11 Ciri-ciri Kanker Payudara Menyebar ke Tulang Sangat Berbahaya

Kanker payudara saat ini memang menjadi jenis kanker yang sangat banyak menyerang wanita, dan kebanyakan penderitanya dari beragam usia mulai dari anak-anak hingga orang tua. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui penyebab kanker payudara dan juga ciri-ciri kanker payudara agar dapat lebih waspada dengan penyakit satu ini. Terlebih tanda kanker payudara stadium awal, karena pada tahap awal penyakit kanker lebih mudah untuk disembuhkan.

Sponsors Link

Sayangnya, banyak yang tidak begitu paham dengan kanker payudara dan kebanyakan terdiagnosis ketika sudah masuk stadium lanjut. Seperti saat muncul gejala kanker payudara stadium 4 yaitu metastase kanker hingga ke tulang sehingga penyakit ini menjadi sulit untuk diobati. Karena itu, beberapa ciri kanker payudara menyebar ke tulang berikut ini perlu dipahami agar lebih cepat mendapat penanganan yang intensif.

1. Nyeri pada Tulang

Sel kanker payudara yang telah menyebar ke tulang biasanya akan menyebabkan tulang menjadi sering terasa nyeri, dan semakin lama semakin kuat sakitnya. Hal ini dikarenakan sel tulang mulai mengalami kerusakan akibat sel kanker yang terus berkembang dan menyebar. Jika tidak ditangani tulang dapat menjadi rapuh, mudah patah dan tidak dapat digerakkan.

2. Ngilu pada Persendian

Tidak hanya rasa sakit pada tulang, persendian pun kerap mengalami nyeri dan ngilu yang terjadi terus menerus. Persendian sebagai penyambung antar tulang juga bisa terserang sel kanker yang bermetastase dari payudara. Karena itu segera pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan diri agar dapat diketahui penyebab sebenarnya dari rasa sakit di persendian tersebut.

3. Nyeri pada Punggung

Pada bagian punggung terdapat tulang belakang yang tersimpan banyak saraf dan terhubung ke seluruh tubuh. Jika kanker payudara telah menyebar hingga ke tulang belakang, maka nyeri punggung akan sering dirasakan bahkan sampai menghambat aktivitas karena terlalu sakit. Bahaya kanker payudara ini dapat membuat saraf terjepit sel kanker dan menyebabkan kelumpuhan.

4. Lemah dan Mati Rasa

Pada tulang belakang memang banyak sekali saraf yang saling terhubung, dan jika kanker telah mengenai tulang belakang, beberapa bagian tubuh dapat menjadi lemah bahkan mati rasa sehingga terjadi kelumpuhan. Kondisi ini dapat memperburuk kesehatan, karena saat lumpuh kebanyakan aktivitas hanya duduk dan berbaring. Padahal kondisi tersebut dapat menyebabkan sel kanker berkembang dengan lebih cepat.

5. Gangguan Pencernaan

Sel kanker yang menyebar ke tulang belakang juga kerap mengganggu proses pencernaan, terlebih penyakit kanker terus menekan saraf dan membuat fungsi usus besar terganggu. Karena itu, penderita kanker ini dapat mengalami sembelit yang parah, atau justru diare karena usus tidak lagi mampu mengontrol sisa makanan di dalam perut.

6. Gangguan Berkemih

Selain mengalami gangguan pencernaan, penderita kanker payudara juga dapat mengalami gangguan berkemih.  Semakin parah kanker telah menyerang tulang, maka semakin sulit untuk mengeluarkan air seni dengan lancar. Kondisi ini membutuhkan kemoterapi kanker payudara dibandingkan operasi kanker payudara karena sel kanker telah menyebar sangat jauh dari sel induknya.

7. Tulang Lebih Rapuh

Sel kanker yang mulai menggerogoti tulang akan membuat tulang kehilangan banyak kalsium sehingga menjadi sangat rapuh. Tulang yang rapuh tentu akan mudah patah sehingga penderita dengan kondisi ini sulit untuk beraktivitas dengan normal. Hal ini juga menjadi bahaya tumor ganas payudara yang terus berkembang dan menyebar dengan cepat.

8. Mengalami Kelumpuhan

Penderita kanker payudara yang telah menyebar ke tulang juga dapat mengalami kelumpuhan akibat sel saraf di tulang belakang yang semakin terjepit. Kelumpuhan dapat bersifat primer atau sekunder sehingga pengobatan tumor ganas payudara perlu segera dilakukan.

Sponsors Link

9. Nyeri pada Dada

Sel kanker payudara tidak hanya menyebar ke tulang pada anggota terak tubuh, persendian maupun tulang belakang saja. Beberapa penderita kanker payudara yang bermetastase menyebar ke tulang dada atau tulang rusuk. Hal ini mengakibatkn dada sering terasa nyeri bahkan hingga menyebabkan sesak napas seperti halnya ciri kanker pada ibu menyusui.

10. Mengalami Mual

Penderita kanker payudara yang semakin parah hingga menyerang tulang akan menyebabkan pelepasan kalsium dalam jumlah tinggi sehingga dapat menyebabkan rasa mual yang berlebihan. Sebaiknya hindari makanan pemicu kanker payudara agar dapat terhindar dari penyakit tersebut.

11. Nafsu Makan Berkurang

Akibat rasa sakit yang terus menerus dirasakan dan kondisi mual yang semakin parah, penderita kanker payudara yang telah menyebar ke tulang juga akan kehilangan nafsu makan. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan menjadi sangat kurus.

Itulah ciri kanker payudara yang telah menyebar ke tulang. Kondisi ini dapat menyebabkan penderita kanker payudara semakin memburuk dan tidak boleh lagi diabaikan. Pengobatan sesegera mungkin dilakukan untuk mengurangi gejala dan memperbesar harapan hidup penderita yang semakin lemah, karena kanker yang sudah parah biasanya sangat sulit untuk disembuhkan.

, , , , , ,