11 Cara Mengobati Tumor Payudara yang Bisa Dicoba

Bagi wanita, payudara merupakan aset yang berharga dan sangat penting untuk menjaganya. Namun, saat ditemukan tumor pada payudara, tentu perasaan cemas dan takut akan menghampiri. Tumor payudara sebenarnya dapat bersifat jinak maupun ganas. Bahkan jika ditemukan benjolan, belum tentu merupakan kanker sehingga para wanita sebaiknya tidak perlu terlalu terburu-buru. Tumor payudara memang sedikit berbeda dengan kanker payudara, namun bisa menjadi sama saat tumor jinak menjadi ganas. Penyebab kanker payudara dan tumor payudara cukup beragam, namun umumnya gaya hidup tidak sehat dan faktor hormon sangat mempengaruhi.

Sponsors Link

Mengobati tumor payudara dan ciri-ciri kanker payudara memang tidak jauh berbeda, dan bisa dilakukan baik secara medis maupun tradisional. Tumor dan kanker payudara stadium 1 tentu lebih mudah untuk diobati karena biasanya kondisi masih belum parah. Terapi tumor payudara biasanya dilakukan tergantung dengan jenis tumor payudara yang diderita. Tujuan dari pengobatan dan terapi tentu selain untuk menyembuhkan juga menekan efek tumor payudara jika sudah semakin parah. Nah, berikut ini terdapat beragam cara mengobati tumor payudara baik secara konvensional maupun tradisional.

1. Tindakan Operasi

Biasanya tumor payudara yang jinak ataupun belum menyebar dapat diatasi dengan prosedur operasi. Operasi pun dapat terbagi dalam dua pilihan, yaitu mastektomi dan lumpektomi. Mastektomi merupakan pengangkatan seluruh bagian payudara bai satu bagian atau keduanya. Sedangkan lumpektomi merupakan operasi untuk mengangkat sebagian atau jaringan tertentu pada payudara yang ditumbuhi tumor.

2. Kemoterapi

Meski tumor bukan kanker, seringkali kemoterapi disarankan oleh dokter setelah menjalani operasi untuk memastikan sel tumor tidak tersisa lagi. Kemoterapi dilakukan dengan menyuntikkan senyawa kimia ke dalam tubuh penderita melalui pembuluh vena sehingga dapat masuk dan menyebar ke seluruh tubuh untuk membunuh sel tumor.

3. Radioterapi

Tindakan radioterapi dilakukan dengan penyinaran ion atau sinar dengan kadar tertentu pada payudara agar sel tumor dapat hancur tidak tersisa. Namun jika tumor terlalu besar, metode ini kurang efektif dilakukan karena sinar tersebut tidak dapat menembus massa tumor.

4. Terapi Hormon

Banyak kasus wanita penderita tumor payudara disebabkan adanya perubahan kadar hormon dalam tubuh, seperti hormon estrogen yang kadarnya sangat tinggi. Dengan begitu, dalam mengatasi tumor tersebut, kadar hormon estrogen perlu dikendalikan agar kembali seimbang dan menekan pertumbuhan sel tumor.

5. Imunoterapi

Terapi lainnya yang bisa dilakukan yaitu terapi imun atau imunoterapi. Dengan membantu meningkatkan sistem imun pasien, maka sistem kekebalan tubuh akan mudah mengenali sel tumor dan menghancurkannya dari dalam tubuh sendiri. Namun cara ini juga hanya menyasar pada sel tertentu sehingga tidak dapat dipastikan payudara dapat bersih dari sel tumor, bahkan biayanya juga sangat besar.

6. Daun Sirsak

Daun sirsak merupakan salah satu daftar tanaman obat kanker yang sangat booming belakangan ini, dikarenakan manfaatnya yang dapat menghancurkan tumor dan kanker secara alami. Cara mengkonsumsinya hanya dengan merebus daun sirsak lalu meminum airnya secara rutin.

7. Kulit Manggis

Seperti halnya daun sirsak, kulit manggis pun belakangan terkenal karena keampuhannya melawan tumor dan kanker. Karena itu banyak produsen herbal yang menggunakannya sebagai bahan dasar obat tradisional untuk menghancurkan tumor secara alami.

8. Daun Sirih

Meski jarang terdengar, daun sirih pun juga mengandung banyak senyawa yang bermanfaat dalam mengatasi penyakit tumor dan kanker. Khasiat dapat diperoleh lebih maksimal dari tanaman sirih merah, karena sirih yang berdaun merah kandungan senyawa aktifnya sangat tinggi dibandingkan yang berdaun hijau.

Sponsors Link

9. Keladi Tikus

Para pengembang obat-obatan tradisional terus menguji tanaman obat agar dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit seperti tumor payudara. Salah satu yang digadang-gadang adalah keladi tikus, dengan keampuhannya dalam mengatasi tumor payudara secara alami. Meski begitu, keladi tikus yang tidak diolah secara tepat dapat menjadi racun sehingga diperlukan kehati-hatian.

10. Daun Kenikir

Beberapa penderita kanker dan tumor payudara mencoba untuk mengkonsumsi daun kenikir setiap hari secara teratur, dan mereka membuktikan bahwa terjadi perubahan yang signifikan setelah mengkonsumsi tanaman tersebut. Beberapa ada yang tumornya mengecil bahkan yang lainnya mendapati tumor telah hilang.

11. Buah dan Sayur Kaya Antioksidan

Selain menggunakan tanaman herbal, rutinlah mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan tersebut akan menghambat sel tumor tumbuh bahkan dapat mengecilkannya secara perlahan. Pilihlah buah yang segar dan bebas pestisida sebagai daftar makanan sehari-hari pencegah kanker.

Nah, itulah cara mengobati tumor payudara yang dapat dilakukan baik secara medis maupun tradisional. Selalu utamakan pengobatan medis dan jadikan pengobatan alternatif sebagai pengobatan pendamping sehingga pasien bisa segera sembuh. Selain itu, langkah terbaik yang perlu dilakukan adalah cara mencegah kanker payudara dengan mengonsumsi makanan pencegah kanker payudara setiap hari secara teratur, serta berolahraga secara rutin.

, , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.