Berapa Lama Kanker payudara Menyebar? Begini Penjelasan Lengkapnya

Menjadi salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita oleh wanita, penyebaran kanker payudara juga menjadi hal yang wajib di waspadai dan diperhatikan. Mengapa penyebaran kanker perlu untuk diperhatikan? Hal ini disebabkan karena penyebaran kanker itu sendiri yang sebenarnya menjadi penyebab menurunkan tingkat harapan hidup atau umur penderita kanker payudara.

Sponsors Link

Dapat dikatakan bahwa yang menyebabkan kemarian dari pasien kanker kebanyakan adalah dari penyebaran kanker dan bukan dari kanker utamanya. Lantas berapa lama kanker payudara menyerbar? Dalam kesempatan kali ini akan dibahas lebih lanju mengenai hal tersebut, mari simak ulasannya.


Penyebaran Kanker Payudara

Kanker memang diketahui dapat menyebar luas dalam tubuh, dimana akan diawali dari satu tumor yang tidak diangkat dan kemudian akan menyebar ke tempat-tempat dekat maupun jauh dari lokasi awal tumor kanker tumbuh. Penyebaran kanker didalam tubuh dikenal dengan metastasis, biasanya melalui media seperti aliran darah, sistem limfatik, maupun lainnya.

Sel-sel kanker akan memisahkan diri dari tumor awal dan mulai menyerang jaringan normal yang ada didekat lokasi tumbuhnya. Sel kanker tersebut akan berkembang dan juga memproduksi senyawa tertentu yang dapat membnatu proses pergerakan sel menuju tempat lainnya. Memang tidak semua sel kanker yang menyebar dapat bertahan hidup, karena ada pula yang akan mati oleh sistem kekebalan tubuh.

Sel-sel yang menyebar dan menemukan tempat baru, nantinya akan berkembang biak membentuk tumor-tumor kecil yang akan bergabung dan tumbuh menjadi suatu tumor dewasa. Walaupun telah menemukan tempat baru, namun berdasarkan penelitian, karakteristik dari sel kanker yang menyebar tersebut tetap akan sama dengan kanker induknya. Oleh sebab itulah, dokter dapat membedakan bahwa kanker tersebut merupkan hasil penyebaran kanker.

Metastasis atau penyebaran kanker merupakan fakor yang penting diperhtaikan dalam proses perkembangan kanker itu sendiri, karena sesuai dengan yang disampaikan sebelumnya bahwa penyebaran kanker lah yang lebih banyak menyebabkna kematian pada pasien kanker. Proses penyebaran kanker, seperti penyebaran kanker payudara sendiri memang tidak dapat dipastikan membutuhkan waktu berapa lama. Hal ini akan berbeda-beda pada setipa pasien kanker payudara. Setidaknya penyebaran kanker payudara dapat dilihat dari tahapan atau stadium kanker yang dialami. Dimana biasanya kanker mulai menyebar pada stadium satu, seperti keterangan berikut ini:

  • Tahap Nol

Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker payudara juga dimulai dari tahap nol. Dimana pada tahap ini, kanker biasanya baru didiagnosa atau diketahui. Kanker yang tumbuh juga masih berupa benjolan sebagai salah satu cara mengenali gejala kanker payudara awal, dan paling penting pada tahap ini kanker masih belum menyebar sehingga harapan hidup pasien kanker payudara masih tinggi.

  • Tahap Satu

Pada tahap ini kanker sudah mulai lebih mudah untuk menyebar, biasanya akan mulai menyerang jaringan sehat. Sebagai contoh sepeti kanker telah mulai menyebar ke jaringan lemak payudara maupun juga ada yang telah sampai ke dalam jaringan getah bening.

  • Tahap Dua

Jika pada tahap satu kanker telah menyerang jaringan sehat dan berkemungkinan menyebar, pada tahap ini juga masih sama. Hanya saja kanker akan menyebar pada jaringan lainnya, bahkan ada juga yang tidak ditemukan di jaringan getah bening karena telah menyebar ke jaringan lainnya. Selain itu, ukuran tumor kanker pada tahap ini juga sudah lebih besar.

