastis. Perut penderita juga akan merasa selalu kembung dan kenyang, terlebih lagi bagian putih mata akan berubah warna menjadi kuning.

  • Otak

Otak juga bisa menjadi organ tubuh yang terserang kanker payudara, dimana bisanya akan menimbulkan ciri-ciri kanker payudara menyebar ke otak seperti sering merasa pusing yang tidak kunjung sembuh, kehilangan keseimbangan tubuh yang menyebabkan sering jatuh, mengalami mati rasa, hingga juga dapat menyebabkan epilepsi.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.