11 Ciri-ciri Kanker Payudara Menyebar ke Otak yang Membahayakan Nyawa

Penyakit kanker payudara tidak hanya menyerang wanita, namun juga pria karena kaum pria pun memiliki jaringan payudara meski tidak membesar seperti pada wanita. Hal ini berarti siapapun dapat memiliki resiko terkena jenis kanker berbahaya tersebut dan sudah sepatutnya mengetahui apa saja penyebab kanker payudara dan ciri-ciri kanker payudara, terutama gejala awal kanker payudara serta gejala kanker payudara stadium 4. Pemahaman mendalam mengenai kanker payudara dapat menyelamatkan seseorang dari kematian akibat penyakit kanker tersebut.

Sponsors Link

Umumnya ciri-ciri kanker payudara stadium 1 sulit dikenali karena hampir tidak menunjukkan gejala. Karena itu bahaya kanker payudara mulai dirasakan saat kanker telah memasuki stadium lanjut, dimana sel kanker telah menyebar. Hal ini menyebabkan pengobatan sulit dilakukan, mengingat sel kanker sudah tidak lagi terletak pada satu titik saja. Salah satu dampak yang terjadi adalah penyebaran sel kanker payudara ke otak, sehingga fungsi otak dapat terganggu. Adapun ciri-ciri kanker payudara menyebar ke otak dapat ditandai dengan beberapa kondisi seperti berikut ini.

1. Sering Mengalami Pusing

Pusing memang kondisi yang sering dialami oleh sebagian besar orang, dan umumnya bersifat ringan atau dapat sembuh sendiri. Namun jika terjadi kondisi pusing yang terus menerus dan semakin lama semakin menyiksa, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter karena bisa jadi merupakan metastase kanker ke otak.

2. Tangan dan Kaki Lemah

Pergerakan anggota gerak tubuh terutama kaki dan tangan sangat dipengaruhi perintah dari otak, karena itu saat otak terkena penyakit kanker yang bermetastase tangan dan kaki menjadi lebih lemah. Bahkan sulit untuk digerakkan karena saraf yang terhubung mengalami gangguan bahkan kerusakan.

3. Gangguan Penglihatan

Sel saraf mata juga sangat terhubung dekat dengan otak, jadi ketika otak mengalami penyakit kanker fungsi mata akan ikut terganggu. Akibatnya penglihatan menjadi terganggu seperti mata menjadi lebih kabur, penglihatan ganda atau bahkan kehilangan penglihatan. Kondisi ini tidak lagi memungkinkan untuk menjalani operasi kanker payudara, melainkan dibutuhkan kemoterapi kanker payudara untuk membidik sel kanker yang telah menyebar cukup jauh hingga otak.

4. Perubahan Tingkah laku

Tingkah laku dan sikap seseorang juga terbentuk dan dipengaruhi oleh otak. Tentu saja tingkah laku seseorang akan mengalami perubahan yang signifikan saat otaknya terserang sel kanker. Hal ini dapat terjadi tiba-tiba dan dapat mengganggu keseharian karena perubahan tersebut.

5. Mudah Bingung

Penderita kanker payudara yang telah menyebar ke otak juga kerap mengalami kebingungan yang sangat sering terjadi. Kondisi membuatnya tidak ingat ingin melakukan apa dan tidak mudah untuk memutuskan sesuatu. hal ini dikarenakan sel saraf pada otak sudah mengalami kerusakan akibat serangan sel kanker yang bermetastasis.

6. Kehilangan Keseimbangan Tubuh

Keseimbangan tubuh juga sangat dipengaruhi fungsi otak, karena seluruh sistem saraf tubuh berpusat pada organ vital tersebut. Karena itu, serangan penyakit kanker dapat membuat fungsi otak menjadi kacau, dan dampaknya dapat berupa kesulitan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Hal ini menyebabkan seseorang mudah terjatuh meski tidak tersandung atau sedang membawa beban berat.

7. Mual dan Muntah

Gangguan yang terjadi pada otak akibat sel kanker dari kanker payudara juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual hingga muntah. Hal ini terus berlangsung hingga berminggu-minggu dan tidak ada gejala seperti adanya gangguan lambung. Segera periksakan ke dokter jika muntah terus terjadi hingga mengganggu penyerapan nutrisi tubuh.

Sponsors Link

8. Gangguan Kesadaran

Sel kanker mungkin akan membentuk tumor sehingga menekan sistem saraf dan menyebabkan seseorang mengalami kehilangan kesadaran. Jika seseorang sering mengalami pingsan tanpa ada tanda-tanda gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

9. Mengalami Kejang

Mereka yang menderita kanker payudara dan menyebar hingga ke otak juga kerap mengalami kejang, akibat fungsi otak dan sistem saraf yang mengalami kerusakan. Kejang yang terjadi berkali-kali tidak boleh diabaikan karena dapat menandakan kerusakan otak yang sudah cukup parah.

10. Perubahan Mental

Jika seseorang mengalami perubahan mental dan sulit untuk mengendalikan emosinya, maka ia patut diperiksa secepatnya ke dokter. Terlebih jika kondisi tersebut terjadi tiba-tiba dan semakin parah, maka bisa jadi itu merupakan kondisi kanker telah menyerang otak. Kondisi ini juga meliputi kondisi yang lebih mudah mengantuk dan lebih emosional.

11. Linglung dan Sulit Fokus

Ciri lainnya yang perlu dipahami yaitu penderita akan menjadi mudah linglung atau pelupa, dan seringkali tidak dapat fokus pada suatu hal. Kesulitan untuk berkonsentrasi terjadi karena otak sudah mengalami kerusakan sehingga tidak dapat digunakan untuk berpikir dengan baik.

Itulah ciri kanker payudara yang telah menyebar ke otak dan menyebabkan gangguan yang sangat serius. Untuk menghindari semua bahaya tersebut, sangat penting untuk melakukan cara mencegah kanker payudara salah satunya dengan mengkonsumsi makanan pencegah kanker payudara yang sangat menyehatkan.

, , , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.