6 Cara Penularan Penyakit Kanker Payudara

Penyakit kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang menyerang wanita. Kanker atau juga dikenal sebagai tumor ganas sendiri merupakan salah satu kondisi penyakit dimana terdapat pertumbuhan sel tubuh abnormal atau tidak terkendali. Pertumbuhan sel tubuh tersebut biasanya terjadi secara begitu cepat, hingga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Oleh sebab itulah, penyakit kanker juga menjadi suatu momok yang menakutkan bagi sebagian besar orang.

Sponsors Link

Termasuk pula penyakit kanker payudara yang menjadi momok menakutkan bagi seluruh wanita, bahkan juga dapat menyerang laki-laki. Apakah kanker payudara menular atau tidak masih menjadi bahan perbincangan, hal ini juga disebabkan karena penyebab dari munculnya penyakit kanker sendiri yang belum secara pasti di ketahui. Walaupun begitu, dalam kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara penularan penyakit kanker payudara yang wajib anda pahami berikut ini.

Penyakit Kanker Payudara  

Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit kanker dimana sel payudara tumbuh abnormal tidak terkendali. Pada sel normal, sel akan terbagi dan diproduksi sesuai dengan urutannya, namun dalam kondisi ini proses tersebut terganggu sehingga sel tumbuh dan terbagi tidak terkendali. Kondisi tersebut kemudian memproduksi jaringan ekstra yang akhirnya menyebabkan munculnya benjolan tumor payudara.

Payudara sendiri sebagian besar terbentuk dari sel lemak dan sel kelenjar. Kelenjar produksi susu di payudara terbentuk dari sel-sel individu yang bekerja secara normal bereproduksi di bawah kontrol hormon. Namun dalam proses reproduksi tersebut terkadang tidak terkontrol sehingga menyebabkan terbentuknya struktur kelenjar abnormal. Oleh sebab itulah, sebagian besar penyakit kanker payudara diawali dari saluran susu, namun ada pula yang awali dari sebuah kantung susu atau lobulus.

Penyakit kanker payudara diketahui memiliki kemungkinan tinggi menyerang wanita ada usia 60 keatas, namun tidak menutup kemungkinan bahwa wanita dibawah umur 60 juga dapat terserang penyakit kanker payudara. Karena banyak pula wanita disekitar umur 30 atau 40 tahun juga mengalami penyakit kanker payudara. Oleh sebab itu, setiap wanita perlu untuk memperhatikan adanya tanda-tanda kanker payudara seperti perubahan aneh pada payudara anda, sehingga dapat dilakukan penanganan sejak dini.

Penularan Penyakit Kanker Payudara

Banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara penularan penyakit kanker payudara, karena  percaya bahwa penyakit kanker dapat mudah menular. Sebagai salah satu penyakit yang disebabkan karena adanya pertumbuhan sel abnormal, sebenarnya tidak semua jenis kanker dapat menular begitu saja. Salah satu penyakit kanker yang diketahui menular adalah kanker serviks dimana cara penularan kanker serviks dapat melalui hubungan intim. Namun berbeda dengan kanker serviks, penyakit kanker payudara sebagai salah satu jenis kanker yang bisa disembuhkan justru diketahui tidak dapat menular, hal ini juga disebabkan karena jenis kanker payudara sendiri yang biasanya disebabkan karena adanya pertumbuhan sel payudara secara abnormal.

Penyakit kanker sendiri bukan merupakan suatu penyakit menular seperti infeksi, tetapi penyakit kanker memang dapat menyebar kebagian tubuh lainnya secara cepat jika tidak ditangani dengan benar. Penyebab dari penyakit kanker juga belum dapat diketahui secara jelas, namun dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab penyakit kanker berikut ini.

  1. Faktor Genetik atau Keturunan

Faktor yang pertama adalah karena faktor genetik atau faktor keturunan. Artinya bahwa bagi anda yang memiliki anggota keluarga yang juga mengalami penyakit kanker, maka anda memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk terkena penyakit kanker pula. Terutama dari ibu kepada anaknya. Oleh sebab itulah, faktor genetik juga dipercaya menjadi salah satu faktor penyebab tumbuhnya sel kanker pada tubuh.

Sponsors Link

  1. Paparan Radiasi

Selain karena faktor dari dalam tubuh seperti faktor genetik, faktor dari luar seperti adanya paoaran radiasi juga dapat menjadi faktor pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena paparan radiasi dapat merusak jaringan sel dan mengganggu proses pertumbuhan sel dalam tubuh, sehingga sel kanker dapat lebih mudah berkembang.

  1. Paparan Zat Kimia

Tidak hanya paparan radiasi, tetapi paparan zat kimia tertentu yang dapat menyebabkan kanker, seperti karsinogen juga dapat menjadi faktor utama penyebab penyakit kanker. Sama seperti radiasi, zat-zat kimia penyebab kanker juga dapat merusak sel-sel tubuh, jaringan kulit, hingga mengganggu proses pertumbuhan sel menjadi abnormal.

  1. Trauma

Siapa sangka trauma juga dapat menjadi salah satu faktor pertumbuhan sel yang tidak normal dan menyebabkan penyakit kanker dalam tubuh. Trauma disini seperti adanya luka maupun infeksi yang terjadi secara berulang-ulang, sehingga menyebabkan pertumbuhan sel tidak normal dalam tubuh.

  1. Sinar Ultraviolet

Sinar Ultraviolet juga dipercaya menjadi salah satu faktor penyebab munculnya penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena sinar Ultraviolet dapat merusak DNA dalam tubuh, sehingga terkena paparan sinar Ultraviolet secara berlebih tidak baik bagi tubuh dan perkembangan sel-sel tubuh.

  1. Infeksi Virus

Faktor selanjutnya adalah disebabkan karena adanya infeksi virus dalam tubuh. Infeksi virus menjadi salah satu faktor predisposisi dari kanker, sebagai contoh seperti adanya virus hepatitis B dan C yang dapat menyebabkan penyakit kanker hati. Ada pula virus HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks, virus Epstein-Barr yang menjadi salah satu faktor munculnya limfoma atau kanker kelenjar getah bening, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi munculnya sel kanker dalam tubuh. Infeksi virus sebagai salah satu faktor juga dipecaya sebagai salah satu cara penularan penyakit kanker. Jadi, virus lah yang sebenarnya dapat menular bukan sel kankernya. Namun tidak semua infeksi virus juga dapat menyebabkan kanker, karena jika infeksi virus mendapat penanganan yang tepat dan baik, maka pertumbuhan kanker dapat dicegah.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.