  • Tahap Tiga

Pada tahap tiga kanker payudara masih belum menyebar ke tulang maupun organ tubuh lainnya, hanya saja pada tahapan ini kanker sudah lebih ganas dibanding dengan tahapan-tahapan sebelumnya. Terlebih lagi, pada tahapan ini biasanya lebih dipastikan bahwa kanker sudah menyebar ke jaringan getah bening hingga 9 ruasnya. Tidak hanya itu, penyebaran juga sudah mulai ke pada dinding maupun kulit sekitar payudara sebagai salah satu ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali saat telah menyebar.

  • Tahap Empat

Tahapan terakhir dari kanker payudara inilah yang bisa dibilang sebagai puncak penyebaran kanker. Hal ini disebabkan kanker telah menyebar jauh dari payudara maupun kelenjar getah bening. Beberapa bagian yang menjadi tempat umum penyebaran kanker payudara adalah seperti tulang, paru-paru, hati, dan juga otak. Pada tahap inilah tingkat harapan hidup dari pasien kanker payudara sudah mulai menurun. Inilah juga yang menjadi ciri-ciri kanker payudara ganas atau stadium empat.

Itulah beberapa tahapan kanker payudara yang menjadi indikasi dari proses penyebaran kanker payudara pada tubuh pasiennya. Dimana waktu maupun penyebarannya akan berbeda-beda pada setiap penderita kanker, karna terdapat pula beberapa faktor yang mempengaruhi penyebaran kanker payudara tersebut. Apa saja faktor yang mempengaruhinya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Faktor Penyebaran Kanker Payudara

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa penyebaran kanker juga didasarkan pada beberapa faktor. Apa saja yang menyebabkan kanker menyebar? Berikut beberapa diantaranya:

  • Perbedaan jenis kanker

Faktor yang pertama adalah dari jenis kanker itu sendiri, sebagai contoh seperti penyebaran kanker payudara akan berbeda dengan penyebaran jenis kanker lainnya. Hal ini dikarenaman setiap jenis kanker memiliki kemampuan penyebaran sel kanker yang berbeda-beda. Beberapa jenis kanker seperti kanker otak, kanker pankreas, dan kanker hati merupakan jenis kanker yang dapat menyebar dengan cepat. Terlebih lagi memiliki kanker aktif maupun riwayat kanker sebelumnya juga dapat meningkatkan resiko penyebaran kanker lebih tinggi.

Sponsors Link

  • Lokasi penyebaran

Sel-sel kanker juga diketahui tidak dapat bertahan hidup di lingkungan yang berbeda dengan karakteristik dari tumor induknya, sehingga sel-sel kanker hanya akan menyebar dan berkembang biak pada lokasi dengan karakteristik sel yang sama. Sebagai contoh seperti kanker payudara yang membutuhkan ion kalsium dari kelenjar susu payudara agar dapat membelah diri, oleh sebab itu sel kanker payudara biasanya akan cenderung memilih tulang sebagai lokasi penyebaran karena kandungan kalsiumnya yang tinggi.

  • Pembubaran sel sehat dalam tubuh

Faktor selanjutnya adalah adanya aktifitas pembubaran sel sehat didalam tubuh yang mencoba menghindari serangan dari sel kanker. Pembubaran sel-sel sehat tersebut menjadi lokasi bagu sel kanker untuk mengikuti pergerakkannya dan menyebar ke tubuh.

  • Sistem kekebalan tubuh

Faktor yang terakhir akan dibahas kali ini adalah sistem kekebalan tubuh penderita kanker. Kefektivan dari sistem kekebalan tubuh dalam melawan sel-sel kanker juga akan memnentun keberhasilan proses penyebaran kanker didaam tubuh. Hal ini pula yang menyebabkan penyebraan kanker pada setiap penderita berbeda-beda.

Selain faktor-faktor diatas masih ada banyak faktor lainnya seperti karakteristik setiap kanker, tahapan kanker, dan lain sebagainya. Demikian informasi mengenai berapa lama kanker payudara menyebar, walaupun sudah banyak pengobatan kanker yang dapat dilakukan seperti kemoterapi kanker payudara namun hal ini tetap perlu untuk diwaspadai. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

, , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.