Cara Mencegah Kanker Payudara dengan Meresmas? Ini Fakta Menariknya

Kanker payudara masih menjadi momok yang menakutkan bahkan juga masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi bagi wanita. Bahkan untuk penyebab kanker payudara dan juga cara penyembuhannya yang tepat juga masih belum diketahui secara pasti. Oleh sebab itu, sebagian besar penderita kanker payudara memiliki harapan kecil untuk bisa bertahan hidup maupun disembuhkan secara total, terutama bagi para penderita kanker payudara yang sudah memasuki stadium lanjut.

Sponsors Link

Selain penyebab dan cara penyembuhannya, kanker payudara ini juga mengerikan karena gejala awal kanker payudara yang sama dengan jenis kanker lainnya juga sulit untuk di deteksi, biasanya gejala kanker payudara juga akan muncul saat sel kanker sudah mengalami perkembangan dan kanker telah melewati masa stadium awal. Maka dari itu, penting bagi setiap wanita untuk mengetahui bagai mana cara mencegah kanker payudara itu sendiri, salah satunya adalah dengan meremas. Dalam ulasan berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai cara mencegah kanker payudara dengan meremas.

Meremas Payudara

Pernahkah anda mendengar bahwa wanita sebenarnya dianjurkan untuk rajin meremas payudara? Atau mengenai meremas payudara bisa mencegah kanker? Dalam hal ini memang telah banyak dilakukan beberapa penelitian untuk membuktikan apakah benar meremas payudara dapat membantu mencegah kanker, bertolak belakang dengan adanya anggapan mengenai penyebab kanker payudara karena sering diremas. Menurut beberapa riset atau penelitian, meremas payudara dapat menghambat pertumbuhan sel ganas pada payudara menjadi kanker. Hal ini disebabkan karena dengan meremas payudara, maka sel-sel tersebut dapat kembali pada pola normal didalam payudara, sehingga dapat menghambat perkembangan menjadi kanker.

Berikut ini ada beberapa kondisi yang memungkinkan untuk didapatkan dari meremas payudara untuk mencegah kanker payudara, diantaranya adalah:

  • Pertumbuhan sel berubah normal

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa dengan meremas payudara dapat mengembalikan sel-sel ganas yang berkembang kepada pola pertumbuhan yang normal kembali. Hal ini juga berkaitan dengan adanya penelitian yang menyatakan bahwa adanya tekanan atau kekuatan fisik juga dapat mempengaruhi tubuh, bahkan juga memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan pengembalian sel-sel kanker.

  • Aliran darah menjadi lebih lancar

Meremas payudara untuk mengurangi risiko kanker payudara juga dapat mempengaruhi aliran darah yang mengalir ke bagian payudara. Dengan meremas payudara maka aliran darah akan menjadi lebih lancar ke bagian payudara tersebut.

Itulah dua kondisi baik melakukan peremasan pada payudara untuk mencegah penyakit kanker. Memang jika dilihat dari beberapa penelitian yang ada menyatakan meremas payudara bisa mencegah kanker payudara maupun menurunkan risiko kanker payudara. Namun perlu diketahui pula bahwa sampai saat ini masih belum ada cara yang benar-benar paten yang dapat dilakukan untuk mencegah maupun mengobati kanker payudara. Walaupun begitu segala macam usaha untuk tetap terhindar dari risiko kanker payudara harus tetap diutamakan, seperti beberapa cara pencegahan lainnya yang akan dibahas berikut ini.

Pencegahan Kanker Payudara

Selain dengan meremas payudara, sebenarnya juga ada beberapa teknik lainnya untuk membantu anda dalam upaya mencegah kanker payudara. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah :

  • Teknik SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri

Teknik ini merupakan salah satu cara mencegah kanker payudara sejak dini dimana  juga perlu untuk dilakukan agar lebih mengetahui akan adanya gejala-gejala dari kanker payudara yang muncul. Setiap wanita juga dianjurkan untuk melakukan teknik SADARI, terutama pada hari ke 7 sampai ke 10 dihitung dari hari pertama anda menstruasi atau hai.

Anda perlu mengamati ada tidaknya benjolan dan perubahan bentuk asing di payudara anda, tekstur kulit, warna, kelainan pada puting, cairan yang keluar, dan juga kerutan yang terjadi.  Jika anda melihat gejala-gejala tersebut maka sebaiknya segera melakukan konsultasi pada dokter.

  • Pijat Payudara

Cara pencegahan selanjutnya adalah dengan melakukan pijat payudara, anda dapat melakukan pijat payudara mandiri setidaknya dua kali dalam seminggu. Dalam melakukan pijat payudara anda juga dapat menggunakan krim payudara, baby oil, maupun body lotion untuk memudahkan anda. Pijat payudara dilakukan juga bertujuan untuk memperlancar aliran darah ke bagian payudara sehingga keluarnya zat-zat racun pada payudara juga lancar. Anda juga perlu mengatur penggunaan bra, karena penggunaan bra yang terlalu lama dapat menyebabkan aliran darah terhambat dan payudara tidak mendapatkan nutrisi yang benar.

Sponsors Link

  • Menjaga berat badan

Cara selanjutnya adalah dengan selalu menjaga berat badan, terutama bagi wanita yang telah memasuki masa menopause, karena jika mengalami pertambahan berat badan berlebih atau obesitas juga akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

  • Menghentikan kebiasaan merokok

Wanita yang memiliki kebiasaan merokok memang akan memiliki risiko terkena kanker payudara lebih tinggi. Oleh sebab itu, mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok juga baik untuk mencegah dan menurunkan risiko kanker payudara. Selain itu, meminum minuman beralkohol juga tidak baik dan juga meningkatkan risiko terkena kanker payudara, sehingga menghentikan kebiasaan tersebut juga akan membantu menurunkan risiko kanker payudara.

  • Olahraga

Wanita yang aktif secara fisik melalui rutin berolahraga akan memiliki risiko terkena kanker payudara lebih rendah dibanding mereka yang tidak pernah berolahraga samasekali.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.