11 Ciri-ciri Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling sering menyerang wanita baik di usia muda maupun tua. Penyakit ini cukup ganas dan sangat berbahaya, terutama jika terlambat terdeteksi. Penyebab kanker payudara hingga saat ini memang belum dapat dipastikan, namun banyak penderita kanker payudara dikarenakan faktor genetik, hormon dan pola hidup tidak sehat. Penyakit kanker memang sangat mengerikan, karena itu penting bagi kita untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara sedini mungkin. Tanda-tanda kanker payudara stadium awal memang sulit untuk dideteksi karena seringkali tidak menimbulkan gejala. Namun dengan memahami bahaya kanker payudara dan ciri kanker payudara yang mudah dikenali berikut ini kita bisa mendeteksi lebih cepat sehingga bisa segera diobati.

Sponsors Link

1. Benjolan pada Payudara

Penyakit kanker memang lebih umum ditandai dengan adanya benjolan, jadi jika terdapat benjolan yang mencurigakan tiba-tiba muncul pada payudara sebaiknya berhati-hati dan segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Benjolan yang disebabkan kanker biasanya lebih keras, tidak mudah bergeser dan bisa terasa sakit maupun tidak.

2. Warna Kulit Payudara Berubah

Selain ditandai dengan benjolan, ciri kanker payudara yang juga mirip dengan ciri kanker payudara pada ibu menyusui sering ditandai dengan warna kulit payudara yang berubah. Perubahan biasanya terjadi dengan kulit yang lebih merah, menebal, ada ruam, dan terus terasa sakit. Jika kulit payudara tiba-tiba berubah dan berbeda dengan kulit sekitarnya sebaiknya segera periksakan ke dokter.

3. Rasa Sakit pada Puting

Kanker payudara juga membuat puting menjadi sakit, bahkan dapat berubah baik dari tekstur, warna dan juga permukaan kulitnya. Sebagian kasus puting melesak ke dalam sehingga hal ini patut dicurigai. Jika terus dibiarkan, puting akan mengeluarkan cairan yang berwarna keruh bahkan dalam bentuk nanah sehingga gejala awal kanker payudara ini tidak boleh diabaikan.

4. Benjolan di Ketiak

Kebanyakan wanita berpikir kanker payudara hanya ditandai dengan adanya benjolan di area payudara, dan mengabaikan benjolan yang muncul di ketiak. Padahal jaringan dan kelenjar payudara juga masih terdapat di area ketiak sehingga benjolan tersebut tidak boleh disepelekan.

5. Kulit Payudara Mengkerut

Adanya kanker payudara juga menyebabkan salah satu bagian payudara mengalami pengkerutan seperti halnya kulit jeruk. Kulit tersebut juga berwarna lebih gelap dan kasar jika diraba. Hal ini bisa terjadi akibat kebiasaan mengkonsumsi makanan pemicu kanker payudara.

6. Bentuk Payudara Berubah

Kanker payudara juga ditandai dengan ciri adanya perubahan bentuk pada payudara, baik menjadi lebih besar, lebih kecil atau bentuknya tidak beraturan. Hal ini dikarenakan sel kanker telah merusak jaringan payudara sehingga mempengaruhi bentuknya. Perubahan ini bisa terjadi pada salah satu payudara maupun keduanya sehingga harus diatasi dengan kemoterapi kanker payudara.

7. Nyeri Terus Menerus

Payudara yang terserang kanker umumnya kerap terasa sakit dan kondisi ini terus terjadi setiap saat. Bahkan setelah diberikan penanganan seperti pereda nyeri, rasa sakit tersebut tetap terasa terus menerus. Karena itu rutinlah mengkonsumsi makanan pencegah kanker payudara agar payudara tetap sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya.

8. Payudara Membengkak

Kanker pada payudara akan menimbulkan pembengkakan dan peradangan, sehingga payudara terasa sakit, meradang, memerah dan beresiko untuk pecah. Jika itu terjadi maka kondisi kesehatan akan terus menurun karena penyakit kanker terus berkembang dan merusak lebih banyak jaringan tubuh yang sehat.

Sponsors Link

9. Kulit Payudara Bersisik

Seperti ciri yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu bagian payudara yang terkena kanker biasanya akan mengalami perubahan pada kulit, salah satunya adalah kulit seperti bersisik dan terasa perih. Kulit bersisik tersebut bukan hanya di payudara namun juga bisa terjadi di area yang hitam atau areola dan puting susu.

10. Mudah Lelah

Penderita kanker payudara juga sering mengeluh akan kondisi tubuhnya yang sangat mudah lelah meski tidak banyak beraktivitas. Hal ini patut dicurigai dan sebaiknya langsung periksa ke rumah sakit agar bisa diketahui penyebabnya. Jika memang karena kanker, tindakan pengobatan bisa segera dilakukan untuk memperbesar angka kesembuhan.

11. Berat Badan Menurun

Selain karena adanya rasa sakit pada payudara, ciri kanker payudara juga bisa terlihat dari perubahan berat badan yang terus menurun secara drastis. Hal ini dikarenakan nafsu makan yang berkurang dan nutrisi tubuh yang diserap sel kanker untuk berkembang sehingga penderita mengalami kekurangan nutrisi dan menjadi kurus.

Itulah ciri kanker payudara yang mudah dikenali. Jika kita bisa mendeteksi lebih cepat, maka biasanya masih bisa dilakukan operasi kanker payudara untuk mengangkat sel kanker yang belum menyebar. Pengobatan pada tahap awal juga biasanya akan memberikan hasil yang positif seperti mulai dirasakan tanda kanker payudara mulai sembuh. Karena itu jangan pernah abaikan ciri atau gejala apapun yang menunjukkan perubahan pada payudara, dan segera periksa ke rumah sakit agar bisa mendapat penanganan sedini mungkin.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.