Apakah Kanker Payudara Bisa Sembuh? Ini Penjelasannya!

Hingga saat ini jumlah penderita kanker payudara semakin meningkat, terutama di kalangan wanita. Tingginya angka kesibukan yang dijalani wanita yang tidak diimbangi dengan pola hidup sehat memicu penyakit tersebut muncul. Kanker payudara memang termasuk jenis kanker yang berbahaya dan jenis kanker yang sulit disembuhkan, meski sekarang ini sudah banyak penderita kanker payudara yang berhasil sembuh. Penyebab kanker payudara pun belum dapat dipastikan, meski terdapat sejumlah faktor yang meningkatkan resikonya. Umumnya ciri-ciri kanker payudara mudah dikenali, hanya saja kebanyakan wanita menyepelekan gejala awal tersebut sehingga saat kanker sudah semakin parah dan terasa sangat sakit barulah memeriksakan diri ke dokter. Hal ini yang menyebabkan kanker payudara sulit diobati.

Sponsors Link

Saat seorang wanita didiagnosis menderita kanker payudara, umumnya mereka akan diberikan pilihan pengobatan kanker medis seperti kemoterapi kanker payudara. Hanya saja kemoterapi sering memberikan efek samping yang tidak mengenakkan sehingga banyak yang menghindarinya. Pengobatan alternatif kanker payudara tanpa operasi pun menjadi pilihan bagi mereka, namun jika tidak dilakukan dengan hati-hati justru pilihan tersebut dapat membuat penyakit kanker semakin bertambah parah. Jadi apakah kanker payudara bisa sembuh atau tidak, itu semua sangat bergantung pada pasien itu sendiri. Pengobatan yang dilakukan haruslah tepat dan sesuai dengan saran dokter, jika hanya coba-coba tanpa bukti medis yang jelas tentu penyakit ini akan semakin jauh dari kata sembuh.

Peluang Kesembuhan Kanker Payudara

Setiap wanita yang terserang kanker payudara memiliki peluang kesembuhan yang berbeda-beda. Ada banyak faktor yang dapat menentukan penderita kanker payudara bisa sembuh atau tidak seperti:

  • usia
  • jenis kanker
  • tingkat keganasan kanker
  • stadium kanker
  • tingkat keparahannya
  • kekuatan fisik si penderita
  • efektivitas pengobatan
  • motivasi diri untuk sembuh.

Penyakit kanker payudara sendiri dapat dikategorikan sebagai penyakit yang mudah disembuhkan namun terkadang juga bisa sulit disembuhkan. Perbedaannya seringkali terletak pada seberapa cepat penyakit tersebut dapat terdeteksi. Semakin dini penyakit tersebut diketahui, tentu akan semakin efektif pengobatan yang dilakukan, karena sel kanker masih berada di payudara saja dan belum merusak jaringan tubuh lainnya. Jadi, sangat penting untuk mengetahui gejala awal kanker payudara, dan jangan pernah menyepelekan gangguan apapun yang terjadi pada payudara. Jika kanker payudara baru terdeteksi saat sudah memasuki stadium lanjut apalagi stadium akhir, maka harapan sembuh pun semakin tipis.

Selain mengetahui gejala awal, kanker payudara dapat dideteksi dini. Tidak perlu harus ke rumah sakit, kita hanya perlu memeriksa payudara hingga ketiak apakah terdapat benjolan, kulit yang mengkerut, perubahan warna kulit, muncul rasa sakit dan sebagainya. Pemeriksaan sebaiknya sebulan sekali setelah menstruasi karena saat itu payudara dalam kondisi lebih kendur. Jadi kita lebih mudah merasakan seandainya terdapat yang mencurigakan di payudara dan sekitarnya. Jika memang terdapat hal yang mencurigakan, jangan dibiarkan. Segeralah menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dengan begitu penyakit kanker payudara dapat dideteksi dini dan peluang untuk sembuh pun semakin besar.

Peluang Kelangsungan Hidup Penderita Kanker Payudara

Penderita kanker payudara bisa dibilang memiliki prognosis yang lebih baik dibandingkan kanker lainnya. Para dokter telah menemukan cara bagaimana memprediksi penderita kanker payudara dapat bertahan hidup. Semakin rendah stadiumnya maka akan semakin tinggi ia mampu bertahan hidup, meski pun terkadang beberapa dari mereka dapat hidup lebih lama dari yang diperkirakan. Berikut ini peluang kelangsungan hidup para penderita kanker payudara berdasarkan stadiumnya.

Sponsors Link

  1. Kanker payudara stadium 1. Saat pasien dalam kondisi tersebut, peluang kesembuhan masih sangat besar sehingga kelangsungan hidupnya pun dapat mencapai 100 persen dan dapat menunjukkan tanda kanker payudara mulai sembuh.
  2. Kanker payudara stadium 2. Sel kanker umumnya sudah mulai menyebar meski masih di sekitar payudara, sehingga pengobatan yang efektif dapat meningkatkan kelangsungan hidup penderitanya hingga 90 persen.
  3. Kanker payudara stadium 3. Stadium ini sudah disebut stadium lanjut dan sel kanker umumnya telah menyerang kelenjar getah bening hingga jaringan lain. Karena itu harapan hidup sudah semakin rendah dan diprediksi penderita hanya memiliki kelangsungan hidup hingga 70 persen.
  4. Kanker payudara stadium 4. Ini merupakan stadium akhir di mana sel kanker telah menyebar ke seluruh tubuh sehingga sudah tidak mungkin untuk disembuhkan. Pengobatan yang diberikan hanya bersifat paliatif untuk meningkatkan kualitas hidup penderita, dan umumnya mereka yang ada pada stadium ini memiliki kelangsungan hidup maksimal 22 persen saja.

Perkiraan tersebut digambarkan untuk jangka waktu lima tahun setelah penderita kanker payudara terdiagnosis. Jika mampu melewati dari yang diperkirakan dokter maka kemungkinan untuk sembuh akan jauh lebih besar. Sementara pada penderita kanker payudara stadium 4, yang terpenting mereka harus mendapat dukungan lebih dari keluarga dan orang terdekat agar tetap memiliki semangat untuk terus berjuang melawan penyakitnya. Sebaiknya bagi yang sehat maupun yang telah sembuh, konsumsi daftar makanan sehari-hari pencegah kanker agar tubuh tidak mudah mengalami penyakit mematikan tersebut.

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.