9 Ciri Ciri Kanker Payudara Ganas Stadium 4

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit kanker ganas yang cukup menakutkan bagi sebagian besar wanita. Bahkan kanker payudara juga dapat menjadi penyakit kanker yang mematikan jika penderita telat menyadari hingga memasuki stadium akut. Memang kanker payudara yang masih di pada fase stadium awal memiliki kemungkinan untuk dapat disembuhkan dibanding pada fase stadium lanjut atau yang sudah akut.

Sponsors Link

Oleh sebab itu, alangkah lebih baiknya jika kita selalu melakukan pengecekan terhadap segala perubahan yang dianggap aneh terjadi pada payudara maupun area sekitar payudara kita, termasuk juga melakukan konsultasi dengan dokter jika dirasa perlu. Apalagi jika anda mengalami beberapa ciri ciri kanker payudara ganas yang akan dibahas dalam kesempatan kali ini. Apa saja ciri-ciri tersebut? mari simak ulasan berikut ini.

Kanker Payudara Ganas

Ciri atau gejala dan tanda kanker payudara stadium awal memang terkadang tidak terlalu mencolok. Seperti pada stadium awal dari kanker payudara dimana munculnya benjolan kanker atau tumor kecil dengan diameter yang sekitar 2 hingga 3 cm saja. Dan pada kondisi ini, biasanya kanker payudara masih belum berbahaya karena belum menyebar atau merusak bagian vital lainnya. Sebagai contoh masih belum mengganggu kerja kelejar getah bening di daerah ketiak.

Suatu kanker payudara dapat menjadi kanker payudara ganas biasanya terjadi dalam kurun waktu 3 tahun, dimana sel-sel kanker terus tumbuh di luar kendali. Dalam kurun waktu 3 tahun tersebutlah, kanker payudara biasanya akan melewati beberapa fase atau tahapan, yaitu dimulai dari stadium awal hingga pada stadium lanjut atau kondisi akut.

Suatu kanker dapat menjadi ganas juga biasanya dipengaruhi oleh adanya produksi jaringan ekstra yang tidak terkontrol. Kondisi tersebut menyebabkan terbentuknya struktur kelenjar abnormal yang kemudian memiliki kemungkinan untuk mengganggu beberapa organ vital disekitarnya. Oleh sebab itulah, penting untuk memahami jenis kanker payudara ini secara keseluruhan, termasuk pula ciri atau gejala didalamnya seperti yang akan dibahas berikut ini.

Ciri atau Gejala Kanker Payudara

Beberapa ciri ciri kanker payudara ganas diantaranya menyangkut dengan perubahan aneh didalam tubuh maupun kebiasaan sehari-hari anda. Beberapa diantaranya seperti:

1. Benjolan di Payudara

Adanya benjolan di payudara menjadi salah satu ciri umum yang terjadi pada penderita kanker payudara, termasuk pula kanker payudara ganas. Saat kanker sudah menjadi ganas, maka benjolan akan tampak kasar mata hingga dapat dirasakan seperti terdapat pembengkakan pada payudara dan daerah sekitanya.

2. Perubahan Kulit

Kanker payudara ganas juga dapat dilihat dari adanya perubahan pada kulit disekitar payudara dan juga munculnya tumor-tumor kecil. Bahkan daerah payudara juga akan terasa menebal danjuga kemerah-merahan.

3. Puting Mengeluarkan Cairan

Keluarnya cairan dari puting tanpa sebab juga menjadi suatu pertanda atau ciri umum bagi penderita kanker payudara, termasuk pula pada saat memasuki fase akut atau kanker payudara ganas. Cairan yang keluar bisa memiliki warna kuning menyerupai nanah dan darah, maupun cairan air biasa.

4. Pembengkakan

Pembengkakan pada payudara dan daerah sekitarnya memang akan dirasakan lebih terlihat saat kanker payudara ganas, atau menjadi ciri atau  gejala kanker payudara stadium 4 yang sering dialami oleh para penderita. Hal ini disebabkan karenaadanya perkembangan sel-sel kanker didalam payudara maupun daerah sekitarnya.

5. Rasa Sakit dan Tidak Nyaman

Kanker payudara akut juga biasanya akan menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan bahkan juga tidak kunjung hilang, sehingga memberikan efek tidak nyaman bagi para penderita. Efek tidak nyaman ini juga disebabkan karena ciri yang lainnya, seperti pembengkakan, keluarnya cairan, dan lain sebagainya.

6. Kelelahan

Kelelahan menjadi salah satu ciri umum yang dialami oleh para penderita kanker, hal ini juga disebabkan karena sel-sel kanker yang mulai memakan cadangan makanan, energi, dan lain sebagainya didalam tubuh. Sehingga para penderita kanker payudara akan lebih cepat lelah, apalagi pada kanker payudara ganas dimana rasa lelah ini akan semakin sulit untuk dihadapi.

7. Insomnia

Kondisi kelelahan, rasa sakit dan tidak nyaman yang ditimbulkan oleh kanker payudara ganas berpengaruh pada konsisi insomnia pada penderita. Mengapa demikian? Karenga kondisi tersebut akan mengganggu tidur dan bahkan menyebabkan sulit untuk tidur.

Sponsors Link

8. Berat Badan Menurun Drastis

Seluruh jenis penyakit kanker memang akan menyebabkan yang namanya penurunan berat badan secara drastis, tidak terkecuali bagi para penderita kanker payudara ganas. Hal ini juga berhubungan dengan kondisi yang semakin memburuk atau parah dan hilangnya nafsu makan.

9. Gangguan Napas

Gangguan pernafasan juga tidak dapat dilewatkan saja jika sedang berbicara mengenai kanker payudara ganas. Mengapa demikian? Karena letak pari-paru yang berdekatan dengan payudara, sehingga sel-sel kanker dapat menjalar hingga paru-paru dan mengganggu organ vital tersebut.

Itulah dia 9 ciri atau gejala dari penyakit kanker payudara ganas yang wajib anda ketahui, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.